Macam – Macam Pencemaran Lingkungan

Diposting pada

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Menurut : Undang – Undang pokok pengelolaan Lingkungan Hidup nomor 4 Tahun 1982.

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkan –nya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.


Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli

Beberapa Pencemaran menurut para ahli :


Emil Salim

Lingkungan hidup adalah segala benda, kondisi keadaan, serta pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup (termasuk manusia).


Otto Soemarwoto

Lingkungan hidup adalah semua benda dan kondisi yang berada di dalamnya, dalam ruang yang kita hadapi dan kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita.

Artikel Lainnya : Faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi


Macam – Macam Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan Pengertian, Macam, Penyebab, Dampak dan Upaya
Pencemaran Lingkungan Pengertian, Macam, Penyebab, Dampak dan Upaya

Berdasarkan Sifat Zat Pencemaran

  1. Pencemaran Biologis. Pencemaran biologis adalah pencemaran yang disebabkan oleh adanya mikroorganisme, seperti : salmonella typhosa.
  2. Pencemaran Fisik. Pencemaran fisik adalah pencemaran yang disebabkan oleh benda cair, benda padat, maupun gas, seperti : kaleng, plastic, kaca, kare
  3. Pencemaran Kimiawi. Pencemaran kimiawi adalah pencemaran yang disebabkan oleh zat kimia, seperti : adanya senyawa logam, detergent, nitrat, asam sulfat, DDT.

Berdasarkan Tempat Terjadinya


Pencemaran Air

Pencemaran air di antaranya sebagai berikut :

  • Limbah industry. Limbah Industri dapat berupa jenis logam berat seperti Cadmium (Ccl), merkuri (Hg), dan timbal (Pb). Selain itu, juga pewarna sintetis dan zat kimia lain sesuai dengan jenis industrinya. Melalui rantai makanan zat – zat di atas terakumulasi pada tubuh hewan dan manusia yang dapat menyebabkan kematian.

  • Limbah Pertanian. Penggunaan pupuk yang berlebihan akan mengakibatkan terjadinya penimbunan NO di air sehingga terjadi eutrofikasi, akibatnya gulma di air seperti eceng gondok alga dan sebagainya tumbuh lebat menutupi permukaan air dan sinar matahari tidak dapat menembus masuk air.

  • Limbah Rumah Tangga. Beberapa contoh limbah rumah tangga seperti detergent, kaca, plastic dan sebagainya menumpuk diperairan bersama limbah industri akan menyebabkan kematian organism dan penyusutan oksigen yang dapat menyebabkan parairan menjadi miskin oksigen.

  • Limbah Minyak. Limbah minyak bumi yang tumpah ke laut akibat kecelakaan kapal tengker atau kebocoran kilang minyak lepas pantai menyebabkan tercemarnya air laut, karena permukaan laut dilapisi oleh minyak dengan ketebalan tertentu. Akibat yang ditimbulkan :

Artikel Lainnya : Pembahasan Globalisasi Secara Lengkap


Akibat yang Ditimbulkan Pencemaran Air :

  1. Cahaya matahari tidak dapat menembus kedalam air.
  2. Fitoplankton tidak dapat hidup, karena tidak dapat berfotosintesis.
  3. Pertukaran udara dari udara ke air dan sebaliknya menjadi terganggu.

Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah disebabkan oleh adanya :

  • Limbah rumah tangga, seperti : kaleng, kantong plastic, baterai bekas, karet, kaca, detergent, dan sebagainya.
  • Limbah industry, seperti asam sulfat.
  • Hujan asam berupa sulfur oksida (SOx) dan nitrogen oksida (NOx).

Berdasarkan sifatnya polutan pencemaran tanah dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

  1. Biogradable, yaitu polutan yang dapat diuraikan oleh proses alam misalnya : kayu, kertas, sisa makanan, dedaunan.

  2. Nonbiodegradable, yaitu polutan yang aktif dapat diuraikan oleh proses alam, misalnya : plastic, gelas, pestisida, radioaktif, logam toksit.

Artikel Lainnya : Dampak Positif dan Negatif Globalisasi


Akibat yang Ditimbulkan Pencemaran Tanah

Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah antara lain :

  • Terganggunya kehidupan organism, terutama mikro organisme dalam tanah.
  • Berubahnya sifat kimia dan fisik tanah.
  • Merubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologis.

Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah pengotoran udara akibat masuknya bahan asing (zat pencemar) ke dalam udara secara berlebihan. Zat pencemar udara dapat berupa : asap, debu, dan gas buangan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil tersebut dapat berasal dari minyak tanah dan batu bara.

Artikel Lainnya : Sosialisasi Pembentukan Kepribadian


Zat yang berbahaya Pencemaran Udara

Gas pencemar udara yang mengandung zat yang berbahaya :

  • Gas Karbonmonoksida (CO). Terkenal sebagai gas pembunuh (mati lemas) karena daya ikatnya terhadap Haemoglobin (HB) melebihi daya ikat oksigen. Efek lainya adalah sakit kepala, mual, pening dan jantung. Sumber gas CO adalah hasil pembakaran yang tidak sempurna seperti asap kendaraan bermotor.

