Persaingan Pasar Tidak Sempurna : Jenis, Ciri dan Pengertian

Diposting pada

Hallo sobat Murid.Co.ID kita berjumpa kembali, kali ini kita akan membahas tentang apa itu pasar tidak sempurna ? yuk sebelum melanjutkan ke materi belajar bisa di share atau di bagikan ke teman dan sahabat anda, untuk lebih jelasnya tentang Persaingan Pasar Tidak Sempurna : Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan mari simak pembahasan secara jelas dan lengkap di website kami ini, semoga bermanfaat terima kasih.

Persaingan Pasar Tidak Sempurna
Persaingan Pasar Tidak Sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga dapat ditentukan sendiri,baik oleh penjual maupun pembeli, Pasar persaingan tidak sempurna kalau diperhatikan dari segi pembeli dan penjualnya dapat dipisahkan menjadi pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik, pasar oligopoli, pasar oligopsoni, dan pasar monopsoni.

Sifat, Ciri dan Faktor Terbentuknya Pasar Oligopoli


Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Adapun jenis jenis persaingan pasar tidak sempur di antaranya sebagai berikut :

Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar(price leader).

Pasar Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk, bungkus, dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.

Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang dapat menguasai seluruh penawaran

√ Pasar Monopsoni

Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai satu pembeli,apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal.

√ Pasar Oligopsoni

Pasar oligopsoni adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli, Masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga

Karakteristik Pasar Monopoli : Pengertian, Macam, Ciri dan Faktor


Kelebihan dan Kekurangan Pasar Tidak Sempurna

Kelebihan

Adapun kelebihan pasar tidak sempurna sebagai berikut :


Kekurangan

Adapun Kekurangan pasar tidak sempurna sebagai berikut :

  1. Hadiah sepenuhnya dikendalikan oleh monopoli (perusahaan), yang menciptakan kemungkinan untuk memainkan hadiah yang dapat membahayakan konsumen.
  2. Konsumen tidak memiliki alternatif yang lebih baik dalam hal harga dan kualitas produk.
  3. Adanya hak monopoli yang diberikan oleh pemerintah berarti bahwa etos kerja perusahaan tidak optimal, proses produksinya tidak efisien dan pelayanan kepada konsumen tidak begitu memprihatinkan sehingga tidak memuaskan.
  4. Keberadaan monopoli meningkatkan peluang kebijakan penetapan harga yang diskriminatif.

  Kelebihan dan Kelemahan Pasar Oligopoli Beserta Contoh Hubungan


Ciri Ciri Pasar Tidak Sempurna

Tidak sulit untuk mengetahui bahwa pasar, bahkan di pasar kompetitif, tidak sempurna, yaitu dengan melihat karakteristiknya. Berikut ini adalah karakteristik pasar kompetitif yang tidak sempurna:

  • Hanya ada beberapa penjual di pasar, tetapi jumlah pembeli sangat besar.
  • Ada elemen monopoli karena penjual dapat menentukan harga produk yang dijual.
  • Interaksi ekonomi atau apa yang kita ketahui tentang penawaran dan permintaan memiliki pengaruh yang lebih kecil pada pembentukan harga.
  • Produsen atau penjual baru sering merasa kesulitan untuk pergi ke pasar, karena pembeli biasanya lebih suka berbelanja dengan penjual lama.
  • Beberapa produsen lama cenderung bekerja sama untuk menjatuhkan produsen baru dan menyebabkan ketidakadilan.
  • Ada banyak jenis barang / jasa, tetapi sulit untuk mendapatkan barang alternatif dengan fungsi yang sama.

√  Peran Pasar Modal 

Pengertian ,Tujuan, Kegunaan dan Konsep Penyajian Neraca Pembayaran Internasional

Demikian Pembahasan dari kami Murid.Co.ID Tentang materi Persaingan Pasar Tidak Sempurna : Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan secara lengkap dan jelas, jangan lupa share dan bagikan ke teman atau sahabat anda sebagai referensi belajar ya, terima kasih