Pengertian Omnivora

Pengertian Hewan Omnivora

Omnivora dalam bahasa Latin “Omnis” yang berarti “segala” dan “Vorare” yang berarti “segala”. Jadi omnivora adalah suatu golongan hewan pemakan tumbuhan dan hewan atau disebut juga hewan pemakan segalanya. Namun bias disebut juga gabungan antara hewan herbivore dan hewan karnivora.

Hewan Omnivora Adalah
Hewan Omnivora Adalah

Meskipun omnivora adalah istilah Latin secara harfiah berarti “pemakan segalanya”, omnivora tidak bisa makan segala sesuatu yang hewan lain makan. Omnivora hanya bisa makan hal-hal yang cukup mudah untuk didapat dengan gizi yang cukup. Sebagai contoh, sebagian besar omnivora tidak bisa hidup dengan penggembalaan, mereka juga tidak bisa makan beberapa hewan yang sulit-dikupas atau hewan besar hasil berburu atau mangsa cepat.

Artikel Lainnya : Fungsi dan Struktur Akar


Ciri Ciri

susunan giginya memiliki tiga macam, yaitu; ada gigi geraham untuk mengunyah makanan, gigi taring untuk mengoyak makanan, dan gigi seri untuk memotong makanan, contoh omnivora misalnya; manusia. Jadi hewan omnivore memiliki gigi yang lengkap dari hewan herbivore dan hewan karnivora.

Artikel Lainnya : Struktur Anatomi Angiospermae


Sistem Pencernaan Hewan Omnivora

Anatomi pencernaan omnivora menunjukkan karakteristik perbedaan yang signifikan baik dari herbivora dan karnivora. Mekanisme yang hadir untuk mencerna baik tanaman dan hewan, terutama dengan enzim protease untuk mencerna protein. Mereka telah mengembangkan dengan baik taring pada rongga mulut mereka untuk merobek daging dalam makanan. Biasanya, usus herbivora lebih panjang dari karnivora, tapi omnivora memiliki usus yang panjang dibanding kedua jenis pola makan.

Artikel Lainnya : Struktur Umum Anatomi Batang


Contoh Hewan Omnivora

Hewan Omnivora adalah Hewan pemakan tumbuhan dan pemakan binatang, kadang disebut juga hewan rakus atau hewan pemakan segalanya. Di sekitar kita banyak sekali hewan Omnivora ini, berikut saya jabarkan contoh hewan omnivora yaitu:

  • Ayam

Ayam adalah hewan ternak, Ayam disebut hewan omnivora karena selalu memakan apa saja yang ada di depan nya contohnya rumput, semut, beras, nasi, telor dan daging ayam (hikss)

  • Tikus

Tikus adalah hama yang sangat menyebalkan, Tikus masuk kategori hewan omnivora karena dia makan apasaja contohnya kabel,makanan, segala yang dia temui pasti di gigit dan dimakan. Tikus senang dengan tempat-tempat yang kumuh dan tikus hewan yang suka membuang kotoran di sembarang tempat

  • Bebek

Bebek adalah hewan ternak, Bebek di sebur hewan omnivora karena dia memakan bermacam makanan, seperti daging dan daun-daunan. Bebek hewan unggas yang berkembang biak dengan bertelur, biasanya telur bebek dibuat menjadi telur asin.

  • Musang

Musang adalah hewan nokturnal, Musang aktif dimalah hari untuk mencari makanan, Musang disebut omnivora karena memakan daging contohnya ayam, dan tumbuhan.

  • Burung Gagak

Burung gagak adalah hewan yang cerdas,Burung gagak termasuk contoh hewan omnivora karena burung gagak makan tumbuhan dan daging sebagai makanannya Burung gagak memiliki warna bulu hitam dan paruh yang runcing.

Artikel Lainnya : Manfaat Zygomycota Beserta Contohnya


Jenis Makanan Hewan

Contoh Hewan OmnivoraSetiap makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Meskipun begitu, setiap hewan mempunyai jenis makanan sendiri. Kelinci menyukai sayuran atau daun-daunan. Makanan kucing dapat berupa ikan, daging, atau tikus. Sementara itu, ayam bisa makan cacing, semut, ataupun biji-bijian. Jenis makanan setiap hewan ternyata bervariasi.
Secara umum, jenis makanan hewan dapat berasal dari tumbuhan atau
hewan lain. Tumbuhan yang dimaksud dapat berupa rumput, daun, atau biji-bijian. Ikan, cacing, tikus, dan semut merupakan makanan yang berasal dari hewan.

Artikel Lainnya : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)


Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Berbagai hewan itu mempunyai makanan yang berbeda-beda. Hewan yang jenis makanannya sama dapat digolongkan ke dalam satu kelompok. Berdasarkan jenis makanannya, hewan digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Hewan apa saja yang termasuk herbivora, karnivora, dan omnivora?

  • Herbivora

Ketika lapar, seekor kuda akan memakan rumput atau daun-daunan. Kuda tidak akan menangkap tikus atau ayam untuk dimakan. Mengapa demikian? Kuda termasuk kelompok herbivora. Hewan lain yang tergolong herbivora adalah sapi, kambing, kelinci, dan unta.

Herbivora adalah kelompok hewan yang memakan tumbuhan. Bagian tubuh tumbuhan yang dimakan dapat berupa rumput, daun, atau buah. Ini artinya, setiap herbivora tidak selalu memakan bagian tumbuhan yang sama. Ada herbivora pemakan buah contohnya monyet. Ada juga herbivora pemakan rumput, misalnya kuda.

Artikel Lainnya : Herbivora : Pengertian, Ciri – Ciri dan Contoh Terlengkap


  • Karnivora

Karnivora adalah kelompok hewan yang memakan hewan lain. Bagian tubuh hewan yang dimakan dapat berupa daging dan darah.

Contoh hewan karnivora adalah anjing, singa,elang, dan buaya. Biasanya, hewan karnivora (pemakan daging) memiliki kuku dan gigi taring yang tajam. Burung karnivora juga memiliki paruh dan cakar yang kuat. Alat tubuh ini digunakan untuk menangkap dan mengoyak mangsa.

Artikel Lainnya : Hewan Karnivora : Pengertian, Ciri, Sistem Pencernaan, Contoh 


  • Omnivora

Omnivora adalah hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan dan hewan lain.

Artinya, hewan omnivora memakan segala jenis makanan baik berupa tumbuhan maupun daging. Contoh hewan omnivora adalah ayamdan tikus. Selain makan biji-bijian, ayam juga memakan cacing. Demikian pula tikus yang
memakan biji-bijian, telur, maupun ikan.

Artikel Lainnya : Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora, Ciri Berserta Contohnya

Demikian Materi dari  kami tentang Omnivora : Pengertian, Ciri – Ciri dan Contoh Terlengkap Semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya sobat Murid.Co.Id