Pengertian Analisis Swot (Fungsi, Manfaat dan Matriks)

Diposting pada

Halo sahabat Murid.Co.ID, hari ini kami akan membahas tentang analisis swot. Mungkin dari kalian sudah sering mendengar tentang analisis swot. Analisa swot sering digunakan dalam kegiatan bisnis untuk mengidentifikasi kelemahan dan peluang yang ada dalam perusahaan untuk membuat perusahaan tersebut lebih unggul serta melihat kelemahan dan ancaman untuk mengantisipasi penurunan kualitas dari perusahaan tersebut. untuk mengetahui lebih dalam mari simak penjelasan mengenai analisis SWOT.

Pengertian Analisis Swot (Fungsi, Manfaat dan Matriks)
Pengertian Analisis Swot (Fungsi, Manfaat dan Matriks)

Pengertian Analisis SWOT

SWOT merupakan sebuah akronim yang terdiri dari S (strenght) atau kekuatan, W (weakness) kelemahan, O (opportunity) kesempatan, dan T (threat) ancaman. Analisis ini digunakan untuk untuk menentukan unsur unsur tersebut untuk membentuk kekuatan internal perusahaan, dan mengantisipasi ancaman pada eksternal perusahaan.

 

Menurut Para Ahli

Philip Kotler

Analisis SWOT adalah evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terdapat pada individu atau suatu organisasi.

 

Pearce dan Robinson

Analisis SWOT adalah bagian dari bagan proses manajemen strategik perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan.

 

Yustanto dan Wijdajakusuma

Analisis SWOT adalah instrumen dan eksternal perusahaan yang bertumpu data tahuan dnegan pola 3-1-5.

 

Freedy Rangkuti

Analisis SWOT adalah usaha yang dilakukan berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan pada saat yang sama dapat meminimalisir kelemahan dan ancaman. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.

 

Rais

Analisis SWOT adalah metode analisis paling mendasar yang berguna mengetahui topik dan permasalahan dari empat isi yang berbeda. Hasil akhir dari analisis ini adalah arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, serata mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.

 

Unsur-Unsur Analisis SWOT

 

Kekuatan (Strenght)

Unsur kekuatan dapat dikatakan sebagai unsur unggulan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Unsur ini menganalisis tentang kekuatan apa yang dimiliki perusahaan yang dapat dijadikan nilai jual dari suatu perusahaan tersebut. Misalnya dari segi kualitas, lokasi yang strategis, atau unsur kekuatan lainnya yang menekankan pada suatu keunggulan perusahaan.

 

Kelemahan (Weakness)

Selain unsur kekuatan perusahaan tentunya harus mengetahui kelemahan pada perusahaan itu. Untuk mengetahuinya perusahaan bisa melakukan perbandingan dengan perusahaan pesaing. Dengan cara seperti itu perusahaan dapat menguangi atau menghilangkan kelemahan pada produk unggulannya. Hal yang paling umum adalah dengan cara melihat testimoni dari perusahaan pesaing.

 

Peluang (Opportunity)

Unsur peluang biasanya diidentifikasi pada saat awal membangun sebuah bisnis. Karena bisnis pada dasarnya dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu profit dan dapat menjaga keberlangsungan hidup perusahaan tersebut. Unsur ini menggambarkan bagaimana kita menganalisis bagaimana bisnis dapat bertahan dan menciptakan hal-hal baru dalam mendukung bisnis kita baik secara jangka panjang maupun jangka pendek.

 

Ancaman (Threat)

Dalam unsur ini benar-benar harus diperhatikan. Karena hal ini menyangkut apakah bisnis yang telah dibuat dapat bertahan atau tidak dimasa depan. Adapun yang menjadi tolak ukur ancaman yaitu banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya, dan jangka waktu minat konsumen. Dengan menganalisis ancaman perusahaan dapat memperkirakan strategi apa yang tepat untuk membuat ancaman yang ada sebagai peluang yang menguntungkan.

