Jenis dan Produk Bank

Diposting pada

Murid.Co.Id siapa yang tidak mengenak Bank dalam kesempatan kali ini  kami akan membahas tentang Jenis dan Produk Bank : Perbankan, Lembaga dan Produk secara lengkap dan jelas, untuk lebih jelasnya mari simak artikel kami di bawah ini, semoga bermanfaat.

Jenis dan Produk Bank Perbankan, Pengertian menurut Para Ahli
Jenis dan Produk Bank Perbankan, Pengertian menurut Para Ahli

Perbankan Adalah

Peranan bank dewasa ini dalam bidang perekonomian sudah tidak diragukan lagi. Apabila terjadi gangguan pada sistem perbankan, maka mekanisme perekonomian negara akan terganggu juga. Hal ini dibuktikan, begitu besarnya peran perbankan dalam menggerakkan perekonomian negara beberapa tahun terakhir ini, dimana pemerintah harus mengeluarkan uang triliunan rupiah untuk memperbaiki sistem perbankan yang porak poranda.


Pengertian Bank

Bank berasal dari bahasa YUNANI, yaitu BANCO. Yang artinya: Bangku atau Meja. Dan untuk pertama kalinya bank adalah tempat untuk menukarkan uang.


Kemudian fungsinya berkembang, selain tempat menukarkan uang, bank juga sebagai tempat penitipan uang. Sebagai bukti bahwa seseorang telah menitipkan uang adalah dengan diberikan GOLD SMITH NATES (sama seperti uang giral).


Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Prof. G.M. Verryn Stuart

Prof. G.M. Verryn Stuart, Bank adalah suatu badan yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan kredit, baik dengan alat-alat pembayaran sendiri atau dengan uang yang diperolehnya dari orang lain, dan mengedarkan alat penukar berupa uang kertas dan uang giral.


A. Abdurrachman

A. Abdurrachman dalam Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan, Bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberi pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat menyimpan benda-benda berharga, pembiayaan usaha perusahaan, dan lain-lain.


Undang-Undang Perbankan No.7 tahun 1992 dan Undang-Undang Perbankan No.10 tahun 1998 tentang perubahan atas UU No.7 tahun 1992 tentang Perbankan dijelaskan, Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.


Uang Kertas

Uang Kertas yang beredar saat sekarang disebut uang kepercayaan (uang fiduciair). Uang Kertas terdiri atas Uang Kertas Bank (dicetak dan dikeluarkan oleh bank sirkulasi) dan Uang Kertas Pemerintah (dicetak dan dikeluarkan oleh pemerintah).


Uang Giral

Uang Giral disebut sebagai bank deposit money. Uang Giral tidak berwujud, dan merupakan saldo rekening bank (tagihan) disuatu bank yang dapat diambil dengan cek, giro atau perintah pembayaran.


Jenis dan Bentuk Bank

Bank dapat dibedakan berdasarkan jenis kegiatan, bentuk badan hukum dan kepemilikan.

Jenis dan Bentuk Bank
Jenis dan Bentuk Bank

Bank Sentral

Bank Sentral merupakan lembaga Negara yang bersifat independen, bebas dari campur tangan pemerintah dan pihak lain, kecuali dalam hubungan yang diatur dalam UU.


Bank Umum

Bank Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha menghimpun dana dan memberikan pinjaman, dan sebagai lalu lintas pembayaran kepada masyarakat.


BPR

BPR adalah bank yang menerima simpanan dari masyarakat hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, dan memberi pinjaman kepada masyarakat.


Produk Perbankan

Kredit Pasif

Kredit Pasif adalah bank menerima simpanan dari masyarakat pemilik dana, diantaranya: Demand deposit (giro), dibukukan oleh bank dalam bentuk rekening koran atas namaperorangan atau perusahaan. Pengambilannya menggunakan Cek atau Bilyet Giro.

