Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Diposting pada

Hallo sobat Murid.Co.Id dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang individu atau masyarakat pasti mengalami perubahan, mengapa demikian ? Tahukah Anda perubahan sosial dan perubahan budaya itu ? untuk lebih jelasnya mari simak artikel kami di bawah ini, semoga beramanfaat.


Perubahan Sosial

Perubahan Sosial Adalah perubahan dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, dan pola perilaku individu diantara kelompoknya.


Perubahan Kebudayaan

Perubahan Kebudayaan Adalah perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama pada berbagai bidang kehidupan dalam masyarakat bersangkutan.

Contoh  perubahan konsep tata susila dan moralitas, emansipasi wanita, bentuk seni, mata pencaharian.
Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Dalam topik ini Anda akan mempelajari bentuk perubahan sosial budaya. Tahukah Anda bentuk-bentuk perubahan sosial budaya itu? Bentuk perubahan sosial budaya antara lain:

Artikel Lainnya : Fungsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)


Proses Perubahan Sosial

Pada dasarnya awal dari suatu perubahan adalah komunikasi dari seseorang atau kelompok kepada orang atau kelompok dengan kelompok lainnya. Dalam proses komunikasi terjadilah penyampaian informasi tentang gagasan, ide, keyakinan dan hasil budaya yang berupa fisik.

Bentuk Perubahan Sosial Budaya
Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bagaimana Proses Perubahan Sosial

Bagaimana proses perubahan sosial itu terjadi? Proses perubahan sosial budaya dapat terjadi secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Perubahan yang cepat tersebut disebut revolusi. Dalam perubahan ini dapat direncanakan terlebih dahulu atau tanpa direncanakan dan dijalankan dengan kekerasan atau tanpa kekerasan.


Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya dapat pula berlangsung secara lambat yang memerlukan waktu lama. Perubahan ini biasanya merupakan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Dalam hal ini masyarakat hanya berusaha menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, kondisi yang ditimbulkan sejalan dengan pertumbuhan masyarakat.

Artikel Lainnya : Stratifikasi dan Diferensiasi Sosial


Wujud Perubahan Sosial

Apakah wujud dari perubahan sosial budaya itu? Wujud dari perubahan sosial budaya ada yang membawa kemajuan dan ada yang membawa kemunduran. Perubahan sosial yang menuju ke arah kemajuan (progress) berarti perubahan yang dikehendaki dan dapat menguntungkan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Contoh: dalam penggunaan computer dan jaringan internet, manusia dapat memperoleh informasi / pengetahuan yang luas dengan cepat.

Perubahan sosial budaya dapat pula menimbulkan kemunduran (regress) yaitu perubahan sosial yang tidak dikehendaki dan dapat merugikan kehidupan masyarakat.

Contoh : perumahan kumuh berada di tengah kota besar.


Pengaruh Kebudayaan

Pengaruh Perubahan Besar dalam Kebudayaan

Apa pengaruh perubahan sosial budaya itu? Pengaruhnya ada yang besar dan ada pula yang kecil. Perubahan besar adalah suatu perubahan yang berpengaruh terhadap masyarakat sehingga terjadi perubahan pada sistem sosial budaya, yaitu terjadinya perubahan pola berpikir struktur masyarakat, sistem hubungan kerja, sistem mata pencaharian dan stratifikasi sosial sebagai akibat dari pengaruh industrialisasi.


Pengaruh Perubahan Kecil dalam Kebudayaan

Perubahan yang kecil pengaruhnya adalah perubahan yang terjadi pada bagian kecil dari satu unsur budaya yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi seseorang atau masyarakat. Misal perubahan mode pakaian dan rambut merupakan bagian kecil dari unsur kesenian yang kurang berarti bagi aspek-aspek kehidupan secara menyeluruh dalam masyarakat.

Artikel Lainnya : Sebab Terjadinya Inflasi


Penerimaan Perubahan Kebudayaan

Penerimaan Kebudayaan Yang Dikehendaki

Bagaimana sikap masyarakat menghadapi kebudayaan? Ada yang dihendaki dan ada pula yang tidak dikehendaki. Perubahan yang dikehendaki merupakan perubahan yang diperlukan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan di masyarakat.

Misalnya pembangunan rumah sederhana yang harganya relatif murah terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah.


Penerimaan Kebudayaan Yang Tidak Dikehendaki

Perubahan yang tidak dikehendaki yaitu perubahan yang terjadi tanpa sengaja atau tidak diinginkan oleh pihak-pihak yang mengadakan perubahan. Misalnya akibat urbanisasi dapat menimbulkan masalah perumahan di perkotaan dan menimbulkan perumahan kumuh yang akhirnya menimbulkan banjir.


Perubahan Yang Direncanakan

Perubahan yang direncanakan yaitu perubahan yang sebelumnya telah diprogramkan oleh masyarakat atau pemerintah, misalnya:

  • Pembangunan daerah Nangro Aceh Darussalam (NAD) pasca badai Tsunami
  • Pembangunan jalan dan jembatan di perkotaan

Artikel Lainnya : Unsur Unsur Pajak


Perubahan Yang Tidak Direncanakan

Perubahan yang tidak direncanakan yaitu perubahan yang tidak dikehendaki, berlangsung di luar perkiraan atau jangkauan manusia sehingga dapat menimbulkan akibat yang tidak dikehendaki, misalnya badai tsunami ( 26 Desember 2004).

Artikel Lainnya : Jenis dan Produk Bank


Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya

Tahukah Anda apa faktor pendorong perubahan sosial budaya ?

  • Ketidakpuasan terhadap kondisi yang ada.
  • Penemuan baru (discovery dan invention).
  • Sikap terbuka terhadap perubahan.
  • Perubahan standar hidup.

Faktor Penghambat Perubahan Sosial

  1. Alasan ideologi dan agama
  2. Sikap tertutup terhadap perubahan
  3. Tingkat pendidikan yang rendah pada masyarakat
  4. Struktur sosial

Artikel Lainnya : Dampak Pembangunan Ekonomi


Dampak

Dekadensi Moral

Dekadensi moral adalah menurun atau merosotnya moral seseorang yang ditunjukkan dari prilakunya yang bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Biasanya prilaku orang tersebut merugikan bagi dirinya dan orang lain.


Kriminalitas

Donald R. Gressey berpendapat bahwa kriminalitas adalah suatu kondisi dan proses sosial yang menghasilkan prilaku lain. Kriminalitas merupakan tindakan yang melanggar norma hukum dan menyakitkan orang lain secara langsung.

Contoh: pencurian, perampokan.

Aksi Protes dan Demonstrasi

Demonstrasi adalah kegiatan dari sejumlah orang dengan menggunakan kekerasan, atau mengorganisir diri untuk melakukan protes terhadap suatu rezim pemerintah/pemimpin.


Aksi protes merupakan gerakan atau tindakan yang dilakukan secara perorangan atau untuk menyampaikan pernyataan tidak setuju yang oleh sebagian besar orang dilancarkan melalui kecaman pedas.

Artikel Lainnya : Pengertian Uang Menurut Para Ahli


Konsumerisme

Konsumerisme adalah pandangan yang diikuti dengan tindakan atau perbuatan penggunaan barang secara berlebihan.


Demikian penjelasan dari kami tentang Perubahan Sosial Budaya Secara lengkap dan jelas, jangan lupa di share ya sobat, terima kasih