Memahami Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

Diposting pada

Memahami Struktur dan Kaidah Eksposisi

Pada modul ini Anda akan mempelajari hal yang berkaitan dengan struktur dan ciri bahasa teks eksposisi. Apakah Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan struktur dan ciri bahasa teks eksposisi? Untuk memahami hal tersebut, bacalah dengan cermat teks eksposisi berikut!

Artikel Lainnya : Paragraf Argumentatif : Pengertian, Ciri, Topik Berserta Contohnya


Study Kasus

Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman dan Inggris

  1. Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9 – 14 Oktober 2012 lalu.

    Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.


  2. Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka ini adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India.

    Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.


  3. Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011.

    Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia.


  4. Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

    Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa side meeting sidang IMF yang sempat saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia.


  5. Harapan para investor tersebut tentu merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia. Upaya melakukan pendalaman pasar keuangan (financial deepening) menjadi penting dalam memberikan ragam pilihan investasi bagi para investor.

    Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.


  6. Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3.600 dolar AS.

    Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga 7 persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah mencapai 170 juta orang.


  7. Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu kembali mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini.

  8. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua saat ini.

Sudahkah Anda memahami struktur dan ciri bahasa teks eksposisi tersebut? Jika belum paham, coba ulangi lagi membacanya. Kalau sudah, coba Anda jelaskan bagaimana struktur dan ciri bahasa teks eksposisi tersebut! Untuk mengetahui jawaban Anda benar atau salah, coba cocokkan dengan penjelasan berikut.

Artikel Lainnya :  Frasa Ajektif Dalam Paragraf Deskriptif : Jenis, Ciri, dan Pengertian

Ciri dan Struktur Teks Eksposisi
Ciri dan Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) struktur adalah susunan, bangunan, atau hal yang disusun berdasarkan pola tertentu. Sedangkan, struktur yang berhubungan dengan organisme karangan yaitu rangka organisasi karangan yang isinya memperlihatkan susunan dan hubungan setiap hal yang akan menjadi tema dan pembahasan karangan itu.


Dengan demikian, setiap jenis teks akan dibangun atau disusun dengan struktur yang berbeda. Setelah Anda membaca dengan cermat teks eksposisi tersebut, Anda akan menemukan struktur teks tersebut.


Teks eksposisi yang telah Anda baca dimulai dengan pernyataan pendapat atau tesis, kemudian dilanjutkan dengan beberapa argumentasi yang mendukung pendapat tersebut, dan diakhiri dengan penegasan ulang pendapat.

Artikel Lainnya :  Dialog Interaktif Lengkap (Unsur, Ciri, Tujuan dan Contohnya)


Tahap Pernyataan Pendapat

Tahap pernyataan pendapat/ tesis dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) diartikan pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan.


Jadi, pernyataan pendapat atau tesis merupakan pembuka sebagai pengantar teks eksposisi yang berisi pernyataan pendapat yang didukung oleh argumen-argumen.


Tahap Selanjutnya

Tahap selanjutnya adalah argumentasi-argumentasi yang mendukung pendapat tersebut. Kata argumentasi dalam KBBI diartikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan.


Tahap Terakhir

Tahap terakhir adalah penegasan ulang pendapat. Pada bagian in diungkapkan kembali pendapat penulis agar lebih jelas lagi.


Setelah Anda baca teks eksposisi Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman Dan Inggris memiliki struktur sebagai berikut:


Pernyataan Pendapat /Tesis

Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/ World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9 – 14 Oktober 2012 lalu.


Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.


Argumentasi

Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka itu adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India.


Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.


Argumentasi

Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011.


Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030, hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia.


Argumentasi

Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanyaberupa ekspor yang didukung oleh kekuatantenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadimotor penggerak ekonomi nasional.


Melihat potensiyang sedemikian besar, dalam beberapa side meeting sidang IMF yang sempat saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia.


Argumentasi

Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3600 dolar AS.


Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga 7 persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah mencapai 170 juta orang.


Penegasan Ulang Pendapat

Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu kembali mengingatkan kita tentang

besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini.

Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua saat ini.


Perhatikan bagian-bagian yang tercetak tebal atau huruf miring. Kalimat-kalimat yang tercetak tebal atau miring itu merupakan tesis (kolom petama), argumentasi (kolom ke-2 – ke-5), dan penegasan ulang pendapat (kolom ke-6).

Setelah Anda mencocokkan jawaban Anda dengan penjelasan tersebut, apakah jawaban Anda sudah benar? Kalau benar, berarti Anda sudah memahami struktur teks eksposisi. Jika masih salah, coba Anda pelajari kembali, sebelum melangkah pada materi selanjutnya.