  • Time deposit, simpanan di bank yang berjangka waktu (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan).
  • Saving deposit (tabungan), simpanan pada bank yang penarikannya berdasarkan  persyaratan yg telah disepakati.
  • Sertifikat deposito, bukti bahwa nasabah telah mendepositokan uang di bank.
  • Deposit on call, jenis tabungan tetap yang dapat diambil setelah ada pemberitahuan terlebih dahulu dari penabung.
  • Deposit automatic roll over, jenis deposit yang bila uangnya tidak diambil sampai batas waktu jatuh tempo, maka akan di perpanjang dan bunganya langsung dihitung secara otomatis.
  • Aliran dana dari masyarakat yang masuk ke bank disebut kredit pasif. Dan dana yang digunakan masyarakat untuk kegiatan produksi kredit aktif.

Giro Bilyet

Giro Bilyet adalah surat perintah nasabah kepada bank untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening nasabah lain yang ditunjuk.


Kredit Aktif

Kredit Aktif adalah tugas bank memberi kredit kepada masyarakat, melakukan pembelian surat-surat berharga dan penyertaan pada perusahaan-perusahaan. Diantaranya:

  1. Kredit rekening koran (R/K), kredit yang diberi sesuai kebutuhan
  2. Kredit reimburs (letter of credit)
  3. Kredit aksep, diberikan oleh bank dengan cara menandatangani aksep yang ditarik nasabah, setelah itu nasabah dapat menjualnya
  4. Kredit dokumenter, diberikan oleh bank atas jaminan dokumen yang diserahkan nasabah.
  5. Kredit dengan jaminan surat-surat berharga

Lembaga Keuangan Non Bank

Yaitu: semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkannya dalam masyarakat, guna membiayai investasi perusahaan.

  • PT. Perum Pegadaian (Persero)
  • Koperasi kredit
  • Leasing (sewa guna usaha)

Leasing adalah setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.


Kredit Bank

  1. Kredit berasal dari bahasa Yunani, CREDERE artinya percaya.
  2. Rolling G. Thomas, kredit adalah kepercayaan atas kemampuan si peminjam untuk membayar sejumlah uang pada masa yang akan datang.
  3. Amir R. Batubara, kredit adalah pemberian prestasi yang kontra prestasinya akan terjadi sejumlah uang pada masa yang akan datang.
  4. UU No. 7 th 1992 Pokok-Pokok Perbankan, kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu.

Syarat Kredit Prinsip 5C

  • Karakter (character), berhubungan dengan kebiasaan, kejujuran, kepribadian, cara hidup dan keadaan keluarga
  • Kemampuan (capability), berhubungan dengan kemampuan, kepandaian, keahlian pemohon kredit untuk mengelola usahanya
  • Modal (capital), penerima kredit harus memiliki modal sendiri, pinjaman hanya sebagai pendorong perkembangan usahanya
  • Jaminan (colleteral), peminjam harus memberikan jaminan untuk mendapat kredit, bisa berupa tanah, rumah atau surat berharga
  • Kondisi ekonomi (condition of economic), keadaan ekonomi yang sedang berlangsung dan ramalan ekonomi pada masa yang akan datang

Syarat Kredit Prinsip 5P

  1. Porty, mengelompokkan calon debitur menjadi beberapa kelompok
  2. Purpose, meneliti kelayakan rencana penggunaan kredit
  3. Payment, meneliti apakah kreditnya dapat kembali
  4. Profitability, menyangkut kemampuan calon debitur dalam memperoleh laba perusahaannya
  5. Protection, menjaga tingkat keamanan pemberian kredit

Syarat kredit prinsip 3R

  • Returns, kemampuan keberhasilan dari kredit yang diberikan
  • Repayment, kemampuan pembayaran kembali kredit yang dipinjam
  • Risk, kemampuan peminjam dalam menanggung resiko ketidakmampuan mengembalikan kreditnya

Demikian penjelasan dari kami tentang Jenis dan Produk Bank : Perbankan, Lembaga dan Produk Secara lengkap, semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya sobat terima kasih