Klasifikasi Pasar Barang Fungsi dan Manfaat

Diposting pada

Pengertian Pasar Barang

Pasar barang atau pasar komoditas adalah interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa. Dalam perekonomian tertutup, permintaan utama berasal dari sektor rumah tangga dan pemerintah. Permintaan tersebut umumnya merupakan permintaan akan barang dan jasa akhir. Penawaran barang dan jasa berasal dari sektor perusahaan.


Ciri Pasar Barang

  1. Terdapat penjual dan pembeli
  2. Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan
  3. Adanya sebuah Interaksi antara sih penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung
  4. Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli atau tawar menawar antara pembeli dan penjual

Artikel Terkait : √  Kelebihan dan Kelemahan Pasar Oligopoli Beserta 


Keanggotaan Pasar Barang

Anggota pasar komoditas secara garis besar terdiri atas dua, yaitu anggota biasa dan anggota luar biasa.

  • Anggota Biasa

Anggota biasa terdiri atas semua warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki badan usaha formal seperti, firma, CV, PT, dan Koprasi. Anggota biasa terbagi atas pedagang biasa dan pedagang perantara ( pialang )


  • Anggota Luar Biasa

Anggota luar biasa tidak hanya terbuka bagi WNI, tetapi juga pewakilan warga negara asing (WNA) baik perseorangan maupun badan usaha, investor domestik maupun asing, dan lembaga keuangan non bank yang berkedudukan didalam maupun diluar negeri.

Artikel Terkait : √ Ciri dan Karakteriristik Pasar Monopolistik Secara Lengkap 


Perdagangan di Pasar Barang

Perdagangan di pasar komoditas dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Perdagangan Fisik (Physical Trading) yang Bersifat Efektif

Pada perdagangan fisik terjadi penyerahan barang dari penjual kepada pembeli secara fisik pada waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian jual beli. Pembayaran dilakukan secara tunai.


  • Perdagangan Berjangka (Future Trading) yang Bersifat Spekulatif

Dalam perdagangan berjangka, transaksi tidak secara langsung dengan penyerahan barang dan jasa secara fisik. Penyerahan dilakukan beberapa saat kemudian atau sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan tingkat harga yang tepat.


Fungsi Pasar Barang

Fungsi Pasar Barang Komoditas, Fungsi pasar barang / komoditas antara lain sebagai berikut.

  1. Sebagai tempat atau sarana untuk memperoleh informasi tentang beberapa jenis barang yang diperdagangkan di pasar dunia.
  2. Sebagai tempat atau sarana untuk mengadakan transaksi berbagai barang yang berlaku di pasaran dunia.
  3. Sebagai tempat atau sarana untuk memantau dan mengatur perdagangan barang.
Fungsi dan Manfaat Pasar Barang
Fungsi dan Manfaat Pasar Barang

Manfaat Pasar Barang

Manfaat Pasar Barang / Komoditas

Manfaat pasar komoditas antara lain sebagai berikut.

  • Bagi Penjual (Produsen) Pasar barang dapat mempermudah pemasaran atau penjualannya.
  • Bagi Pembeli (Konsumen)

Pasar barang dapat mempermudah konsumen dalam mendapatkan barang yang diinginkan dengan kualitas terjamin.

Artikel Terkait : √ Persaingan Pasar Tidak Sempurna : Jenis, Ciri dan Pengertian


Bagi Pemerintah

Pembentukan pasar barang bagi pemerintah dapat memberikan tambahan devisa. Dengan devisa akan memudahkan pemerintah untuk melakukan berbagai transaksi internasional yang dapat meningkatkan pendapatan nasional.


Klasifikasi  Pasar Barang

Klasifikasi pasar barang di bagi menjadi 2 diantaranya sebagai berikut :


Pasar Tradisional

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar.

Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.

Beberapa pasar tradisional yang “legendaris” antara lain adalah pasar Beringharjo di Yogyakarta, pasar Klewer di Solo, pasar Johar di Semarang. Pasar tradisional di seluruh Indonesia terus mencoba bertahan menghadapi serangan dari pasar modern.


Pasar Modern

Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.

Barang-barang yang dijual, selain bahan makanan makanan seperti; buah, sayuran, daging; sebagian besar barang lainnya yang dijual adalah barang yang dapat bertahan lama. Contoh dari pasar modern adalah hypermart, pasar swalayan (supermarket), dan minimarket.

Pasar dapat dikategorikan dalam beberapa hal. Yaitu menurut jenisnya, jenis barang yang dijual, lokasi pasar, hari, luas jangkauan dan wujud.

Artikel Terkait : √ Peranan Pasar Modal, Pengertian, Macam dan Lembaga Penunjang


Jenis Jenis Pasar Barang

Jenis pasar barang di bagi menjadi 5, diantaranaya sebagai berikut ini ini :

Jenis Jenis Pasar Barang
Jenis Jenis Pasar Barang

Pasar Menurut Luas Jangkauan

  • Pasar Daerah

Pasar Daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah.

