Contoh Paragraf Persuasif

Diposting pada

Sobat  Murid.Co.ID dalam kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang Contoh Paragraf Persuasif : Pengertian, Ciri dan Langkah Menulis, secara lengkap dan jelas dan sangat bisa untuk jadikan anda bahan belajar di rumah anda untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan kita di bawah ini, semoga bermanfaat.

Paragraf Persuasif dan Cirinya
Paragraf Persuasif dan Cirinya

Pengertian Paragraf Persuasif

Pengertian Paragraf Persuasif – Paragraf Persuasif adalah karangan yang bertujuan mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik. Seperti halnya karangan argumentasi, karangan persuasi termasuk jenis tulisan yang dibuat untuk memengaruhi orang (hortatoris).


Dalam argumentasi, pengarang hanya mengharapkan pembaca mengakui pembenaran yang ada dalam paragraf. Sedangkan dalam persuasi, pengarang mengharapkan pembaca mengikuti perbuatan sesuai instruksi yang dianjurkan penulis. Perbedaan karangan hortatoris dengan karangan lainnya adalah adanya unsur opini, data, fakta, dan alasan sebagai penyokong opini tersebut.

Artikel Terkait :  Ciri Paragraf Narasi : Pengertian, Karakter, Serta Contohnya


Pengertian Paragraf Persuasif secara umum

Paragraf persuasi adalah paragraf/karangan yang berisi ajakan. Paragraf persuasi bertujuan untuk membujuk pembaca agar mau melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh penulis. Agar pembaca menjadi terpengaruh, maka penulis harus melampirkan bukti dan data-data pendukung.


Dalam paragraf persuasi, terdapat kata ajakan seperti ayo atau mari. Propaganda yang dilakukan oleh berbagai lembaga, badan, maupun organisasi; iklan yang disampaikan dalam berbagai media untuk menarik perhatian konsumen dan mempromosikan suatu produk adalah contoh dari paragraf persuasi.

Artikel Terkait : Pengertian Hikayat, Unsur, Ciri, Contoh dan Karakteristiknya


Contoh Paragraf Persuasif

Satu hal lagi yang menghambat keselamatan terumbu karang, yaitu lemahnya peraturan perundangan yang diterapkan. Manusia menjadi faktor utama pelaku perusakan terhadap spesial ini. Untuk itu, harus ada tindakan tegas dari aparat terkait dengan memberi hukuman yang berat bagi pelakunya.


Dengan demikian, diharapkan akan menjadi benteng terakhir bagi keselamatan terumbu karang. Adanya sanksi hukum yang berat tentu akan menjadi efek jera. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap penyelamatan terumbu karang juga harus ditumbuhkan.

Artikel Terkait : Frasa Ajektif Dalam Paragraf Deskriptif : Jenis, Ciri, dan Pengertian


Ciri Paragraf Persuasif

  1. Berusaha meyakinkan seseorang atau pembaca;
  2. Berusaha membuat pembaca tergerak untuk melakukan hal yang dihendaki penulis;
  3. Bertujuan membujuk pembaca agar mau berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya;
  4. Harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan fakta;
  5. Biasanya menggunakan pendekatan emotif, yaitu pendekatan yang berusaha membangkitkan dan merangsang emosi pembaca dan pendekatan rasional, yakni dengan menyampaikan fakta-fakta untuk meyakinkan pembaca atau pendengar;
  6. Bentuk persuasif yang dikenal umum: propaganda yang dilakukan berbagai badan, lembaga, atau perorangan; iklan dalam surat kabar untuk mempromosikan barang dagangan, kampanye untuk menarik pemilih sebanyak-banyaknya, dan selebaran-selebaran atau pamflet.

Artikel Terkait : 8 Contoh Paragraf Deduktif


Macam – Macam Topik Paragraf  Persuasif

  • Jauhi Narkotika dan Obat-obat Terlarang
  • Membuang Sampah pada Tempatnya
  • Biasakan Hidup Sehat
  • Mari Menabung

Artikel Terkait : Ciri Jamur : Morfologi, Fisiologi dan Cara Bereproduksi


Langkah – langkah Menulis Paragraf Persuasif

Berikut ini langkah-langkah yang dapat ditempuh bila Anda akan menulis paragraf persuasif.

Menentukan Topik

Topik merupakan pokok pembicaraan atau topik permasalahan. Sebelum menulis sebaiknya Anda menentukan topik. Hal itu dimaksudkan agar tulisan Anda terarah/terfokus dan dapat mempersiapkan bahan atau data yang diperlukan.

Misalnya, topik yang Anda pilih adalah “Menghindari pengaruh buruk narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya”. Penentuan topik tersebut dapat memudahkan Anda untuk merumuskan tujuan dan mengumpulkan bahan/data yang sesuai dengan topik.


Merumuskan Tujuan

Dalam paragraf persuasif, tujuan penulis dapat dikemukakan secara langsung. Misalnya, topik yang dibuat oleh penulis adalah “Menghidari pengaruh buruk narkoba”.

Tujuan penulisan yang dapat dirumuskan adalah meyakinkan pembaca bahwa narkoba merupakan pembunuh berdarah dingin yang secara perlahan membawa pecandunya ke liang lahat.

Artikel Terkait : Siklus Hidup Gymnospermae


Mengumpulkan Bahan

Bahan dapat diperoleh melalui kegiatan pengamatan, wawancara, dan penyebaran angket kepada responden. Pada saat mengumpulkan bahan, Anda dapat membuat catatan, baik kutipan langsung maupun tidak langsung, yang nantinya dapat dijadikan sebagai barang bukti.


Contoh: Peneliti mengungkapkan bahwa sebab-sebab seseorang dapat terjerumus ke dalam dunia narkoba: 45% broken home, 20% frustasi, 17% ingin disebut modern, dan sisanya karena sebab lain (Sukartono, 1987:45).
Data tersebut diperoleh dari buku karangan Sukartono yang diterbitkan pada tahun 1987


Melengkapi Paragraf Persuasif

Kerangka Tulisan Persuasif

Hakikat Narkoba

  1. Pengertian narkoba
  2. Jenis narkoba, bentuk, dan harga
  3. Efek masing-masing jenis narkoba bagi tubuh

Latar Belakang Pecandu Narkoba

  • Frustasi
  • Broken home
  • Ingin disebut modern
  • Sebab-sebab lain

Pengaruh yang Ditimbulkan oleh Narkoba

  1. Pengaruh narkoba terhadap kondisi fisik dan kejiwaan pecandu
  2. Pengaruh narkoba terhadap masa depan pecandu
  3. Pengaruh narkoba terhadap masyarakat

Cara Penanggulangan yang Mungkin Dilakukan

  1. Menghilangkan hal-hal yang menjadi penyebab terjerumusnya seseorang ke dalam dunia narkoba
  2. Meningkatkan kerjasama antara orang tua-guru-kepolisian dalam memberantas narkoba

Demikian Penjelasan dari kami tentang Struktur Contoh Paragraf Persuasif : Pengertian, Ciri dan Langkah Menulis  secara lengkap dan jelas, terima kasih sudah berkungjung di Murid.Co.IDSemoga bermanfaat.