Karakteristik Pasar Monopoli : Pengertian, Macam, Ciri dan Faktor

Diposting pada

Karakteristik Pasar Monopoli : Pengertian, Macam, Ciri dan FaktorHallo sobat Murid.Co.Id kita berjumpa kembali ini, dalam kali ini kiat akan membahas materi tentang pasar monopoli secara lengkap dan jelas berdasarkan sumber buku terpercaya, untuk lebih jelasnya tentang apa materi tentang pasar monopoli, mari silakan baca artikel kami dibawah ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

Pasar Monopoli Secara Lengkap
Pasar Monopoli Secara Lengkap

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar monopoli berasal dari bahasa yunani monos: satu dan polist: penjual. Pasar monopoli adalah suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang dapat menguasai seluruh penawaran, sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya atau terdapat pure monopoly (monopoli murni). Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Contoh pasar monopoli seperti : Perusahaan Listrik Negara (PLN) ,Perusahaan Kereta Api (PERUMKA)


Karakteristik Pasar Monopoli

Monopoli secara harfiah berarti pasar hanya ada satu penjual. Frank Fisher menjelaskan kekuatan monopoli sebagai “The ability to act in unconstrained way”(kemampuan bertindak (dalam menentukan harga) dengan caranya sendiri).


Dalam islam keberadaan satu penjual di pasar, atau tidak adanya pesaing, atau kecilnya persaingan dipasar, bukanlah suatu hal yang terlarang, siapapun boleh berdagang tanpa peduli apakah dia satu satunya penjual atau ada penjual lain. Jadi monopoli dalam harfiah boleh boleh saja akan tetapi, siapapun dia tidak boleh melakukak ikhtikar.
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh adanya satu penjual/produsen dipasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli atau konsumen.

√  Sifat, Ciri dan Faktor Terbentuknya Pasar Oligopoli


Karakteristik Pasar Monopoli dan Contohnya :

Produsen

Produsen: hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.


Konsumen

Konsumen : Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan monopoli tersebut. Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh perusahaan monopoli itu, dan konsumen tidak dapat berbuat suatu apapun didalam menentukan syarat jual beli.


Produk

Produk: Barang yang dihasilkan perusahaan monopoli tidak dapat digantikann oleh barag lain yang ada didalam pasar. Barang-barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip yang dapat menggantikan.


Iklan

Iklan: Promosi iklan kurang diperlukan. Oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan didalam industri, ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau ada yang menggunakan iklan, iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, melainkan untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.


Hambatan masuk pasar

Hambatan masuk pasar: Hambatan itu sendiri, secara langsung maupun tidak langsung, diciptakan oleh perusahaan yang mempunyai kemampuan untuk memonopoli pasar. Perusahaan monopolis akan berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan beberapa cara; salah satu di antaranya adalah dengan cara menetapkan harga serendah mungkin. Dengan menetapkan harga ke tingkat yang paling rendah, perusahaan monopoli menekan kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil.


Perusahaan baru tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopolis yang memiliki kekuatan pasar, image produk, dan harga murah, sehingga lama kelamaan perusahaan tersebut akan mati dengan sendirinya. Cara lainnya adalah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadikan perusahaan monopolis sebagai satu-satunya produsen di pasar.

  Kelebihan dan Kelemahan Pasar Oligopoli Beserta Contoh Hubungan


Price

Price: Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga. Oleh karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar, maka ia mempunyai kekuasaan penuh dalam menentukan harga barang yang dijualnya dipasar. Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan mengadakan pengendalian terhadap produksi dan jumlah barang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendakinya. Seringkali harga dibuat serendah mungkin agar perusahaan lain tidak dapat masuk.


Contoh produk

Contoh produk: microsoft windows, perusahaan listrik negara (PLN).

√  Peran Pasar Modal


Macam – Macam Pasar Monopoli

  1. Alamiah : Muncul karena keadaan alam yang khas.
  2. Undang-undang : muncul karna pemberlakuan kebijakan / undang-undang, terdiri dari : monopoli Negara, hak cipta, hak paten, hak merk.
  3.  Masyarakat : Muncul karena kepercayaan masyarakat.
  4. Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.
  5. Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu menghemat/biaya produksi.
  6. Penguasaan bahan baku : Muncul karena menguasai bahaan baku.

Masa Kebesaran dan Keruntuhan Ternate


Ciri – Ciri Pasar Monopoli:

  •  Pasar Monopoli Adalah Industry Satu Perusahaan

Hanya ada satu saja perusahaan dalam industry tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli dari tempat lain.


  •  Tidak Mempunyai Barang Pengganti Yang Mirip

Barang yang dihasilkan perusahaan tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis yang barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip yang dapat menggantikan barang tersebut. Aliran listrik adalah contoh dari barang yang tIdak mempunyai barang pengganti yang mirip.


  •  Tidak Terdapat Kemungkinan Untuk Masuk Ke Dalam Industry.

Sifat ini merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan ke dalam pasar monopoli.ada yang bersifat legal,yang dibatasi oleh undng-undang.Ada yang bersifat teknologi ,yaitu teknologi yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh .dan ada pula yang bersifat keuangan ,yaitu modal yang diperlukan sangat besar.


  • Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga

Oleh karena perusahan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar ,maka penentruan harga dapat dikuasainya .oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter .


  • Promosi Iklan Kurang Diperlukan

Oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahan di dalam industry ,ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan.pembeli yang memerlukan barang diproduksinya terpaksa membeli daripadanya .

Pengertian, Ruang Lingkup Fisiologi Dalam Biologi Beserta Fungsinya


 

Faktor Yang Menimbulkan Pasar Monopoli

  1. Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
  2. Perusahaan monopoli pada umunya dapat menikmati skala ekonomi (economies of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
  3. Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusaan tersebut.

√  Peran dan Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan


Kelebihan dan Kelemahan Pasar Monopoli

Kelebihan :

  • Mendorong untuk adanya inovasi baru agar tetap terjaga monopolinya.
  • Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
  • Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
  • Dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
  • Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan Negara
  • Dapat meningkatkan inovasi(penemuan baru)bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten.

Kelemahan :

  1. Timbul ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
  2. Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
  3. Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
  4. Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi

Demikian Pembahasan Tentang Karakteristik Pasar Monopoli : Pengertian, Macam, Ciri dan Faktor, kami dari Murid.Co.Id semoga bermanfaat jangan lupa di share dan di bagikan ke teman anda, terima kasih