Manfaat Analisis Swot

Diposting pada

Halo sahabat Murid.Co.ID, hari ini kami akan membahas tentang analisis swot. Mungkin dari kalian sudah sering mendengar tentang analisis swot. Analisa swot sering digunakan dalam kegiatan bisnis untuk mengidentifikasi kelemahan dan peluang yang ada dalam perusahaan untuk membuat perusahaan tersebut lebih unggul serta melihat kelemahan dan ancaman untuk mengantisipasi penurunan kualitas dari perusahaan tersebut. untuk mengetahui lebih dalam mari simak penjelasan mengenai analisis SWOT.

Pengertian Analisis Swot (Fungsi, Manfaat dan Matriks)
Pengertian Analisis Swot (Fungsi, Manfaat dan Matriks)

Pengertian Analisis SWOT

SWOT merupakan sebuah akronim yang terdiri dari S (strenght) atau kekuatan, W (weakness) kelemahan, O (opportunity) kesempatan, dan T (threat) ancaman. Analisis ini digunakan untuk untuk menentukan unsur unsur tersebut untuk membentuk kekuatan internal perusahaan, dan mengantisipasi ancaman pada eksternal perusahaan.

Artikel Lainnya : Pengertian Desain, Jenis, Prinsip dan Metode yang Di Gunakan


Menurut Para Ahli

Philip Kotler


Pearce dan Robinson

Analisis SWOT adalah bagian dari bagan proses manajemen strategik perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan.


Yustanto dan Wijdajakusuma

Analisis SWOT adalah instrumen dan eksternal perusahaan yang bertumpu data tahuan dnegan pola 3-1-5.


Freedy Rangkuti

Analisis SWOT adalah usaha yang dilakukan berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan pada saat yang sama dapat meminimalisir kelemahan dan ancaman. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.


Rais

Analisis SWOT adalah metode analisis paling mendasar yang berguna mengetahui topik dan permasalahan dari empat isi yang berbeda. Hasil akhir dari analisis ini adalah arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, serata mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.

Artikel Lainnya : √ Pengertian Download dan Upload Beserta Tujuan, Manfaatnya


Unsur Analisis SWOT

Kekuatan (Strenght)

Unsur kekuatan dapat dikatakan sebagai unsur unggulan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Unsur ini menganalisis tentang kekuatan apa yang dimiliki perusahaan yang dapat dijadikan nilai jual dari suatu perusahaan tersebut. Misalnya dari segi kualitas, lokasi yang strategis, atau unsur kekuatan lainnya yang menekankan pada suatu keunggulan perusahaan.

Artikel Lainnya : Dampak Positif dan Negatif Pestisida : Jenis, Pengertian, Kandungan Zat


Kelemahan (Weakness)

Selain unsur kekuatan perusahaan tentunya harus mengetahui kelemahan pada perusahaan itu. Untuk mengetahuinya perusahaan bisa melakukan perbandingan dengan perusahaan pesaing. Dengan cara seperti itu perusahaan dapat menguangi atau menghilangkan kelemahan pada produk unggulannya. Hal yang paling umum adalah dengan cara melihat testimoni dari perusahaan pesaing.

Artikel Lainnya : Klasifikasi Angiospermae : Reproduksi, Ciri, Pengertian dan Contoh


Peluang (Opportunity)

Unsur peluang biasanya diidentifikasi pada saat awal membangun sebuah bisnis. Karena bisnis pada dasarnya dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu profit dan dapat menjaga keberlangsungan hidup perusahaan tersebut. Unsur ini menggambarkan bagaimana kita menganalisis bagaimana bisnis dapat bertahan dan menciptakan hal-hal baru dalam mendukung bisnis kita baik secara jangka panjang maupun jangka pendek.

Artikel Lainnya : Pengertian Desain Grafis, Prinsip Dan Metode yang di Gunakan


Ancaman (Threat)

Dalam unsur ini benar-benar harus diperhatikan. Karena hal ini menyangkut apakah bisnis yang telah dibuat dapat bertahan atau tidak dimasa depan. Adapun yang menjadi tolak ukur ancaman yaitu banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya, dan jangka waktu minat konsumen. Dengan menganalisis ancaman perusahaan dapat memperkirakan strategi apa yang tepat untuk membuat ancaman yang ada sebagai peluang yang menguntungkan.