Artikel Lainnya :  Paragraf Naratif : Topik, Contoh Serta Cara Menulisnya


Ciri Bahasa Teks Eksposisi

Tahukah Anda kaidah atau cirri bahasa teks eksposisi? Coba Anda jelaskan kaidah atau ciri bahasa teks eksposisi! Jika belum jelas, bacalah teks eksposisi “Integrasi Asean Dalam Plurilingualismea dengan cermat! Kemudian amati ciri bahasa yang digunakan dalam teks tersebut. Setelah itu, bandingkan pendapat Anda dengan penjelasan berikut.

Artikel Lainnya : Sejarah Bahasa Indonesia : Perkembangan dan Kedudukannya


 Integrasi Asean Dalam Plurilingualisme

  1. Bangsa-bangsa Asia Tenggara segera berintegrasi. Organisasi Association of Southeast Asian Nations (Asean) telah merancang bentuk komunitas sosial budaya.

    Komunitas Asean mulai berlaku pada tahun 2015. Warga komunitas, termasuk kita semua sebagai rakyat Indonesia akan dituntut plurilingual untuk memiliki kompetensi berbahasa negara lain.


  2. Komunitas sosial budaya Asean dibentuk dengan semangat persatuan dalam keanekaragaman. Pada kenyataannya, semangat Komunitas Asean sama dengan masyarakat Uni Eropa (Europeans United in Diversity).

    Di Uni Eropa untuk memasuki pintu gerbang budaya setiap negara, semua orang tentu telah mengenal kebijakan Europass Language Passport yang dikeluarkan oleh the Council of Europe dengan dokumen teknis Common European Framework of Reference (CEFR) for Languages.


    Kebijakan bahasa itu mendorong warga masyarakat Uni Eropa menjadi plurilingual sehingga semua bahasa Eropa dapat duduk pada posisi yang sama, misalnya di parlemen Uni Eropa.


  3. Lebih lanjut, keanekaragaman bahasa Eropa dikelola dalam satu model kompetensi berbahasa Eropa. Model CEFR itu ditetapkan berisi enam peringkat kompetensi, yaitu A1, A2, B1, B2, C1, dan C2.

    Europass Language Passport sudah menetapkan C2 sebagai peringkat tertinggi dan A1 terendah. Menurut pengalaman seorang warga Uni Eropa, sebagai contoh penerapan kebijakan ini, siapa pun yang berasal dari luar Jerman (bukan warga negara Jerman)–ketika hendak menikah dengan pasangannya di negara ini–wajib memiliki paspor bahasa Jerman dengan lulus uji bahasa Jerman sekurang- kurangnya peringkat kompetensi A1.


  4. Jika skema paspor bahasa seperti yang berlaku di Uni Eropa itu diadopsi oleh bangsa-bangsa Asia Tenggara dalam kerangka Komunitas Asean, yakinlah kebijakan bahasa ini akan multiguna.

    Selain berguna untuk penghormatan atas adanya perbedaan bahasa kebangsaan negara anggota Asean, sebagaimana disebutkan dalam Cetak Biru Komunitas Sosial Budaya Asean, kebijakan ini juga memberikan kegunaan praktis bagi rakyat Asean untuk saling berkomunikasi sesuai dengan latar bahasa dan budaya setiap warga Asean.


  5. Sebagai organisasi yang berbasis kerakyatan (people-centered organization), Asean tentu tidak boleh bermain pukul rata agar semua rakyat Asean saling berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Apabila Komunitas Asean dibentuk tanpa kebijakan plurilingualisme, agaknya rakyat Indonesia pun akan sulit bernasib mujur.

    Jika penghuni kawasan Asean dituntut hanya berbahasa Inggris, saya percaya bahwa posisi bahasa Indonesia akan bergeser di negeri kita sendiri. Ketika itu, bangsa Indonesia bukanlah pemenang, melainkan pecundang!


(Diadaptasi dari artikel pendapat yang ditulis oleh Maryanto, pemerhati politik bahasa,  di Koran Tempo, 13 Desember 2010).

Artikel Lainnya : Hipotesis : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cirinya


Ciri Bahasa Teks Eksposisi

Setelah kita amati ciri bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan pronomina, yaitu kata yang dipakai untuk mengganti orang atau benda, seperti saya, aku, kita, kami, dan lain-lain. Pronomina ini terutama digunakan dalam bagian pernyataan pendapat atau tesis dan penegasan ulang pendapat.

  • Menggunakan nomina adalah kelas kata yang dalam bahasa Indonesia ditandai oleh tidak dapatnya  bergabung dengan kata tidak. Misalnya, komunitas, rakyat, negara, dan lain-lain.

