Pengertian Dialog Interaktif Lengkap (Unsur, Ciri, Tujuan dan Contohnya)

Diposting pada
5.0
09

Hallo sahabat Murid.Co.ID di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang dialog interaktif. Mungkin setiap hari kita menyaksikan dialog interaktif seperti kuis di televisi, atau berkomunikasi langsung dengan radio. Namun, apa si dialog interaktif itu, mari simak penjelasannya yaa..

Pengertian Dialog Interaktif Lengkap (Unsur, Ciri, Tujuan dan Contohnya)
Pengertian Dialog Interaktif Lengkap (Unsur, Ciri, Tujuan dan Contohnya)

Pengertian Dialog Interaktif

Menurut Para Ahli

Warsita

Menurut Warsita, dialog interaktif merupakan hal yang terkait dengan komunikasi dua arah atau suatu hal bersifat saling melakukan aksi,  saling aktif dan saling berhubungan serta mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya (Warsita: 2008)

 

KBBI

Dalam KBBI arti dari dialog interaktif sendiri adalah dialog yang dilakukan di televisi atau radio yang melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon.

 

Dari pengertian diatas kita dapat menyimpulkan Dialog Interaktif merupakan komunikasi dua arah di televisi maupun radio antara komunikator ke komunikan dengan menggunakan telepon sebagai medianya dan memiliki pesan sehingga akan terjadi timbal balik atau feedback.

 

Unsur-Unsur Dialog Interaktif

Umumnya dialog interaktif mempunyai unsur yang sama dengan komunikasi lainnya yaitu 5W+1H, berikut penjelasannya :

 

What (apa)

What merupakan pertanyaan apa atau topik bahasan apa yang sedang atau akan dibahas dalam suatu dialog. Misalnya pembahasan tentang dampak sosial media pada anak antara umur 5 sampai 10 tahun di sebuah forum televisi.

‘apa itu sosial media?’

‘apa dampak yang ditimbukan?’

‘apa saja sosial media itu?

 

Who (Siapa)

Who merupakan siapa yang yang sedang berdialog, misalnya dalam pembahasan di sebuah acara kesehatan di televisi. Berati dalam acara tersebut yang berinteraksi adalah pembawa acara atau pemateri yang sedang berdialog dengan pemirsa dirumah maupun dengan penonton yang ada dilokasi.

 

When (kapan)

When merupakan kapan terjadinya dialog interaktif tersebut. Misalnya pada acara tersebut sedang beralangsung.

 

Where (dimana)

Where merupakan dimana dialog tersebut terjadi atau sedang dilakukan. Hal ini merujuk kepada dimana dialog tersebut dilangsungkan, misalnya di televisi, ataupun diradio.

 

Why (Mengapa)

Why merupakan mengapa dialog tersebut dilakukan. Biasanya dialog ini terjadi karena keresahan kersehan yang dialami oleh pemirsa yang ingin bertanya kepada pemateri atau pembawa acara  alam suatu acara televisi ataupun radio.

 

How (Bagaimana)

How merupakan bagaimana dialog tersebut dapat tersampaikan dan diterima oleh komunikan atau komunikator.

 

Ciri-Ciri Diaolog Interaktif

Adapun ciri dari dialog interaktif, diantaranya adalah

  • Melibatkan pertemuan langsung atau tidak langsung  antara komunikator dan komunikan
  • Menggunnakan media elektronik seperti televisi, radio, dll
  • Adanya tanya jawab dari narasumber marupun pewawancara
  • Komunikasi tidak hanya 2 arah.
  • Biasanya ditayangkan di media elektronik

 

Tujuan

Dialog interaktif bertujuan untuk membahas atau berdikusi dengan tidak membatasi dimana kita berada. Sehingga permasalahan yang sedang dibahas dapat menemukan solusi yang sesuai. Selain tak membatasi keberadaan, dialog interaktif juga tidak membatasi siapa yang menjawab dari jawaban atas pertanyaan.

 

Contoh  Dialog Interaktif

Dialog Interakif tentang Kesehatan

Acara Tv        : Indonesia Morning Show

Pembahaan   : penyebab peyakit ginjal pada anak

Narasumber : dr. Cahyani

Host                : Bagaimana penyakit ginjal pada usia berapa  umumnya

dr. Cahyani :Daat dikatakan anak pada usaia 0 sampai dengan 18 tahun, dan penyakit ginjal pada anak dapat menyerang diumur 0 sampai dengan 18 tahun.

Host                : Kemungkinannya berapa besar?

dr. Cahyani : Kemungkinannya sebernarnya jarang, anak berkemungkinan terkena penyakit ginjal perbanfingannya sekitar 7 : 11.000.000 anak terkena penyakit ginjal kronik. Namun ada juga penyakit ginjal yang sifatnya akut artinya setelah beberapa saat setelah dia diobati. Jadi tidak menjadi kronik. Pemicunya yaitu penyakit kelanan bawaan misalnya karena ginjalnya kecil , pada masa anak ia terkena penyakit atau infeksi tertentu, dan yang ketiga diturunkan dari orang tua.

Host                : Jadi dalam kasus ini, kebnayakan anak yang terkena  penyakit ginjal karena faktor bawaan. Jadi berbeda dengan dewasa yag bisa terkena penyakit finjal karena faktok life style. Untuk anak-anak sendiri selain faktor bawaan, apa yang menyebabkan pennyakit ginjal ini dok?

dr. Cahyani : Memang kebanyakan penyakit ginjal pada anak disebabkan karena faktor bawaan, namun yang faktor kedua yang menyebabkan penyakit ginjal inni misalnya sinddrom neufrotik.

Host : Apa itu sindrom neufrotik dok?

dr. Cahyani : Sindrom nefrotik merupakan penyebab penyakit ginjal ketika ginjal tersebut mengalami gangguan penyaringan. Sehingga protein yang seharusnya kita makan dari susu, dari makanan yang mengandug protein lainnya itu terbuang bersama urine. Atau kita kenal sebagai protein bocor. Lalu bisa juga karena penyakit lupus. Banyak orang yang sudah mengetahui tentang penakit lupus. Atau penyakit tentang gangguan imunitas atau gangguan daya tahan tubuh.

Host : Apa akibat dari seseorang anak yang mengalami penyakit ginjal, apakah nanti akan berdampak pada pertumbuhan atau lainnya?

dr. Cahyani : Pada pasien anak jika ia mengalami penyakit ginjal kronik akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan. Jadi biasanya orangn tua ada yang embawa kedokter ketika ia merasa anak ini dibandingkan dengan teman-teman seusianya atau dibaningkan dengan kakak-kakanknya dulu, anak ini ternyata terlihat lebih pendek atau lebih kecil. Dan itu nyata. Misalnya anak usia 12 tahun yang tingginya seperti anak kelas 2 sd.

Host : Untuk gejala-gejalanya sendiri itu seperti apa dok?

dr. Cahyani : Jadi, tanda ang harus dicurigai itu ada 3, yang pertama adalah kelainan berkemih atau kelainan berkencing ini ditandai dengan nyeri ketika berkemih atau tidak bisa mengendalikan ketika ingin berkemih yang ditandai dengan mengompol, yang kedua adalah kelainan pertumbuhan dan yang ketiga adalah kegemukan.

itu dia penjelasan tentang dialog interaktif, semoga pembahan kali ini dapat dijadikn referensi untuk belajar para sahabat. baca juga artikel terkait lainnya :

Baca Juga :