Ciri dan Karakteriristik Pasar Monopolistik : Pengertian & Persaingan

Ciri dan Karakteriristik Pasar Monopolistik : Pengertian & Persaingan

Hallo sobat Murid.Co.Id kita berjumpa kembali ini, dalam kali ini kiat akan membahas materi tentang Ciri dan Karakteriristik Pasar Monopolistik : Pengertian, Persaingan serta Kelebihan dan Kekurangan secara lengkap dan jelas berdasarkan sumber buku terpercaya, untuk lebih jelasnya tentang apa materi tentang pasar monopoli, mari silakan baca artikel kami dibawah ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

Ciri dan Karakteriristik Pasar Monopolistik
Ciri dan Karakteriristik Pasar Monopolistik

Pengertian Pasar Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk, bungkus, dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.


Jadi, model pasar persaingan monopolistik pada dasarnya sama dengan model pasar persaingan sempurna, hanya saja dalam pasar monopolistik diperkenalkan adanya diferensiasi produk, sehingga produk yang dijual bersifat heterogen (beragam). Istilah diferensiasi produk di sini ditentukan secara riil dua barang yang tidak berbeda, namun dapat dianggap berbeda oleh konsumen. Pasar ini juga mengakui adanya kekuasaan monopoli tertentu yang timbul dari penggunaan merk dan tanda dagang yang berbeda.

√  Sifat, Ciri dan Faktor Terbentuknya Pasar Oligopoli

Contoh Produk

Contoh produknya adalah : makanan ringan (snack), pulpen,buku.


Ciri – Ciri Pasar Monopolistik

  1. Terdapat Banyak Penjual

Terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna. Perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan monopolistic mempunyai ukuran yang relatif sama.


  1. Produknya Tidak Homogen (Berbeda Corak)

Produk perusahaan persaingan monopolistic berbeda coraknya dan secara fisik mudah untuk membedakan antara produk perusahaan yang satu dengan produk perusahaan lainnya. Sifat ini adalah sifat yang penting untuk membedakannya dengan sifat pada pasar persaingan sempurna.


  1. Perusahaan Mempunyai Sedikit Kekuatan Mempengaruhi Harga

Kekuatan mempengaruhi harga tidak sebesar pada pasar monopoli dan oligopoly. Kekuatan mempengaruhi harga bersumber dari perbedaan corak produk. Perbedaan ini mengakibatkan para pembeli akan memilih. Pembeli dapat lebih menyukai produk suatu perusahaan tertentu dan kurang menyukai produk perusahaan lainnya. Sehingga jika suatu perusahaan menaikkan harga, ia masih dapat menarik pembeli walaupun tidak sebanyak sebelum kenaikan harga. Sebaliknya jika suatu perusahaan menurunkan harga, belum tentu diikuti oleh kenaikan permintaan produk yang dihasilkan.


  1. Produsen dapat keluar masuk pasar

Hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, saat produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya cukup tinggi. Ketika produsen semakin banyak dan laba ekonomis semakin kecil, maka pasar menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar.


  1. Persaingan promosi penjualan sangat aktif

Dalam pasar persaingan monopolistik harga bukan penentu utama besarnya pasar. Suatu perusahaan mungkin menjual produknya dengan harga cukup tinggi tetapi masih dapat menarik banyak pelanggan. Sebaliknya mungkin suatu perusahaan menjual produknya dengan harga yang cukup murah tetapi tidak banyak menarik pelanggan. Oleh karena itu untuk menarik para pelanggan, perusahaan harus aktif melakukan promosi, memperbaiki pelayanan, mengembangkan desain produk, meningkatkan mutu produk, dan sebagainya.

  Kelebihan dan Kelemahan Pasar Oligopoli Beserta Contoh Hubungan


Kelebihan dan Kelemahan Pasar Monopolistik

Kelabihan

  1. Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
  2. Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya
  3. Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
  4. Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
  5. Banyak produsen di pasar yang memberikan keuntungan bagi pembeli atau konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
  6. Kebebasan keluar masuk untuk produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi yang baru dalam menghasilkan produknya.
  7. Diferensiasi produk mendorong para konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, serta dapat membuat para konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
  8. Pasar ini umumnya mudah untuk dijumpai oleh konsumen, sebab sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia di pasar ini.
  9. √  Peran Pasar Modal 

Kelemahan

  • Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar
  • Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
  • Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen.
  • Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun dari segi pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal maupun pengalaman yang cukup akan lebih cepat keluar dari pasar ini.
  • Dibutuhkan modal yang besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, sebab pemain pasar di dalamnya mempunyai skala ekonomis yang cukup tinggi.
  • Pasar monopolistik mendorong produsen untuk selalu berinovasi terhadap produk-produknya, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang nantinya akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh pembeli atau konsumen.
  • Masa Kebesaran dan Keruntuhan Ternate

Karakteristik Pasar Monopolistik

Pasar Monopolistik memiliki kebaikan sebagai berikut :

  1. Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapatmemilih produk yang terbaik baginya.
  2. Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
  3. Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produkyang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya
  4. Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhansehari-hari tersedia dalam pasar monopolistic.
  5. √  Peran dan Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan

Persaingan Monopolistik

  • Persaingan monopolistik merupakan suatu jenis pasar yang digolongkan berdasarkan:
  • sejumlah besar perusahaan,
  • produk-produk yang dibedakan dan tidak dilihat sebagai penganti sempurna oleh konsumen
  • beberapa kemampuan penjual untuk menetapkan harga yang mereka inginkan,
  • jalan masuk bebas masuk dan keluar dari pasar tersebut.
  • kepercayaan yang berat terhadap tindakan-tindakan non harga untuk membedakan produk seseorang
  • Pengertian, Ruang Lingkup Fisiologi Dalam Biologi Beserta Fungsinya

Bentuk Persaingan Monopolistik

Bentuk pasar persaingan monopolistik adalah keadaan biasa yang ekstrim.Sebagian besar operasi-operasi eceran berada dalam bentuk pasar ini.Bisnis-bisnis kecil dari seluruh sektor jatuh dalam pasar kategori ini.Memulai suatu bisnis secara relatif adalah mudah, tetapi untuk tetapbertahan dalam bisnis tersebut adalah tidak mudah; hal itu memerlukankemampuan untuk menyakinkan konsumen bahwa produk tersebut adalahberbeda dan lebih baik daripada yang dimiliki oleh para pesaing.

Demikian Pembahasan Tentang Ciri dan Karakteriristik Pasar Monopolistik : Pengertian, Persaingan serta Kelebihan dan Kekurangan secara lengkap, kami dari Murid.Co.Id semoga bermanfaat jangan lupa di share dan di bagikan ke teman anda, terima kasih.

Send this to a friend