  • Menggunakan verba yaitu kata kerja yang menggambarkan proses atau perbuatan. Misalnya, dituntut, dibentuk (verba pasif), mendorong, menetapkan (verba aktif), dan lain-lain.

  • Menggunakan adjektiva yaitu kata yang menerangkan kata benda dan dapat melekat pada kata sangat, sekali. Misalnya, optimistis, potensial, yakin, dan lain-lain.

  • Menggunakan adverbia, yaitu kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva. Misalnya, tidak berpotensi, sangat optimistis, yakin sekali.

Pengertian Menginterpretasi Makna Kata/Istilah

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata interpretasi artinya pemberian kesan, pendapat, atau pandangan; tafsiran; sedangkan kata menginterpretasi artinya menafsirkan. Jadi, yang dimaksud dengan menginterpretasikan makna kata/istilah dalam teks eksposisi adalah menafsirkan arti kata/istilah yang terdapat dalam teks eksposisi.


Istilah menurut KBBI artinya kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas di bidang tertentu.

Artikel Lainnya : Hikayat, Unsur, Ciri, Contoh dan Karakteristiknya


Contoh Kutipan Teks Eksposisi

Sebagai contoh, bacalah kutipan teks eksposisi berikut dengan cermat!

Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.


Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa side meeting sidang IMF yang sempat saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia.


Kata-kata yang tercetak miring dalam kutipan teks tersebut merupakan istilah ekonomi yang memiliki makna tertentu.


Makna Istilah Tersebut Sebagai Berikut

  1. Ekspor : pengiriman barang dagangan ke luar negeri
  2. Komoditas : barang dagangan utama,
  3. Konsumsi : pemakaian barang hasil produksi; barang-barang yang langsung memenuhi keperluan hidup kita
  4. Domestik: berhubungan dengan atau mengenai permasalahan dalam negeri
  5. Investor: orang yang menanamkan uangnya dalam perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan
  6. Investasi : penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan

Artikel Lainnya : Contoh Paragraf Persuasif


Pertanyaan Yang Sesuai Dengan Isi Teks

Pernah Anda merasa kesulitan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks yang telah Anda baca? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan benar perhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Bacalah teks dengan penuh konsentrasi.
  2. Sambil membaca tandailah atau garis bawahi pokok-pokok pikiran/ide pokok dan pikiran-pikiran penjelas pada setiap paragraf.
  3. Catatlah pokok-pokok piran dan pikiran-pikiran penjelas tersebut secara sistematis dan runtut
  4. Buatlah rangkuman isi teks tersebut berdasarkan catatan tersebut sehingga menjadi sebuah paragraf yang mencerminkan keseluruhan isi teks yang Anda baca.

Untuk lebih jelas, bacalah kembali teks eksposisiEkonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggrisdengan cermat! Kemudian, catatlah pikiran-pikiran pokok dan pikiran penjelas pada setiap paragraf.


Setelah itu, jawablah pertanyaan di bawah ini dan rangkumlah menjadi satu paragraf berdasarkan catatan tersebut. Kalau sudah selesai, bandingkan dengan jawaban yang tersedia.

Artikel Lainnya : Paragraf Narasi


Fungsi Teks Eksposisi

  • Teks eksposisi sangat bermanfaat untuk penulisan di koran dan petunjuk penulisan
  • Memberi tahu pembaca yang sedang diamati penulis dengan menyatakan pernyataan-pernyataan umum tentang masalah atau suatu hal.(memaparkan dan menguraikan sebuah masalah)
  • Untuk menjelaskan atau pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat.

Artikel Lainnya : Pengertian, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran


Rangkuman Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi dimulai dengan pernyataan pendapat atau tesis yaitu sebagai pengantar dalam teks tersebut.  Tahap selanjutnya adalah argumentasi-argumentasi  yang mendukung pendapat tersebut. Tahap terakhir adalah penegasan ulang pendapat. Pada bagian in diungkapkan kembali pendapat penulis agar lebih jelas lagi.


Ciri Bahasa Teks Eksposisi

Teks eksposisi menggunakan kaidah bahasa sebagai berikut.

  1. Menggunakan pronomina, yaitu kata yang dipakai untuk mengganti orang atau benda, sepert saya, aku, kita, kami, dan lain-lain.
  2. Menggunakan nomina adalah kelas kata benda. Misalnya, komunitas, rakyat, negara, dan lain-lain.
  3. Menggunakan verba yaitu kelas kata kerja (verba pasif, verba aktif). Misalnya, dituntut, dibentuk (verba pasif), mendorong, menetapkan (verba aktif), dan lain-lain.
  4. Menggunakan adjektiva yaitu kata sifat yang dapat melekat pada kata sangat, sekali. Misalnya, optimistis, potensial, yakin, dan lain-lain.
  5. Menggunakan adverbia, yaitu kata yang memberikan keterangan pada verba, adjektiva. Misalnya, tidak berpotensi, sangat optimistis, yakin sekali.
  6. Konjungsi (kata penghubung), misalnya: pada kenyataannya, kemudian, lebih lanjut.

