Pengertian Administrasi, Ciri, Fungsi dan Jenis Administrasi

Diposting pada

Halo sahabat Murid.Co.ID , di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang administrasi. Bisa dilihat dari judul itulah materi kita pada hari ini. tentunya kita sering mendengar kata administrasi. Administrasi sendiri memiliki arti catat mencatat. Untuk mengetahui lebih jelas mari simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian Administrasi, Ciri, Fungsi dan Jenis Administrasi
Pengertian Administrasi, Ciri, Fungsi dan Jenis Administrasi

Pengertian

Administrasi berasal dari bahasa latin “Ad” dan “ministrate” yang mempunyai makna pemberian jasa  atau bantuan. Atau dalam bahasa inggris “Administration” yang maksudnya adalah “to serve” atau melayani.

 

pengertian Menurut Para Ahli

Soewarno Handayaningrat

Menurut beliau, administrasi merupakan kegiatan yang meliputi catat mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. (1998; 21)

 

The Liang Gie

The liang Gie mengatakan bahwa administrasi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu (1980: 9).

 

Sondang P. Siagian

Administrasi merupakan keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya (1994: 3).

 

Ciri-Ciri

Administrasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki tujuan yang jelas.
  2. Adanya kerjasama antar individu.
  3. Terdapat proses atau usaha
  4. Terdapat lebih dari 2 individu atau lebih
  5. Adanya kepemimpinan, pengawasan serta pengawasan

 

Fungsi Administrasi

Administrasi memiliki beberapa fungsi, berikut fungsi dari administrasi :

 

  1. Perencanaan

Perancanaan dimaksukan untuk menentukan siapa yang akan melakukan tugas di tenpat  dan bagaimana cara melakukannya. Administrator harus mengambil langkah-langkah karena untuk pelaksanaan yang sukses dari suatu fungsi dari waktu kewaktu. Perencanaan berarti memilih yang terbaik dari berbagai tujuan, proses, kebijakan, dan program alternatif.

Adapun sifat dari perencanaan adalah sebagai berikut :

  • Bagian yang tidak terpisahkan dari suatu organisasi
  • Fungsi administrasi yang paling utama
  • Proses intelektual dan berkelanjutan

 

Adapun tujuan dari perencanaan :

  • Peningkatan efisiensi menajerial yaitu perencanaan lengkap dari proses organisasi yang mengarahkan fungsi organisasi kerah tujuan yang lebih jelas yang nantinya akan membuat pekerjaan organisasi dan administrasi mudah.
  • Pembentukan kontrol yang efektif yaitu setelah memutuskan pengukuran bentuk dan pelaksanaan berbagi fungsi, perencanaan memungkinkan evaluasi pencapaian aktual.
  • Ekonomi yaitu perencanaan membatu mencapai target secara wajar dan tertib dengan menggunakan sumber daya baik yang tersedia.
  • Meminimalkan ketidakpastian dan resiko, ini merupakan dasar perencanaan untuk memperkirakan dan tidak hanya sekedar menduga.

 

  1. Pengorganisasian

Pengorganisasian  merupakan proses penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, serta lingkungannya.

Adapun tujuannya adalah :

  • Meningkatkan efisiesni manajerial dan administrasi. Maksudnya adalah mampu memungkinkan fungsi admistrasi dengan mudah dan nyaman.
  • Pembatasan moral terhadap korupsi maksudnya disini adalah organisasi yang baik membuat para pekerja bekerja keras, jujur dan membuat mereka menyadari kebutuhan organisasi dan tugas mereka sendiri, dan tentunya ini akan mengurangi tindak korupsi..
  • Motivasi untuk menspesialisasi dan klasifikasi, peran organisasi saat ini adalah merupakan suatu yang pokok karena menginspirasi.

 

  1. Arahan

Maksudnya berarti membimbing atau mengarahkan suatu fungsi kerah yang diinginkan. Hal ini juga dekat dengan istilah operasi pedoman dan lain-lain.

 

Adapun fungsi dari arah adalah sebagai berikut :

  • Membangun koordinasi antara berbagi fungsi
  • Membimbing dan melatih bawahan dari waktu kewaktu
  • Membuat kontrol menjadi lebih efektif
  • Mengefektifkan kebijakan administrasi
  • Membuat komunikasi menjadi efektif.

 

  1. Pengawasan

Pengawasan merupakan fungsi administrasi yang penting. Administrasi digunakan untuk mengatahui apakah tugas-tugas organisasi yang dijalankan sesuai dengan rencana atau tidak. Selain itu pengawasan membantu meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, mengontrol kualitas mengembangkan karyawan.

Adapun fungsi dari pengawasan adalah sebagai berikut :

  • Disiplin dalam organisasi, pengawasan penting dalam mewujudkan disiplin dalam bisnis. Pengawasan dapat dilakukan untuk mengurangi tindak kejujuran, kemalasan atau perilaku yang tidak pantas.
  • Dasar rencana masa depan ; pengawasan merupakan dasar dari perencanaan masa depan. Hal ini dapat membatu organisasi membuat informasi dan fakta atas perencanaan yang tepat untuk menerapakan strategi masa depan yang dibuat.
  • Sumber motivasi. Mekanisme yang berhasil membantu dalam organisasi menemukan karyawan yang cakap  untuk meningkatkan produksi secara lanjut.

 

Jenis Administrasi

Administrasi perkantoran

Administrasi perkantoran merupakan suatu kegiatan perencanaan keuangan, penagihan, pencatatan, personalia dan distribusi serta logistik di sebuah organisasi. Seseorang yang melakukan kegiatan ini disebut dengan administrator kantor. Tugas dari administrator sendiri bervariai tergantung pada atasan yang memberikan tugas sesuai dengan tingkat pendidikan yang dimilikinya.

 

 

Administrasi Negara

Admnistrasi negara merupakan bahasan ilmu yang mempelajari tiga elemen penting dalam kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif, serta hal-hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

 

Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan merupakan proses kerjasama demi tercapainya tujuan pendidikan dengan memperhatikan hubungan antar komponen pendidikan sehingga nantinya akan memperbaiki sistem pendidikan dengan menggunakan perangkat yang mendukung kegiatan pendidikan.

 

Administrasi Kependudukan

Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam bidang penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, catatan sipil  dan pengelolaan informasi penduduk serta mendayagunaan hasilnya sebagai pelayanan publik pemerintahan dan pembangunan

 

 Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis merupakan proses pengelolaan perusahaan atau organisasi nirlaba yang berfungsi menjaga kestabilan dan pertumbuhan organisasi. Bidang utama administrasi bisnis meliputi operasi, logistik, pemasaran, sumber daya manusia, dan manajemen.

 

Administrasi Pembangunan

Administrasi pembangunan adalah suatu proses pengendalian usaha dalam bentuk adminstrasi yang dilakukan oleh negara atau pemerintah untuk mewujudkan pertumbuhan yang telah direncanakan kearah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.

 

Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan adalah upaya pengelolaan yang mencakup semua aktivitas yang hubungannya erat dengan semua sistem keuangan untuk mencapai tujuan tiap perusahaan.

 

Demikianlah pembahasan mengenai administrasi, semoga pembahasan kali ini dapat menjadi bahan belajar dan menjadi sumber referensi untuk para sahabat https://www.murid.co.id/ . Jangan lupa untuk baca artikel terkait lainnya :

Baca Juga :