Klasifikasi dan Struktur Tubuh Coelenterata

Pengertian Colenterata

Coelenterata berasal dari bahasa Yunani yaitu coilos yang berarti rongga dan enteron yang berarti usus.Jadi Coelenterata dapat diartikan sebagai hewan yang memiliki rongga yang berfungsi sebagai usus.Nama Filum Coelenterata lebih sering dikenal sebagai Cnidaria.Cnidaria berasal dari bahasa Yunani yaitu cnido yang berarti penyengat karena hewan ini memiliki sel penyengat (Pandhu, 2010).

Struktur Tubuh Coelenterata

Coelenterata merupakan diploblastik, hewan ini memiliki dua lapis sel yaitu ektoderm yang merupakan lapisan sel luar dan endoderm yang merupakan lapisan dalam. Coelenterata mempunyai dua bentuk tubuh, yaitu polip & medusa. Pada bagian bentuk polip (seperti tabung), coelenterata mempuyi mulut di bagian dorsal yg dikelilingi oleh tentakel. Pada bentuk medusa yg berbentuk seperti cakram, mulut coelenterata terdapat di bagian bawah (oral) dan tubuhnya dikelilingi oleh tentakel.

Artikel Lainnya : Sejarah Penemuan Kromosom

Coelenterata
Coelenterata

Reproduksi Coelenterata

Coelenterata dapat bereproduksi baik dengan cara generatif (seksual) maupun vegetatif (aseksual). Reproduksi secara generatif dapat terjadi saat sel sperma jantan membuahi sel telur (ovum) betina. Sedangkan pada perkembangbiakan secara aseksual berlangsung dengan cara pembentukan tunas pada sisi tubuh coelenterata yang akan tumbuh menjadi individu baru setelah lepas dari tubuh induknya.
Beberapa jenis coelenterata juga mengalami metagenesis (pergiliran keturunan), yaitu perkembangbiakan seksual yg diikuti oleh perkembangbiakan aseksual pada satu generasi. Pd coelenterata jenis ini, tubuhnya akan memiliki bentuk polip pada satu fase hidupnya, selanjutnya berbentuk medusa pada tahap selanjutnya.

Artikel Lainnya : Manfaat Zygomycota Beserta Contohnya

Ciri-ciri

Filum Coelenterata memiliki beberapa ciri khusus yaitu:
1. Merupakan Hewan multiseluler Invertebrata.
2. Habitatnya di laut atau air tawar.
3. Struktur tubuhnya radial simetri .
4. Memiliki sel-sel knidosit/knidoblast yang berisi organel-organel penyengat.
5. Tubuh simetri radial.
6. Tubuhnya terdiri dari kantong dan rongga gastrovaskuler untuk mencerna makanan.
7. Memiliki mulut sekaligus sebagai anus.
8. Memiliki tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsanya.
9. Memiliki bentuk tubuh polip dan medusa.

Artikel Lainnya : Sejarah Penemuan Kromosom

Cara hidup

Coelenterata hidup bebas secara heterotrof dengan memangsa plankton dan hewan kecil di air.Mangsa menempel pada knodosit dan ditangkap oleh tentakel untuk dimasukkan kedalam mulut.Habitat Coelenterata seluruhnya hidup di air, baik di laut maupun di air tawar.Sebagaian besar hidup dilaut secara soliter atau berkoloni. Ada yang melekat pada bebatuan atau benda lain di dasar perairan dan tidak dapat berpindah untuk bentuk polip, sedangkan bentuk medusa dapat bergerak bebas melayang di air.

klasifikasi-coelenterata
klasifikasi-coelenterata

Reproduksi

Reproduksi Coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual.Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas.Pembentukan tunas selalu terjadi pada Coelenterata yang berbentuk polip.Tunas tumbuh di dekat kaki polip dan akan tetap melekat pada tubuh induknya sehingga membentuk koloni. Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (ovum dengan sperma).Gamet dihasilakan oleh seluruh Coelenterata bentuk medusa dan beberapa Coelenterata bentuk polip.Contoh Coelenterata berbentuk polip yang membentuk gamet adalah hydra.

Artikel Lainnya : Struktur Umum Anatomi Batang

Klasifikasi Coelenterata

Filum Coelenterata dibagi menjadi empat kelas yaitu:

KELAS HYDROZOA

Hydrozoa berasal dari kata hydra, artinya hewan yang berbentuk seperti ular.Umumnya berbentuk soliter atau berkoloni.Soliter berbentuk polip dan koloni berbentuk polip dan medusa.Lebih sering ditemukan dalam bentuk koloni polip sedankan dalam bentuk medusa jarang banyak ditemukan.

KELAS SCYPHOZOA

Schypozoa berasal dari bahasa yunani schypo yang berarti mangkok dan zoa yang berarti hewan. Bentuk serupa medusa dengan tentakel.Mempunyai mesoglea gelatinosa yang tebal

KELAS ANTHOZOA

Anthozoa berasal darikata Anthos = bunga, zoon = binatang. Anthozoa berarti hewan yang bentuknya seperti bunga atau hewan bunga.

KELAS CUBOZOA

Pada tahun 1980, Cubozoa termasuk dalam golongan Scyphozoa sebagai ordo Cubomedusa atau Carybdeida atas dasar beberapa persamaan anatomi, fisiologi, dan daur hidupnya.

CARA MENDAPATKAN MAKANAN

Coelenterata hidup di perairan yang jernih yang mengandung partikel-partikel organik, plankton atau hewan-hewan kecil. Jika terdapat hewan kecil, misal jentik nyamuk menempel pada tentakel dan mengenai sel knidoblast, maka sel tersebut mengeluarkan racun. Jentik akan lemas lalu tentakel membawanya ke mulut. Di bawah mulut terdapat kerongkongan pendek lalu masuk ke rongga gastrovaskuler untuk dicerna secara ekstraseluler (luar sel). Sel-sel endodermis menyerap sari-sari makanan. Sisa-sisa makanan akan dimuntahkan melalui mulut.Setiap hewan Coelentarata mempunyai rongga gastrovaskuler. Rongga gastrovaskuler Coelentarata bercabang-cabang yang dipisahkan oleh septum/penyekat dan belum mempunyai anus.

PERAN COELENTERATA

  1. Hewan ubur-ubur yang banyak di perairan Indonesia dapat dimanfaatkan untuk dibuat tepung ubur-ubur, kemudian diolah menjadi bahan kosmetik / kecantikan.
  2. Di Jepang selain sebagai bahan kosmetik, ubur-ubur dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
  3. Karang atol, karang pantai, dan karang penghalang dapat melindungi pantai dari aberasi air laut.
  4. Merupakan tempat persembunyian dan tempat perkembangbiakan ikan.
  5. Pantai dengan karang yang indah dapat dijadikan objek wisata.
  6. Dijadikan tempat untuk menyalurkan hobby para penggemar snorkling dan diving.

Artikel Lainnya : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)

Demikian Materi dari  kami tentang Klasifikasi Coelenterata: Pengertian, Ciri – Ciri dan Contoh Terlengkap Semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya sobat Murid.Co.Id