  • Gas Karbondioksida (CO2). Gas CO2 yang berlebihan di udara akan menyebabkan efek rumah kaca, sehingga akan menaikkan suhu udara bumi dan akan terjadi pemanasan global yang berpengaruh terhadap iklim global serta ancaman mencairnya es abadi di daerah kutub. Sumber polutan CO2 adalah pembakaran minyak bumi, batu bara, industry, dan kebakaran hutan.

  • Gas Belerang (SO2) dan Nitrogen Oksida (NO2). Gas ini bersama air hujan menyebabkan hujam asam. Dalam jangka waktu lama tanah, sungai, dan danau menjadi asam, sehingga akan merusak tumbuhan, mikro organism tanah dan hewan air tawar.

    Pada manusia menimbulkan iritasi paru – paru, mata, dan hidung. Selain itu, akan merusak benda berharga karena mempercepat proses pelapukan dan korosi pada logam, cat menjadi pudar, kertas menjadi pudar dan rapuh. Sumber polutan ini berasal dari pembakaran minyak bumi, batu bara, dan letusan gunung berapi.

Artikel Lainnya : Jenis Prilaku Menyimpang


Pencemaran Suara

Pencemaran suara disebabkan oleh suara bising secara terus – menerus. Sumber pencemaran suara disebabkan oleh : suara mesin pabrik, suara kereta api, bus, motor, pesawat terbang, dan suara gaduh lainnya.


Sumber kekuatan suara :

  1. Percakapan normal               :   40 dB
  2. Keributan                                :    80 dB
  3. Kereta api                                :    95 dB
  4. Mesin motor 5 PK                  :  105 dB
  5. Pesawat jet lepas landas       :  150 dB

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh tangan manusia. Pencemaran air adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai, kali, danau, laut, dan sebagainya. Sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yang terjadi di darat baik di kota maupun di desa.


Alam memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisi air yang telah tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dengan jalan pemurnian tanah, pasir, bebatuan dan mikro organisme yang ada di alam sekitar kita.


Jumlah pencemaran yang sangat masal dari pihak manusia membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi ke seperti semula. Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi.


Sampah dan zat seperti plastik, DDT, deterjen dan sebagainya yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperparah kondisi pengrusakan alam yang kian hari kian bertambah parah.


Salah satu penyebab pencemaran air yang paling terkenal adalah akibat penggunaan zat kimia pemberantas hama DDT. DDT digunakan oleh para petani untuk mengusir dan membunuh hama yang menyerang lahan pertanian.


Pencemaran dapat dicegah dengan terlebih dahulu mengetahui sumber pencemarnya. Pencemar datang dari berbagai sumber dan memasuki udara, air dan tanah dengan berbagai cara. Pencemar udara terutama datang dari kendaraan bermotor, industi, dan pembakaran sampah. Pencemar udara dapat pula berasal dari aktivitas gunung berapi.

Artikel Lainnya : Prasasti Kerajaan Tarumanegara


Proses Pencemaran

Proses pencemaran dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung yaitu bahan pencemar tersebut langsung berdampak meracuni sehingga mengganggu kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan atau mengganggu keseimbangan ekologis baik air, udara maupun tanah. Proses tidak langsung, yaitu beberapa zat kimia bereaksi di udara, air maupun tanah, sehingga menyebabkan pencemaran.


Pencemar ada yang langsung terasa dampaknya, misalnya berupa gangguan kesehatan langsung (penyakit akut), atau akan dirasakan setelah jangka waktu tertentu (penyakit kronis). Sebenarnya alam memiliki kemampuan sendiri untuk mengatasi pencemaran (self recovery), Namun alam memiliki keterbatasan.


Setelah batas itu terlampaui, maka pencemar akan berada di alam secara tetap atau terakumulasi dan kemudian berdampak pada manusia, material, hewan, tumbuhan dan ekosistem.

Artikel Lainnya : Klasifikasi dan Kelas Mollusca Secara Lengkap


Dampak Pencemaran Lingkungan

Adapun beberapa dampak dari pencemaran lingkungan yaitu:

  • Punahnya Spesies
  • Peledakan Hama
  • Gangguan Keseimbangan Lingkungan
  • Kesuburan Tanah Berkurang
  • Keracunan dan Penyakit
  • Pemekatan hayati
  • Terbentuknya Lubang Ozon dan Efek Rumah Kaca

Artikel Lainnya : Strukur dan Fungsi Tubuh Mollusca


Upaya Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

Upaya penanggulangan pencemaran lingkungan tidak akan berhasil jika tidak ada dukungan dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran lingkungan, yaitu :

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Penanggulangan limbah industry
  3. Penanggulangan pencemaran udara
  4. Diadakan penghijauan di kota-kota besar
  5. Penggunaan pupuk dan obat pembasmi hama tanaman yang sesuai
  6. Pengurangan pemakaian CFC

Demikian pembahasan tentang Pencemaran Lingkungan : Pengertian, Macam, Penyebab, Dampak secara lengkap dan jelas, jangan lupa di share ya sobat Murid.Co.Id