Menginterpretasikan Makna Kata/Istilah

Yang dimaksud dengan menginterpretasikan makna kata/istilah dalam teks eksposisi adalah menafsirkan arti kata/istilah yang terdapat dalam teks eksposisi.


Misalnya, ekspor (pengiriman barang dagangan ke luar negeri), komoditas (barang dagangan utama, konsumsi (pemakaian barang hasil produksi; barang-barang yang langsung memenuhi keperluan hidup kita).


Cara menjawab pertanyaan adalah membaca teks dengan cermat,  kemudian jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan isi teks yang Anda baca.


  • Struktur teks eksposisi dimulai dengan mengetengahkan pernyataan pendapat/tesis, kemudian dilanjutkan tengan argument-argumen, dan diakhiri dengan penegasan ulang pendapat.
  • Ciri bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi adalah pronominal (kata ganti orang), nomina (kata benda), verba (kata kerja), adjektiva (kata sifat), adverbial (kata keterangan), dan konjungsi (kata penghubung).
  • Menginterpretasikan makna kata/istilah dalam teks eksposisi adalah menafsirkan arti kata/istilah yang terdapat dalam teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi:


Anomali Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Tesis:

Di tengah kondisi perekonomian global yang dilanda krisis, catatan pertumbuhan ekonomi Indonesia memperlihatkan hasil positif. Pada triwulan kedua tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, ekonomi Indonesia tumbuh sekitar 6,4 persen.


Pertumbuhan ini tetap masih terpusat di Pulau Jawa dengan pertumbuhan sebesar 57,5 persen. Jika di akumulasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester 1 tahun 2012 lebih baik dibandingkan dengan semester tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3 persen.


Argumentasi:

Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap mengalami anomali. Hal ini diungkapkan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Beliau beralasan, pertumbuhan ekonomi ini tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Lebih lanjut daeng menjelaskan, sekurang-kurangnya ada empat faktor yang membuat ekonomi Indonesia mengalami anomali.


Pertama, perekonomian Indonesia banyak digerakkan oleh utang asing yang nilainya terus naik. “Utang Indonesia mencapai Rp. 2.865 triliun. Utang asing pemerintah meningkat setiap tahunnya. Utang ini menjadi sumber penghasilan utama pemerintah dan menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia,” papar Daeng.


Kedua, peningkatan konsumsi masyarakat disinyalir ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Konsumsi masyarakat yang meningkat bersumber dari harga sandang dan pangan yang mengalami kenaikan, serta ditopang oleh pertumbuhan kredit terutama kredit konsumsi.


Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh ekspor bahan mentah, misalnya hasil perkebunan, hutan, migas dan bahan tambang, sehingga kurang menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Faktor terakhir, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh investasi asing yang membuat sumber daya alam Indonesia makin dikuasai asing.


Sementara itu, A Tony Prasetiantono, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, berpendapat, pertumbuhan ekonomi Indonesia didukung oleh sektor domestik. Menurut beliau, efek krisis global melalui defisit neraca perdangan dan penurunan ekspor baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Beliau menganggap kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar.


Senada dengan itu, ekonom Mirza Adityaswara menyampaikan, bahwa sejumlah sector ekonomi dalam negeri tumbuh karena didukung oleh suku bunga rendah. Hal ini tampak dari pertumbuhan kredit yang mencapai 26-28 persen sekaligus didorong oleh harga BBM yang rendah karena masih disubsidi oleh pemerintah.


Lebih lanjut diungkap Mirza, sektor yang berorientasi dalam negeri mengalami pertumbuhan tinggi, seperti otomotif, manufaktur, transportasi, komunikasi, dan perdagangan. Akibatnya, pertumbuhan sektor yang berorientasi dalam negeri mengakibatkan kecenderungan defisit neraca perdagangan yang semakin besar.


Penegasan Ulang:

Menurut Tony, belanja pemerintah yang lebih besar dan cepat juga sangat membantu pertumbuhan. Seiring hal itu, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 persen cukup membantu, meskipun hal tersebut ada efeknya, yaitu nilai subsidi energi yang terus membengkak yang sebetulnya cenderung tidak sehat.

Demikian materi dari kami tentang Teks Eksposisi Ciri, Struktur dan Menginterpretasikan Makna Kata secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Murid.Co.Id