Peranan dan Struktur Basidiomycota

Pengertian Basidiomycota

Jamur basidiomycotina adalah kelompok jamur dengan jumlah sekitar sekitar 25 ribu spesies yang sudah diidentifikasi. Nama Basidiomycota berasal dari kata basidium, yaitu suatu tahapan diploid dalam daur hidup Basidiomycota yang berbentuk seperti gada. Pada umumnya jamur ini merupakan saproba yang penting. Aktivitasnya adalah menguraikan polimr lignn pada kayu dan berbagai bagian tumbuhan yang lain.


Jika kamu menjumpai orang memanfaatkan jamur sebagai bahan makanan maka yang dimaksud adalah “mushroom” atau jamur kelenthos (puffball). Keduanya termasuk Basidiomycota yang sangat populer, di samping beberapa jenis jamur lain yang biasa dimasak sebagai bahan makanan.


Divisi Basidiomycotina

Kelompok jamur ini dikenal karena tubuh buahnya tampak jelas di permukaan tanah atau substrat lainnya. Kelompok jamur ini memiliki hifa yang bersekat-sekat. Divisi Basidiomycotina adalah takson dari Kingdom Fungi yang memproduksi spora dalam bentuk kubus yang disebutbasidium.

Artikel Lainnya : √  Klasifikasi Annelida Secara Lengkap


Klasifikasi Basidiomycota

Filum basidiomycota dibagi ke dalam tiga kelompok utama, yaitu :

  • Urediniomycetes,
  • Hymenomycetes, dan
  • Ustilaginomycetes (Sjamsuridzal, 2001).

Jamur Basidiomycota dibagi menjadi Homobasidimycotina (jamur yang sebenarnya); dan Heterobasidiomycetes. Sedangkan Homobasidimycotina dibagi menjadi 3 subclas yaitu :

Artikel Lainnya : √  Sistem Pernapasan Manusia Lengkap


Hymenomycetes

Merupakan kelas terbesar dari Basidiomycota. Menghasilkan spora pada permukaan terbuka – melepaskan spora secara bertahap melalui struktur seperti pori-pori atau insang. Orders: Agaricales, Aphyllophorales (3 contoh)


Gasteromycetes

Menghasilkan spora pada permukaan tersembunyi, spora dilepaskan sesaat setelah penutupnya pecah. jamur ini menghasilkan basidiospores dalam basidiomata mereka, di mana spora benar-benar tertutup atau setidaknya merupakan bagian dari perkembangan mereka. Morfologi gasteroid basidioma telah berevolusi beberapa kali dalam basidiomycetes.

Contohnya puffball dan earthstar Orde Lycoperdales dan dua stinkhorns dari Orde Phalales.


Heterobasidiomcetae

Menghasilkan spora di ujung benang mencolok. Mekanisme perkembangan jamur terus berlanjut untuk menjamin pembebasan spora yang efisien. Contohnya meliputi jeli jamur (digambarkan), rusts, Smuts.

Beberapa contoh spesies dari Divisi Basidiomycota, antara lain:

  1. Puccinia Graminis
  2. Jamur Merang (Volcariella Volvacea)
  3. Ustilago maydis
  4. Jamur Kuping
  5. Amanita Muscaria

Artikel Lainnya : √  Piramida dan Ruang Lingkup Ekologi


Devisi Basidiomycota

Ciri Devisi Basidiomycota

  • jamur merang (Volvariella volvaceae)
  • jamur shitake (Lentinulla edodes) yang dapat dimakan
  • jamur Amanita muscaria yang dapat menyebabkan halusinasi jika dimakan

Basidiomycota Sering Direpresentasikan

Basidiomycota sering direpresentasikan dengan jamur makroskopis yang biasa disebut mushroom. Umumnya tubuh buahnya tampak jelas di permukaan tanah atau substrat lainnya dan tubuh buahnya ini dapat dimakan dan bernilai gizi tinggi.


Ada pula Basidiomycota yang mikroskopis yang sering disebut jamur karat. Jamur mikroskopis ini sering bersifat parasit dan menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan dan dapat pula membusukkan bahan organik. Basidiomycota memiliki ciri khas yaitu memiliki “basidium” yang berbentuk mirip gada dan menyebabkan jamur ini dikenal dengan nama umum jamur gada (kelompok fungi) yang memiliki anggota sekitar 25.000 spesies.

Artikel Lainnya : √  Alga Cyanophyta (Hijau – Biru)


Ciri – ciri Basidiomycota

  1. Anggotanya kebanyakan makroskopis.

  2. Hyfanya bersekat.

  3. Memiliki tubuh buah (basidiokarp) berbentuk panjang, lembaran-lembaran yang berliku-liku atau bulat.

  4. Hidupnya saprofit, parasit dan simbiosis mutualisme.

  5. Perkembangbiakan secara aseksual (vegetatif) biasa dilakukan dengan konidium, pertunasan dan fragmentasi miselium dan secara seksual dengan basidiospora yang dibentuk oleh basidium.

  6. Miselia dikariotik berumur panjang.

  7. Memiliki tahapan diploid sementara.

  8. Habitat jamur yang saprofit pada sisa-sisa mahluk hidup misalnya serasah daun di tanah, merang padi dan batang pohon yang mati.

