Peranan Pasar Modal, Pengertian, Macam dan Lembaga Penunjang

Diposting pada
4.9
14

Peranan Pasar Modal, Pengertian, Macam dan Lembaga Penunjang – Hallo sobat Murid.Co.ID kali ini kita berjumpa kembali dengan kami, untuk kali ini kita akan membahas tentang materi pasar modal secara jelas dan lengkap, untuk lebih jelasnya mari simak artikel kami di bawah, jangan lupa di share dan di bagikan ke teman anda semoga bermanfaat

Peranan Pasar Modal, Pengertian, Macam dan Lembaga Penunjang

Pengertian Pasar Modal

Pengertian pasar modal secara umum adalah suatu system keuangan yang terorganisasi termasuk di dalamnya adalah bank – bank komersial dan semua lembaga perantara di bidang keuangan, serta keseluruhan surat – surat berharga yang beredar. Dalam arti sempit pasar modal adalah suatu pasar (tempat, berupa gedung) yang di siapkan guna memperdagangkan sham – saham, obligasi – obligasi dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek.

√  Sifat, Ciri dan Faktor Terbentuknya Pasar Oligopoli


Bentuk Transaksi di Pasar Modal

Utang Berjangka

Utang berjangka (jangka pendek/ jangka panjang). Utang berjangka merupakan salah satu bentuk pendanaan dam bentuk entitas ( badan usaha) yang di lakukan dengan menerbitkan surat berharga dan di jual kepada pemilik dana atau pemodal. Didalam pendaan utang jangka panjang di kenal dua macam surat berharga yaitu pertama, obligasi merupakan surat pengakuan hutang oleh suatu entitas (biasanya perusahaan perseorangan) dengan di sertai janji memberikan imbalan bunga dengan rate tertentu. Kedua,sekuritas lainnya yang terdiri tberbagai sekuritas yang biasanya di sebut sekuritas kredit.


Penyertaan

Penyertaan, penyertaan merupakan salah satu bentuk pendanaan modal pada suatu badan usaha yang di lakukan dengan menyetorkan sejumlah dana tertentu dengan tujuan untuk mengusai  sebagian hak milik atas perusahaan. Biasanya penyertaan ini dalam bentuk saham ( share) sebagai imbalan atas jasa modal tersebut maka pemilik perusahaan atau pedagang saham memperoleh pembagian laba yang di sebut deviden.

  Kelebihan dan Kelemahan Pasar Oligopoli Beserta Contoh Hubungan


Peranan Pasar Modal

Pasar modal mempunyai peranan penting dalam suatu Negara yang pada dasarnya mempunyai kesamaan antara suatu Negara dangan Negara lain. Berikut ini peranan pasar modal di tinjau secara mikro ekonomi,yaitu

  1. Sebagai fasilitas melakukan transaksi antara pembeli dengan penjual untuk menentukan harga saham atau surat berharga yang di perjual belikan
  2. Pasar modal memberikan kesem patan kepada pemodal untuk menentukan hasil ( return) yang di harapkan
  3. Pasar modal memberikan kesempatan kepada investor untuk menjual kembali saham yang di milikinya atau surat berharga lainnya
  4. Pasar modal menciptakan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam perkembangan suatu perekonomian
  5. Pasar modal mengurangi biaya informasi dan transaksi surat berharga. Bagi para pemodal, keputusan investasi harus di dasarkan pada tersedianya informasi yang akurat an dapat di percaya. Biaya informasi tersebut,yaitu biaya pencarian informasi tentang perusahaan.biaya informasi termasuk mencari tentang kelebihan dan kelemahan surat berharga.

√  Peran Pasar Modal 


Peran Pasar Modal Secara Makro  Yaitu :

  • Fungsi Tabungan

Menabung dapat merugikan pemilik modal,hal ini di akibatkan nilai uang dari masa ke masa  akan turun atau terjadi inflasi, hal ini mendorong para pemilik dana lebih akan lebih untuk menginvestasikan dananya tersebut di pasar modal, dan akan meningkatkan penghasilan perekonomian dengan standar hidup yang baik.

  • Fungsi Kekayaan

Pasar modal adalah suatu cara untuk menyimpan kekayaan dalam jangka panjang dan jangka pendek, hingga kekayaan tersebut apabila di butuhkan dapat di pergunakan kembali.

  • Fungsi Likuditas

Kekayaan yang di simpan dalam surat – surat berharga, bisa di likuidasi melalui pasar modal dengan resiko yang sangat minimal di bandingkan dengan aktiva lain.

  •  Fungsi Pinjaman

Pasar modal merupakan fungsi pinjaman untuk konsumsi dan investasi. Pinjaman merupakan utang kepada masyarakat. Pasar modal bagi suatu perekonomian Negara merupakan sumber pembiyaan pembangunan dari pinjaman yang di himpun dari masyarakat. Untuk menpatkan dana yang lebih mudah dan lebih murah maka pemerintah mendorong pertumbuhan pasar modal mejadi semakin berkembang.

