Tabel Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Diposting pada

Halo sahabat Murid.Co.ID kali ini kami akan membahas tentang Perbedaan antara Ekonomi Mikro dan Makro Beserta contohnya. Ekonomi mikro merupakan studi tentang perilaku ekonomi individu, perusahaan, atau rumah tangga tertentu, atau mempelajari tentang unit tertentu.

Disisi lain, Ekonomi makro adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan, maksudnya adalah bukan unit tunggal merujuk pada kombinasi dari semua aspek, baik perusahaan, rumah tangga serta kebijakan yang ada disuatu negara.

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro
Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Ekonomi didefinisikan sebagai studi tentang bagaimana untuk mengubah sumber daya terbatas menjadi produk (barang dan jasa) dan bagaimana mereka mendistribusikannya. Seperti penjelasan diatas ekonomi dibagi menjadi dua bagian besar yaitu ekonomi mikro dan makro.

Artikel Lainnya : Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Proses Sosialisasi


Pengertian Ekonomi Mikro dan Mikro

Ekonomi Mikro

Mikro ekonomi  adalah cabang ilmu ekonomi yang berkonsentrasi pada perilaku dan kinerja unit indiviu, yaitu konsumen, keluarga, industri, dan perusahaan. Dalam hal ini permintaan bertindak sebagai peran kunci dalam menentukan kuantitas dan harga suatu produk bersama dengan harga dan kuantitas barang terkait (barang pelengkap) dan produk pengganti, sehingga dapat membuat keputusan yang bijaksana mengenai alokasi sumber daya yang langka mengenai penggunaan alternatif mereka.

Contoh :

Permintaan Individu, Harga suatu produk, dll.

Artikel Lainnya : Macam – Macam Pencemaran Lingkungan


Ekonomi Makro

Makro ekonomi adalah cabang ekonomi yang berkonsentrasi pada perilaku dan kinerja variabel agregat dan isu-isu yang mempengaruhi seluruh perekonomian.

Hal ini mencakup ekonomi regional, nasional, dan internasional dan mencakup area utama ekonomi seperti pengangguran, kemiskinan, tingkat harga umum, PDB (Produk Domestik Bruto), impor ekspor, pertumbuhan ekonomi, globalisasi, dan kebijkan moneter atau fiskal.

Hal ini dapat membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah ekonomi, dengan demikian memungkinkannya berfungsi secara efisien.

Contoh :

Permintaan agregat, Pendapatan Nasional.

Artikel Lainnya : Pembahasan Globalisasi Secara Lengkap


Tabel Perbandingan

Dasar Perbandingan Ekonomi Mikro Ekonomi Makro
Arti Cabang ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen individu, perusahaan, dan keluarga. Cabang ekonomi yang mempelajari tentang perilaku secara keseluruhan, baik nasional maupun internasional.
Keterlibatan Variabenya ekonomi individu Variabelnya ekonomi Agregat atau keseluruhan
Cakupan Meliputi berbagai masalah seperti, permintaan, penawarn, penentuan harga produk, faktor prouksi, konsumsi, dll Meliputi berbagai masalah pendapatan nasional, tingkat harga umum, distribusi, pekerjaan, peredaran uang, dll.
Pentingnya Bermanfaat sebagai penentu harga suatu produk bersama dengan harga faktor-faktor produksi (tanah, tenaga kerja, modal) dalam perekonomian. Mempertahankan stabilitas di tingkat harga umum dan menyelesaikan masalah utama ekonomi seperti inflansi, deflasi, reflasi, pengangguran, dan kemiskinan secara keseluruhan.
Keterbatasan Didasarkan pada asumsi yang tidak realistis, yaitu dalam ekonomi mikro selalu diasumsikan bahwa ada pekerjaan penuh dalam masyarakat yang sama sekali tidak mungkin. Telah dianalisis bahwa ‘kekeliruan komposi’ yang kadang-kadang tidak terbukti benar adanya. Karena apa yang benar untuk agregat mungkin tidak berlaku untuk individu juga.

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

ada beberapa perbedaan pendapat dari mikro dan makro sebagai berikut :


Harga

  • Ekonomi Mikro: Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja).
  • Ekonomi Makro: Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan)

Unit Analisis

  1. Ekonomi Mikro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan.
  2. Ekonomi Makro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.

Artikel Lainnya : Dampak Positif dan Negatif Globalisasi


Tujuan Analisis

  • Ekonomi Mikro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat.
  • Ekonomi Makro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari. Keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.


Ekomi Mikro

Ekonomi Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individua dalam pasar.

Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory).

Tujuan dan Sasaran Analisis

Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro lebih dititikberatkan kepada bagaimana membuat pilihan untuk;

  1. Mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber, dan
  2. Mencapai kepuasan yang maksimum.

Ekonomi Makro

Ekonomi Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan.

Apabila yang dibicarakan masalah produsen, maka yang dianalisis produsen secara keseluruhan, demikian halnya jika konsumen maka yang diananlisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian.

Demikian juga dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga dan sebaginya. Intinya ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan, sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan (income theory).

Artikel Lainnya : Sosialisasi Pembentukan Kepribadian


Tujuan dan Sasaran Analisis

Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas masalah

  • Sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi, dan
  • Pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.

Demikian materi dari kami tentang Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro ; Pengertian, Tabel dan Tujuan semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya sobat Murid.Co.Id