Manfaat Analisis SWOT

  • Analisis Swot memberikan organisasi pandangan yang jelas tentang kekuatan yang memungkinkan perusahan untuk memangun di atasnya dan untuk memenuhi tujuan bisnis.
  • Dapat menyorot kelemahan dan memberikan analisis peluang untuk membaliknya menjadi sebuah kesempatan.
  • Menampilkan kemungkinan peluang yang ada didepan. Hal ini memberi perusahaan kesempatan untuk menyusun rencana pertumbuhan strategis untuk masa mendatang.
  • Membantu organisasi mengenali kemungkinan ancaman dan mengambil tindakan yang diperluakan untuk menghadapinya. Perusahaan dapat memperkenalkan kebijakan baru dan menyusun rencana pertumbuhan untuk menghilangkan segala kemungkinan yang menjurus pada ancaman.
  • Analisis SWOT memungkinkan perusahaan membuat strategi pencocokan atau konversi.
  • Analisis swot menyoroti sumber daya perusahaan yang ada yang mungkin telah diabaikan atau belum dimanfaatkan sebaik mungkin.
  • Memberikan motivasi untuk meningkatkan rencana bisnis.

Artikel Lainnya : Struktur Bakteri : Pengertian, Klasifikasi, Ciri, Bentuk dan Jenisnya


Fungsi Analisisi Swot

Menurut Ferrel dan Haline (2005) fungsi dari analisis SWOT adalah untuk mendapatkan informasi dari analisis situasi dan memisahkannya dalam pokok persoalan internal yang mencakup kekuatan dan kelemahan dan pokok persoalan eksternal yaitu peluang dan ancaman.

Analisis SWOT akan menjelaskan apakah informasi tersebut dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya atau memberikan indikasi rintangan yang harus dihadapi atau diminimalkan untuk memenuhi profit yang diinginkan.

Analisa swot juga dapat digunakan dengan banyak cara untuk meningkatkan analisi dapan usaha penetapan strategi. Umumnya yang sering digunakan adalah sebagai keangka atau panduan dalam diskusi untuk membahas kondisi alternatif yang mungkin menjadi pertimbangan perusahaan.


Matriks SWOT

Strategi Analisis Swot
Strategi Analisis Swot

Matriks SWOT adalah sebuah instrumen pencocokan yang penting yang membantu para manajer mengembangkan 4 jenis strategi yaitu strategi SO (kekuatan dan kesempatan) WO ( kelemahan dan peluang), ST (kekuatan dan ancaman) , dan strategi WT (kelemahan dan ancaman) berikut merupakan penjelasannya:


Strategi SWOT

strategi analisis SWOT di bagi menjadi 4, di antaranya sebagai berikut :


Strategi Kekuatan-Kesempatan (S dan O atau Maxi-maxi)

Strategi yang dihasilkan pada kombinasi ini adalah memanfaatkan kekuatan atas peluang yang telah diidentifikasi. Misalnya bila kekuatan perusahaan adalah pada keunggulan teknologinya, maka keunggulan ini dapat dimanfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan kualitas yang lebih maju, yang keberadaanya dan kebutuhannya telah diidentifikasi pada analisis kesempatan.


Strategi Kelemahan-Kesempatan (W dan O atau Mini-maxi)

Kesempatan yang dapat diidentifikasi tidak mungkin dimanfaatkan karena kelemahan perusahaan. Misalnya jaringan distribusi ke pasar tersebut tidak dipunyai oleh perusahaan. Salah satu strategi yang dapat ditempuh adalah bekerjasama dengan perusahaan yang mempunyai kemampuan menggarap pasar tersebut. Pilihan strategi lain adalah mengatasi kelemahan agar dapat memanfaatkan kesempatan.


Strategi Kekuatan-Ancaman (S atau T atau Maxi-min)

Dalam analisa ancaman ditemukan kebutuhan untuk mengatasinya. Strategi ini mencoba mencari kekuatan yang dimiliki perusahaan yang dapat mengurangi atau menangkal ancaman tersebut. Misalnya ancaman perang harga.


Strategi Kelemahan-Ancaman (W dan T atau Mini-mini)

Dalam situasi menghadapi ancaman dan sekaligus kelemahan intern, strategi yang umumnya dilakukan adalah “keluar” dari situasi yang terjepit tersebut. Keputusan yang diambil adalah “mencairkan” sumber daya yang terikat pada situasi yang mengancam tersebut, dan mengalihkannya pada usaha lain yang lebih cerah.

Siasat lainnya adalah mengadakan kerjasama dengan satu perusahaan yang lebih kuat, dengan harapan ancaman di suatu saat akan hilang. Dengan mengetahui situasi yang akan dihadapi, anak perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang perlu dan bertindak dengan mengambil kebijakan-kebijakan yang terarah dan mantap, dengan kata lain perusahaan dapat menerapkan strategi yang tepat.

Nah, bagaimana Sahabat apakah artikel dari kami tentang Analisis Swot : Pengertian, Manfaat, Fungsi Kelebihan dan Kekurangan ini dapat membantu anda ? Semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi referensi bahan belajar anda, jangan lupa share ya sahabat. Terima kasih