√ Masa Kebesaran dan Keruntuhan Ternate


Macam – Macam Pasar Modal

Pasar Perdana

Pasar Perdana yaitu penawaran dari perusahaan yang menerbitkan saham ( emiten) kepada pemodal selama jangka waktu  yang di tetapkan oleh pemodal tersebut sebelum saham tersebut di perdagangkan di pasar sekunder.


Pasar Sekunder

Pasar Sekunder yaitu sebagai perdagangan saham setelah melewati masa penawaran pada pasar perdana. Jadi pasar sekunder adalah di mana saham dan equitas lain di perjual belikan secara luas, setelah melalui masa penjualan di pasar perdana dan harga saham di pasar sekunder di tentukan oleh pemintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli.


Perbedaan Pasar Sekunder dan Perdana

Perbedaan pasar perdana dengan pasar sekunder adalah pasar perdana terjadi pada saat perusahaan emitten menjual sekuritasnya kepada investor umum untuk pertama kalinya, sedangkan pasar sekunder adalah tempat perdagangan atau tempat jual-beli sekuritas oleh dan antar investor setelah sekuritass emitten dijual di pasar perdana.


alasannya dengan adanya pasar sekunder, investor dapat melakukan perdagangan sekuritas untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, pasar sekunder memberikan likuiditas kepada investor bukan kepada emiten seperti dalaam pasar perdana. Pasar sekunder biasanya dimanfaatkn untuk perdagangan saham biasa, saham preferen, obligasi, waran, reksa dana, dll. Sebelum memutuskan investasinya, investor dapat  memulai dengan mempelajari  prospek yang berisikan antara lain :

  1. Jenis usaha dan juga riwayat emiten
  2. Jumlah saham atau obligasi yang ditawarkan ke publik serta harga penawaran
  3. Tujuan dari penawaran perdana
  4. Prospek usaha emiten beserta resiko-resiko usaha yang terjadi di masa depan
  5. Kebijakan pembayaran bunga surat utang dan juga kebijakan pembagian deviden
  6. Kinerja keuangan secara historis
  7. Agen penjualan yang berpartisipasi dalam proses penawaran perdana
  8. Jadwal pelaksanaan penawaran perdana

Proses perdagangan atau transaksi saham atau obligasi di pasar sekunder diawali dengan order (pesanan)untuk harga tertentu. Pesanan tersebut dapat disampaikan baik secara tertulis maupun lewat telepon dan disampaikan kepada perusahaan efek melalui sales/dealer. Pesanan tersebut harus menyebutkan jumlah yang akan dibeli  atau dijual dan dengan menyebutkan harga yang diinginkan.

√  Peran dan Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan


Tiga Kegiatan Perusahaan Efek :

  • Penjamin Emisi Efek

Penjamin emisi efek adalah salah satu aktivitas pada perushaan efek yang melakukan kontrak dengan emitten unutk melaksanakan penawaran umum atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.

  • Perantaraa Pedagang Efek

Perantara pedagang efek ( broker dealer) atau perusahaan pialang adalah salah satu aktivitas di perusahaan efek yang melakukan kegiatan usaha jual beli efek baik untuk kepentingan sendiri maupun orang lain.

  • Manajer Investasi

Manajer investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan perundang – undangan yang berlaku.


Lembaga Penunjang Pasar Modal :

  1. Biro administrasi efek

Biro administrasi efek adalah pihak yng berdasarkan kontrak dengan emitten melaksanakan pencatatan pemilikan efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan efek.

  1. Kustodian

Kustodian adalah pihak yang meberikan jasa penitipan efek serta jasa lain, termasuk menerima deviden, bunga, dan hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

  1. Wali Amanat

Wali amanat adalah pihak yang mewakili kepentingan pemegang efek bersifat utang.

√ Pengertian, Ruang Lingkup Fisiologi Dalam Biologi Beserta Fungsinya


Profesi Penunjang Pasar Modal :

  • Akuntan Publik

Akuntan Publik membantu emiten dalam menyusun prospektus dsan laporan tahunan sehingga tersaji memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Bapepam dan Bursa Efek.

  • Notaris

Notaris berperan ketika emiten, pihak sekuritas, pihak-pihak lainnya menyusun anggaran dasar dan kontrak – kontrak lainnya.

  • Konsultan Hukum

Konsultan hukum membantu dalam melakukan kegiatannya agar sesuai dan tidak melanggar ketentuan yang berlaku dan aspek hukum lainnya.


Demikian Pembahasan Tentang Peranan Pasar Modal, Pengertian, Macam dan Lembaga Penunjang secara lengkap, kami dari Murid.Co.Id semoga bermanfaat jangan lupa di share dan di bagikan ke teman anda, terima kasih