    Sedangkan yang parasit hidup pada organisme inangnya seperti tumbuhan dan manusia. Jenis lainnya ada yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan membentuk mikoriza

Artikel Lainnya : √  Pengertian Kompetisi dan Predasi Simbiosis


Struktur Basidiomycota

Struktur Basidiomycota
Struktur Basidiomycota

Basidiomycota Adalah

Basidiomycota adalah jamur multiseluler yang hifanya bersekat. Hifa vegetatifnya terdapat dalam substrat, misalnya pada kulit kayu, tanah dan serasah daun. Jalinan hifa generative jamur ini ada yang membentuk tubuh buah ada yang tidak Tubuh buahnya disebut basidokarp.

Artikel Lainnya : √  Struktur dan Klasifikasi Bakteri


Basidiokarp Berukuran

Basidiokarp berukuran makroskopis sehingga dapat diamati .bentuknya bermacam – macam, ada yang berbentuk payung, kuping, bulat atau setengah lingkaran.


  • Basidiokarp ada yang bertangkai da nada yang tidak.
  • Pada bagian bawah tudung basidiokarp terdapat lembaran – lembaran.
  • Pada lembaran ini banyak terdapat basidium yang akan mengahasilkan spora basidium ( spora generative / basidiospora ).

Artikel Lainnya : √  Alga Chrysophyta (Alga Keemasan)


Terdiri atas beberapa Basidiomycota diantaranya :

  1. tudung (pileus)
  2. stipe (tangkai)
  3. basidium
  4. spora

Habitat

Jamur Basidiomycota umumnya hidup sebagai saprofit pada sisa – sisa mahluk hidup, misalnya serasah daun ditanah, merang padi, atau batang pohon yang mati.Jamur yang parasite hidup pada inangnya, misalnya tumbuhan dan manusia. Jenis lainnya ada yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan membentuk mikoriza.

Artikel Lainnya : √  Jaringan pada Hewan


Reproduksi

Reproduksi basidiomycota terjadi secara aseksual dan seksual.Reproduksi aseksual adalah dengan membentuk spora konidia. Reproduksi seksualnya terjadi dengan perkawinan antar hifa yang berbeda jenis menghasilkan spora seksual ( spora generatif ). Yaitu spora basidium ( basidiospora ).


Daur Hidup Basidiomycota

Daur Hidup Basidiomycota
Daur Hidup Basidiomycota

Peranan

Jamur Basidiomycota adalah kelompok jamur dengan jumlah sekitar 25 ribu spesies yang sudah diidentifikasi. Peranan jamur ini secara umum adalah sebagai decomposer sisa-sisa organik.


Basidiomycota saprobik adalah yang paling baik dalam mengurai polimer lignin yang kompleks, suatu komponen kayu yang berlimpah. Tetapi ada juga yang menjadi parasit pada kayu pohon yang lemah.


Selain itu ada juga yang bersimbion membentuk mikoriza dengan akar tanaman tinggi sehingga membantu kesuburan tanaman tinggi tersebut.

Artikel Lainnya : √  Sifat dan Struktur Karbohidrat


Peranan Basidiomycota yang Menguntungkan

Sebagai Bahan Makanan :

  • Jamur kuping (Auricularia polytricha)
  • Jamur merang (Volvariella volvacea)
  • Shitake (Lentinulla edodes)
  • Jamur tiram ( Pleurotus )
  • Jamur klentos (Lycoperdon pretense)

Sebagai Obat atau Makanan Suplemen

Jamur kayu (Ganoderma apllanatum)


Sebagai Simbion dengan Tanaman Tinggi

  1. Membentuk mikoriza yang membantu pertumbuhan tanaman dan meningkatkan unsur hara
  2. Meningkatkan ketersediaan air
  3. Melindungi dari infeksi organisme yang pathogen dan membentuk hormon pertumbuhan tanaman seperti auksin, sitokinin, dan giberelin

Simbiosis Antara Jamur dengan Tanaman Tinggi

  • Tanaman tinggi dari kelompok Gymnospermae :
  • Famili Pinaceae dan Famili Cupressaceae
  • Tanaman tinggi dari kelompok Angiospermae :
  • Famili Salicaceae, Famili Sapindaceae, Famili Fagaceae dan Famili Solanaceae.

Dari kelompok jamur Basidiomycota

  1. Pisolithus sp.
  2. Rhizopogon sp.
  3. Scleroderma sp.

Artikel Lainnya : √  Ciri Phaeophyta (Alga Coklat)


Peranan Basidiomycota yang Merugikan

Basidiomycota yang merugikan di antaranya sebagai berikut :

  • Jamur karat ( Puccinia graminis) merupakan parasit pada daun tanaman pertanian dari tanaman famili Graminae misalnya jagung dan gandum

  • Puchinia arachidis, parasit pada tanaman kacang tanah.

  • Ustilago maydis, parasit pada jagung Amanita ocreata dan Amanita phalloides, beracun dan mematikan jika di makan

  • Amanirta muscaria dapat menyebabkan halusinasi jika dimakan. Jamur ini mempunyai tubuh buah yang sulit di bedakan antara yang beracun dan yang tidak beracun.

  • Ustilago sp. (jamur api) yang menyerang ujung batang tebu memiliki spora bulat berwarna merah tua seperti api.

  • Puccinia sp. (jamur karat) miseliumnya masuk kedalam sel-sel daun yang di serangnya dan di atas daun terdapat kelompok spora yang berwarna merah kekuning-kuningan seperti karat.

Demikian materi dari kami tentang Klasifikasi, Peranan dan Struktur Basidiomycota Secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat jangan lupa di share ya sobat Murid.Co.Id