 

Manfaat Analisis SWOT

  • Analisis Swot memberikan organisasi pandangan yang jelas tentang kekuatan yang memungkinkan perusahan untuk memangun di atasnya dan untuk memenuhi tujuan bisnis.
  • Dapat menyorot kelemahan dan memberikan analisis peluang untuk membaliknya menjadi sebuah kesempatan.
  • Menampilkan kemungkinan peluang yang ada didepan. Hal ini memberi perusahaan kesempatan untuk menyusun rencana pertumbuhan strategis untuk masa mendatang.
  • Membantu organisasi mengenali kemungkinan ancaman dan mengambil tindakan yang diperluakan untuk menghadapinya. Perusahaan dapat memperkenalkan kebijakan baru dan menyusun rencana pertumbuhan untuk menghilangkan segala kemungkinan yang menjurus pada ancaman.
  • Analisis SWOT memungkinkan perusahaan membuat strategi pencocokan atau konversi.
  • Analisis swot menyoroti sumber daya perusahaan yang ada yang mungkin telah diabaikan atau belum dimanfaatkan sebaik mungkin.
  • Memberikan motivasi untuk meningkatkan rencana bisnis.

 

Fungsi Analisisi Swot

Menurut Ferrel dan Haline (2005) fungsi dari analisis SWOT adalah untuk mendapatkan informasi dari analisis situasi dan memisahkannya dalam pokok persoalan internal yang mencakup kekuatan dan kelemahan dan pokok persoalan eksternal yaitu peluang dan ancaman.

Analisis SWOT akan menjelaskan apakah informasi tersebut dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya atau memberikan indikasi rintangan yang harus dihadapi atau diminimalkan untuk memenuhi profit yang diinginkan.

Analisa swot juga dapat digunakan dengan banyak cara untuk meningkatkan analisi dapan usaha penetapan strategi. Umumnya yang sering digunakan adalah sebagai keangka atau panduan dalam diskusi untuk membahas kondisi alternatif yang mungkin menjadi pertimbangan perusahaan.

 

Matriks SWOT

Pengertian Analisis Swot (Fungsi, Manfaat dan Matriks)
Pengertian Analisis Swot (Fungsi, Manfaat dan Matriks)

Matriks SWOT adalah sebuah instrumen pencocokan yang penting yang membantu para manajer mengembangkan 4 jenis strategi yaitu strategi SO (kekuatan dan kesempatan) WO ( kelemahan dan peluang), ST (kekuatan dan ancaman) , dan strategi WT (kelemahan dan ancaman) berikut merupakan penjelasannya:

 

Strategi SO

Strategi SO (kekuatan dan kelemahan) memanfaatkan kekuatan internal perusahaan untuk menarik keuntungan dari peluang eksternal. Karena hakikatnya seorang manajer menginginkan organisasi yang mereka pimpin berada dalam posisi di mana kekuatan internal dapat digunakan untuk mengambil keuntungan dari berbagai trend dan kejadian eksternal.
Jika perusahaan memiliki kelebahan yang besar, maka perusahaan akan berjuang lebih besar pula untuk mengatasinya menjadi sebuah kekuatan. Ketika organisasi dihadapkan pada ancaman yang besar, maka perusahaan akan berusaha menghindari untuk berkonsentrasi pada peluang.

 

Strategi WO

Strategi WO atau kelemahan dan peluang bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan cara mengambil keuntungan dari peluang eksternal. Namun terkadang peluang-peluang besar sering muncul dalam perusahaan yang memiliki kelemahan internal yang tentunya akan menghalangi dalam memanfaatkan peluang tersebut.

 

Strategi ST

Strategi St atau kekuatan dan ancaman ini menggunakan kekuatan sebuah perusahaan untuk menghindari atau mengurangi ancaman eksternal. Hal ini bukan berati bahwa suatu organisasi yang kuat harus selalu menghadapi ancaman secara langsung didalam lingkungan eksternal.

 

Strategi WT

Strategi WT atau kelemahan dan ancaman merupakan taktik defensif yang diarahkan untuk mengurangi kelemahan internal serta menghindari ancaman eksternal. Sebuah organisasi yang menghadapi berbagai ancaman eksternal dan kelemahan internal benar-benar dalam posisi yang membahayakan. Dalam kenyataannya, perusahaan yang semacam itu harus berjuang untuk menjadi keberlangsungan hidup, dengan cara melakukan merger, penciutan, menyatakan bangkrut atau memilih likuidasi.

 

Nah, bagaimana Sahabat apakah artikel ini membantu? Semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi referensi. Baca juga artikel terkait lainnya ya :

Baca Juga : 

Pengertian Analisis Swot (Fungsi, Manfaat dan Matriks)
5 (100%) 37 vote[s]