Pengertian  Demokrasi Pancasila, Ciri dan Asasnya (Lengkap)

Diposting pada

Halo sahabat Murid.Co.ID, di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang demokrasi Pancasila. Demokrasi pancasila merupakan demokrasi satu-satunya di dunia. Demokrasi ini ditetapkan di Indonnesa yang perwujudantanya seperti dalam ketentuan-ketentuan pembukaan UUD 1945. Mari kenali lebih lanjut tentang demokrasi ini:

Pengertian  Demokrasi Pancasila, Ciri dan Asasnya (Lengkap)
Pengertian  Demokrasi Pancasila, Ciri dan Asasnya (Lengkap)

Pengertian Demokrasi Pancasila

Menurut Para Ahli

Profesor Dardji Diharjo

Menurut beliau, pengertian demokrasi pancasila merupakan paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan pembukaan UUD 1945.

 

GBHN Tahun 1978 dan Tahun 1983

Menurut Garis Besar Haluan Negara pada tahun 1978 dan 1983 yang menetapkan bahwa pembangunan politik diarahkan untuk memantapkan perwujudan demokrasi pancasila. Dalam rangka memantapkan stabilitas politik dinamis serta pelaksanaan mekanisme  pancasila, maka di pelukan pemantapan kehidupan konstitusional kehidupan demokrasi dan tegaknya hukum.

 

Kansil

Menurut kansil, demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, yang merupakan sila kekempat dari dasar Negara Pancasila seperti yang tercantum dalam alinea ke 4 pembukaan UUD 1945.

 

Prof. Notonegoro

Menurut beliau, demokrasi pancasia alah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusawaratan dan perwakilan yang berketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukanIndonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh bagi rakyat Indonesia.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Demokrasi pancasila merupakan demokrasi dengan berlandasan pancasila dan UUD 1945 yang mengutamakan asa musyawarah untuk kepentingan bersama. Karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang ideologinya terdapat dalam Pancasila.

 

Ciri-Ciri

1. Kedaulatan berada di tangan rakyat.
2. Selalu berdasarkan dengan gotong royong dan kekeluargaan.
3. Pengambilakan keputusan berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat.
4. Menghargai hak asasi manusia.
5. Diakui adanya keselarasan antara hak dan kewajiban.
6. Tidak menghendaki adanya demonstrasi dan pemogokan karena merugiaka semua pihak.
7. Tidak menganut sistem monopartairtai.
8. Pemilihan umum dilaksanakan secara LUBER
9. Mendahukan kepentingan rakyat atau kepentingan umum.
10. Pemerintah berjalan sesuai dengan konstitusi
11. Adanya penghargaan atas HAM dan perlindungan untuk hak minoritas.

 

Asas Demokrasi Pancasila

Asas Kerakyatan

Asas kerakyatan merupakan asas kesadaran untuk cinta kepada rakyat,  menunggal dengan nasib dan cita-cita rakyat, serta memiliki jiwa kerakyatan atau dalam arti menghayati kesadaran senasib dan memiliki cita-cita yang sama.

 

Asas Musyawarah untuk Mufakat

Asas ini merupakan asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak seluruh rakyat yang jumlahnya banyak dan melalui forum permusyawaratan dalam rangka pembahasan untuk menyatukan pendapat bersama serta mencapai kesepakatan bersama yang dijiwai oleh kasih sayang, pengorbanan demi tercapainya kebahagiaan bersama.

 

Aspek-Aspek Demokrasi Pancasila

Menurut Prof. S, Pamudji, demokrasi Pacasila memuat beberapa aspek sebagai berikut

  1. Aspek formal, yaitu aspek yang mempersoalkan proses dan cara rakyat menunjuk wakil-wakilnya dalam lembaga perwakilan dan bagaimana mengatur kemusyawaratan wakil-wakil rakyat secara bebas, terbuka, dan jujur untuk mencapai kesepakatan bersama.
  2. Aspek Material, yaitu aspek yang mengemukakan gambaran manusia, mengakui harkat dan martabat manusia, serta menjamin terwujudnya masyarakat Indonesia sesuai dengan gambaran harkat dan martabat tersebut.

itulah penjelasan teatang demokarasi pancasila. semoga dapat menjadi referensi belajar untuk sahabat, jangan lupa baca dan bagikakn postingan terkai lainnya :

Baca Juga :

 

Pengertian  Demokrasi Pancasila, Ciri dan Asasnya (Lengkap)
5 (100%) 11 vote[s]