  • Pasar Lokal

Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.

  • Pasar Nasional

Pasar nasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri.

  • Pasar Internasional

Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia.

Artikel Terkait : √ Karakteristik Pasar Monopoli : Pengertian, Macam, Ciri & Faktor


Pasar Barang Menurut Wujud

  • Pasar Konkret

Pasar Konkret adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang dilakukan secara langsung. Misalnya ada los-los, toko-toko dan lain-lain. Di pasar konkret, produk yang dijual dan dibeli juga dapat dilihat dengan kasat mata. Konsumen dan produsen juga dapat dengan mudah dibedakan. contohnya adalah: bursa komoditi, bursa saham dan sebagainya.

  • Pasar Abstrak

Pasar Abstrak adalah pasar yang lokasinya tidak dapat dilihat dengan kasat mata.konsumen dan produsen tidak bertemu secara langsung. Biasanya dapat melalui internet, pemesanan telepon dan lain-lain.

Barang yang diperjual belikan tidak dapat dilihat dengan kasat mata, tapi pada umumnya melalui brosur, rekomendasi dan lain-lain. Kita juga tidak dapat melihat konsumen dan produsen bersamaan, atau bisa dikatakan sulit membedakan produsen dan konsumen sekaligus.

Artikel Terkait : √ Globalisasi Lengkap Beserta Dampak Positif & Negatif 


Pasar Menurut Barang Yang Diperjualbelikan

  • Pasar Barang Konsumsi

Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang dapat langsung dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Misalnya, pasar yang memperjualbelikan beras, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan, alat-alat rumah tangga, pakaian, dan lain sebagainya.

  • Pasar Barang Produksi

Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi. Misalnya, pasar mesin-mesin, pasar tenaga kerja, dan pasar uang.

Artikel Terkait : √ Peran Pasar Modal


Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan

  • Pasar Harian

Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di desa dan kota.

  • Pasar Mingguan

Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.

  • Pasar Bulanan

Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.

  • Pasar Tahunan

Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun sekali.

  • Pasar Temporer

Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)

Artikel Terkait : √ Cara Mengatasi Inflasi : Pengertian, Klasifikasi & Cirinya


Pasar Menurut Organisasinya

  • Pasar Persaingan Sempurna

Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual atau pembeli yang sama-sama telah mengetahui keadaan pasar. Barang yang diperjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogen (sejenis). Selain itu, baik penjual ataupun pembeli tidak bebas menentukan harga, karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar.

Pasar persaingan sempurna adalah keadaan di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga. Harga yang telah terbentuk merupakan hasil dari mekanisme pasar berdasarkan jumlah permintaan dan penawaran.


  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Dalam pasar persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan. Dalam hal ini berarti pembeli dan penjual dapat memengaruhi harga. Jenis dan kualitas barang yang diperdagangkan pada pasar ini bersifat heterogen. Pasar persaingan tidak sempurna dapat dibedakan menjadi tiga, diantaranya berikut : Meteri Persaingan Tidak Sempurna Lengkap


 Struktur Pasar

Sebagaimana diketahui komposisi pasar terdiri atas seluruh perusahaan dan konsumen yang ingin dan mampu membeli serta menjual barang tertentu baik secara tunai maupun kredit. Jumlah penjual (perusahaan) dan pembeli (konsumen) antara satu pasar dan pasar lainnya tidaklah sama.

Pada umumnya pasar tradisional terdiri atas banyak penjual dan pembeli. Berdasarkan struktur pasarnya bentuk-bentuk pasar dibedakan menjadi sebagai berikut.

Artikel Terkait : √ Macam Pencemaran Lingkungan


Bentuk pasar berdasarkan luasnya

  • Pasar Lokal / Setempat

Pasar Lokal adalah pasar yang hanya digunakan oleh anggota masyarakat yang meliputi daerah kecil tertentu.

  • Pasar Daerah

Pasar daerah adalah pasar yang meliputi daerah tertentu, misalnya pasar- pasar di kota kabupaten.

  • Pasar Nasional

Pasar nasional adalah pasar yang meliputi suatu wilayah Negara tertentu

  • Pasar Internasional

Pasar internasional adalah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia.

Artikel Terkait : √ Faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi


Bentuk Pasar Berdasarkan Jenis Barang

  • Pasar Barang Konsumsi

Pasar barang konsumsi adalah tempat untuk memperjual belikan barang – barang konsumsi. Contohnya barang – barang kebutuhan sehari – hari.

  • Pasar Barang Produksi

Pasar barang produksi adalah tempat untuk memperdagangkan faktok – faktor produksi, alat pertanian, dan alat transfortasi.

Demikian pembahsan dari kami tentang Pasar Barang, Pengertian, Ciri, Fungsi, Manfaat, Klasifikasi, Jenis, Struktur secara lengkap semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya sobat Murid.Co.Id