Pengertian, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran

Pengertian, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran

Pengertian, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran

Hallo guys sahabat Murid.Co.Id mungkin anda saat ini ingin mencari referensi tentang apa itu media pembelajaran, manfaat dan tujuannya, mungkin artikel  dari kami ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah anda tersebut menurut kami media pembelajaran merupakan media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud dalam belajar mengajar, untuk lebih jelasnya tentang pengertian media belajar lebih jelasnya simak artikel  selengkapnya.

Menurut Bovee Media merupakan

Menurut Bovee Media merupakan sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan. Media merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berasal dari bahasa latin berarti perantara atau pengantar. Media di jaman sekarang ini termasuk ke dalam perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan

Menurut Dadang

Menurut Dadang media tentu  mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, oleh karena itu saat ini masalah media dibatasi kearah yang relevan dengan masalah pembelajaran saja atau yang dikenal sebagai media pembelajaran. Briggs dalam buku Arief Sadiman yang berjudul Media Pendidikan, menyebutkan bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Sementara itu Gagne berpendapat bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam perangkat lunak yang digunakan oleh guru atau siswa yang dapat digunakan untuk sering berbagi ilmu atau status di dalam aplikasi.

Pengertian, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran
Pengertian, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran

Media pembelajaran secara umum merupakan alat bantu proses dalam belajar mengajar. Media pembelajaran dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan belajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang lebih efektif.

 

Manfaat Media Pembelajaran

  1. Pada dasarnya fungsi manfaat media pembelajaran ialah sebagai sumber belajar. manfaat yang lain merupakan hasil pertimbangan pada kajian ciri-ciri umum yang dimilikinya, bahasa yang dipakai menyampaikan pesan dan dampak atau efek yang ditimbulkannya. Manfat praktis dari penggunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut ini.
  2. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi cepat dan akurat sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
  3. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar dan dapat dilakukan interaksi secara langsung antara siswa dan guru, termasuk orang tua siswa jika sekolah memberi izin untuk dapat memantau aktifitas yang dilakukan oleh anaknya.
  4. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan secara langsung di ruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, atau berbentuk slide.
  5. Objek atau benda yang terlalu kecil yang tidak tampak oleh indera dapat disajikan dengan mikroskop, film, slide, atau gambar. contoh kejadian langka yang terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam puluhan tahun dapat ditampilkan melalui rekaman video, film, foto atau slide disamping secara verbal. Objek atau proses yang amat rumit secara peredaran darah dapat ditampilkan secara kongkret melalui film, gambar berserta penjelasan, slide, atau simulasi di komputer.
  6. Percobaan yang dapat membahayakan dapat disimulasikan dengan media seperti Komputer seperti yang ada di film dan video.
  7. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi lansung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya misalnya melalui karyawisata, yang sekarang biasa di sebut Study Tour
Pengertian, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran
Pengertian, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran

Tujuan Media Pembelajaran

Sobat Murid.Co.Id Penggunaan media atau alat-alat modern di dalam belajar  bukan bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk menyampaikan informasi dengan cepat, akurat dan membantu para pengajar dalam menyampaikan materi. Dengan menggunakan media diharapkan terjadi interaksi antara guru pengajar  dengan murid secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil baelajar yang sesuai dengan tujuan.

Secara umum tujuan penggunaan media pembelajaran adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan – pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, lebih cepat dan lebih menyenangkan kepada siswa. Sedangkan secara khusus media pembelajaran digunakan dengan tujuan:

Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga minat siswa untuk belajar lebih semangat lagi.

  • Menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dalam bidang teknologi
  • Menciptakan situasi belajar yang tidak mudah dilupakan oleh siswa dan membuat kesan sangat baik
  • Untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif
  • Untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa (Situmorang, 2009)

 

Jenis Jenis Media Pembelajaran

Terdapat beberapa jenis dalam media pembelajaran dari berbagai sumber yang kami kutip diantaranya sebagai berikut.

 

Teks

Merupakan elemen dasar bagi menyampaikan suatu informasi yang mempunyai berbagai jenis dan bentuk tulisan yang berupaya memberi daya tarik dalam penyampaian informasi.

 

Media Audio

Membantu menyampaikan maklumat dengan lebih berkesan. Membantu meningkatkan daya tarikan terhadap sesuatu persembahan. Jenis audio termasuk suara latar, musik, atau rekaman suara dan lainnya.

 

Media Visual

Media yang dapat memberikan rangsangan-rangsangan visual seperti gambar/foto, sketsa, diagram, bagan, grafik, kartun, poster,papan buletin dan lainnya.

 

Media Proyeksi Gerak

Termasuk di dalamnya film gerak, film gelang, program TV, videokaset (CD, VCD, atau DVD).

 

Benda – Benda Tiruan/miniatur

Seperti benda-benda tiga dimensi yang dapat disentuh dan diraba oleh siswa. Media ini dibuat untuk mengatasi keterbatasan baik obyek maupun situasi sehingga proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik.

 

Manusia.

Termasuk di dalamnya guru, siswa, atau pakar ahli di bidang materi tertentu.

 

Pentingnya Pemanfaatan Media Pembelajaran

Adapun pentingnya pengunaan media dalam proses pelatihan belajar menurut Oemar Hamalik diantaranya sebagai berikut:

  • Banyak konsep-konsep dalam bahan pelatihan yang memerlukan kesamaan persepsi bagi para peerta.
  • Dalam bidang-bidang studi yang disampaikan pada pelatihan terdapat proses kerja yang sangat lambat, sehingga sulit dilihat dengan mata dan dapat ditangkap dengan bantuan media pembelajaran.
  • Adapula hal-hal atau kejadian-kejadian yang proses kerjanya sangat cepat sehigga sangat sulit untuk diamati misalnya: proses pembuatan keputusan, sehingga dengan bantuan media pelatihan seperti film strip atau slide.
  • Banyak benda-benda yang terlampau besar sulit dibawa kedalam kelas untuk dipelajari, sehingga dengan bantuan model tiruan barulah benda-benda tersebut dapat dipelajari dengan mudah
  • Banyak hal-hal yang abstrak ternyata sulit diamati dengn penginderaan, misalnya proses berfikir memecahkan
  • Peristiwa masa lampau atau kejadian yang mungkin terjadi pada masa datang sangat sulit diamati.
  • Banyak pula kejadian yang berkenaan dengan masalah manajemen yang lebih mudah dipelajari dengan bantuan

Baca Juga Artikel Lainnya

Send this to a friend