Contoh Teks Eksposisi, Ciri Dan Pengertiannya

Diposting pada

Halo sahabat Murid.Co.ID di kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai teks eksposisi. Teks eksposisi sering kita gunakan untuk membuat tugas seperti makalah, ataupun karya ilmiah lainnya. Mari kita kenali lebih dalam mengenai teks eksposisi ini mari simak penjelasannya.


Pengertian Menurut Para Ahli

Alwasilah (2005: 111)

Teks eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi sebuah persoalan. Disini penulis berniat untuk berbagi informasi atau memberi petunjuk kepada pembaca.

Keraf (1997: 7)

Teks eksposisi adalah suatu bentuk wacana yang berusaha menguraikan objek sehingga memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Eksposisi merupakan bentuk wacana yang tujuan utamanya adalah memberi informasi mengenai suatu objek tertentu. Wacana jenis ini sama sekali tidak mempengaruhi atau mengubah sikap dan pendapat para pembaca.

Nasuchs (2009: 50)

Dalam bukunya beliau mengungkapkan paragraf eksposisi bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima dan mengikutinya. Paragraf eksposisi biasanya digunakan untuk menyajikan pengetahuan ilmu, definisi, langkah-langkah suatu kegiatan, metode, cara dan proses terjadinya sesuatu.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi merupakan suatu tulisan yang berfungsi untuk mengklarifikasi, menjelaskan mendidik, mengevaluasi sebuah persoalan yang bisa memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima dengan mengikutinya.

Ciri-Ciri

• Teks ekposisi bersifat netral
• Menjelaskan tentang suatu hal
• Bersifat informatif
• Gaya penulisan bersifat mengajak
• Tidak menggunakan opini didalamnya
• Penyampaian menggunakan bahasa baku

Struktur teks Eksposisi

Teks ekposisi memliki 4 bagian utama yaitu pembukaan, isi, argumentasi, dan penegasan ulang. Berikut ini penjelasan dari poin-poin tersebut :

1. Pembukaan

Struktur pada teks eksposisi yang pertama merupakan pembukaan atau kerap disebut orientasi. Pada teks ini penulis menuliskan awal permasalahan dengan rangkaian yang relevan.

2. Isi

 

Pada bagian isi atau thesis ini merupakan isi dari kumpulan pendapat orang atau para ahli yang telah dibahas. Untuk mempermudah dalam mengidentifikasi bahwa teks tersebut merupakan eksposisi dapat di lihat dari pemilihan kata seperti “menurut” dan lainnya yang mendukung.

3. Argumentasi

Argumentasi merupakan struktur teks yang di dalamnya terdapat bukti-bukti dari isi atau tesis yang telah ditentukan sebagai landasan. Umumnya, argumentasi akan memuat fakta-fakta yang relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya narasumber, latar, dan penggunaan angka-angka yang bersifat nyata.

4. Penegasan Ulang

Penegasan ulang merupakan bagian yang memuat bagian-bagian sebelumnya. Jadi, penegasan ulang yang dimaksudkan adalah kesimpulan yang diambil dari suatu permasalahan yang telah diidentifikasi dengan memasukkan unsur unsur lainnya.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Selain memiliki ciri-ciri ddan struktur teks, eksposisi tentunya memiliki beberapa jenis yang berbead. Berikut jenis dari teks ekspiosisi:

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi ini tentunya sering kita jumpai. Karena di dalam teks ini hanya memuat pengertian atau definisi dari suatu topik tertentu.

Teks Eksposisi Gambaran

Teks eksposisi ini memuat tentang berita yang hanya menampilkan gambaran dan gambar tersebut harus mewakili maksud yang ingin disampaikan. Tentunya gambaran yang diberikan harus singkat, jelas dan tepat sasaran.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks ini memuat laporan dari suatu topik tertentu kemudian dibandingkan dengan topik lain yang isinya berkaitan satu dengan lainnya

Teks Eksposisi Laporan

Teks ini memuat laporan terkait topik tertentu. Laporan yang dihasilkan meliputi laporan penelitian, atau hasil wawancara yang telah dilakukan oleh narasumber yang berkaitan.

Teks eksposisi Pertentangan

Teks ini tentunya berisi topik yang bertentangan dengan topik yang lain, namun dalam konteks ini antara topik satu dengan yang lain masih ada keterkaitan.

Contoh teks eksposisi

Teks Eksposisi tentang Eknomi

(sumber: CNN Indonesia)
Bank Indonesia mencatat total utang yang dimiliki Indonesia terhadap luar negeri mencapai U$ 359,8 miliar atau sekitar Rp. 5.371 triliun pada akhir September 2018 (dengan kurs dolar Rp. Rp14.929,00.

Berdasarkan pada statistik utang luar negeri, total utang tersebut tumbuh sebesar 4,2 persen secara tahunan, melambat dibandingkan kuartal sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,6 persen secara tahunan. Perlambatan ini terjadi pada utang luar negara pemerintah yang hanya tumbuh 2,2 persen secara tahunan menjadi US$176,1 Miliar.

Selain tumbuh melambat, posisi utang tersebut turun tipis dibanding kuartal sebelumnya yang mencapai US$179,73 Miliar. Penurunan utang luar negeri antaran turunnya kepemilikan asing pada Surat Berharga Negara (SBN).

Menurut penuturan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI dalam keterangan resmi di katakan bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi [asar SBN dalam negeri yang terimbas tingginya ketidakpastian global , pada Senin (19/11).
BI pun memastikan perkemangan utang tersebut masih bisa terkendali dengan struktur yang sehat. Hal ini tercermin anataran lain dari rasio utang luar negeri Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir kuartal III 2018 yang tercatat stabil dikisarkan 34 persen.

Teks Eksposisi tentang Kesehatan

Dalam 100 mililiter minyak zaitun terkandung total 884 kalori atau 44 persen dari angka kecukupan gizi haruan dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak haruan tubuh. Meski kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak baik,
Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa inilah yang memerikan berbagai warna pada makanan dan melindungi tanaman dari bahaya.

Tidak hanya mampu melindungi tanaman, polifenol yang masuk kedalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Itu sebabnya polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

itu dia penjelasan mengenai teks eksposisi beserta contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk sahabat Murid.Co.ID. Baca juga artikel terkait lainnya

Pengertian Biosfer, Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna Di dunia

Kelebihan, Kelemahan dan Contoh Yang Berhubungan Dengan Pasar Oligopoli

Pengertian Ekonomi Syariah, Prinsip-prinsip, Manfaat, Tujuan, Ciri-ciri Ekonomi Syariah

Pengertian Hikayat, Unsur, Ciri, Contoh dan Karakteristiknya

 

 

Contoh Teks Eksposisi, Ciri Dan Pengertiannya
5 (100%) 6 vote[s]