Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora, Ciri Berserta Contohnya

Diposting pada
5.0
05

Murid.Co.Id Hallo sobat murid berprestasi mungkin kalian belum mengetahui tentang pengertian Omnivora, Herbivora dan Karnivora ? Jika kalian belum jelas atau belum mengetahui tentang pengertian Omnivora, Herbivora dan Karnivora mungkin kalian bisa baca artikel dari kami ini yang akan sedikit mengulas tetang tang Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora berserta coontohnya.

Pengertian Omnivora

Omnivora berasal dari bahasa lati yaiy omnis “Omnis” dan “Vorare”. Kata “Omnis” memiliki arti “segala” sedangkankan “Vorare” yang memiliki arti “memakan”. Jadi Omnivora adalah makhluk hidup yang memakan hewan dan tumbuhan omnivora juga sering disebut pemakan segalanya. Omnivora termasuk ke dalam golongan organisme Heterotrof karena tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, sehingga harus memakan organisme lain untuk bertahan hidup.

Hewan omnivora tidak memiliki ciri khusus yang menunjang untuk jenis makanannya. Hewan omnivora adalah hewan yang dapat di cirikan dalam makanan nya memiliki 2 jenis makanan yaitu tumbuhan (kayu/batang, daun, biji, kulit, akar, serabut, ampas) dan hewan (daging, darah, telur). Dalam memakan makanan nya hewan omnivora berganti-ganti dalam memakan jenis makanan nya, dalam artian tidak satu jenis makanan saja.

Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora, Ciri Berserta Contohnya
Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora, Ciri Berserta Contohnya

Ciri Ciri Omnivora

  • Memakan Tumbuhan dan daging
  • Memiliki Pencernaan yang kompleks
  • Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan
  • Memiliki gigi yang datar pada bagian belakang

 

Pengertian Herbivora

Herbivora lataboga, atau maun di zoologi merupakan hewan yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak makan daging. Manusia tidak termasuk dalam herbivora. Akan tetapi, orang-orang yang memilih untuk tidak makan daging disebut dengan nabatiwan. Dalam ilmu kedoketeran prakteknya, banyak lataboga makan telur dan juga kadang-kadang makan protein hewani lainnya.
Dalam hal singkat Herbivora adalah makhluk hidup yang makananya hanya dari tumbuhan saja, Herbivora termasuk golongan organisme heteretrof karena tidak dapat menghasilkan makanan sendiri

Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora
Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora

Ciri Ciri Herbivora

Ciri-ciri hewan herbivora adalah hanya memiliki gigi geraham saja sebagai alat mencerna makanan. Dalam suatu ekosistem herbivora dikenal sebagai konsumen pertama, karena ia sebagai pemakan produsen (tumbuhan hijau).

 

Pengertian Karnivora

karnivora adalah hewan yang makanannya daging. baik yang dikonsumsi hidup-hidup atau daging hewan yang telah mati. kata karnivor berasal dari bahasa asing “carne” yang bermakna daging serta “vorare” yang bermakna ” mengonsumsi “). Berbeda dengan halnya dengan hewan karnivora yang memakan serangga atau biasa disebut dengan istilah insektivora, Hewan karnivora tidak menjadi konsumsi makanan manusia, alsannya karena hewan ini hewan kanibal yang bisa memakan hewan juga, sehingga hewan ini menjadi sangat buas.

Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora
Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora

Ciri Ciri Karnivora

  • Hewan pemakan daging ni memiliki ciri ciri yang sangat spesifik diantaranya:
  • Memiliki gigi taring yang berfungsi merobek daging
  • Memiliki Kuku yang tajam
  • Memiliki kecepatan berlari, untuk memburu mangsa
  • Memiliki bisa atau racun yang bertujuan untuk melemahkan mangsa.

Kesimpulan Dari Omnivora Herbivora dan Karnivora

Herbivora

Herbivora adalah hewan-hewan pemakan rumputan atau tumbuhan, seperti sapi, kambing kuda dan kerbau, yang hanya memakan bahan tanaman.

Omnivora

Omnivora adalah hewan-hewan pemakan segalanya, seperti Gorila monyet, simpanse yang bisa makan berbagai sumber makanan, tetapi cenderung memilih satu jenis yang lainnya

Karnivora

Sementara sebagian besar Karnivora, seperti kucing, hanya makan daging, karnivora fakultatif, seperti anjing, berperilaku lebih seperti omnivora karena mereka bisa makan materi tanaman bersama dengan daging.

 

Demikian penjelasan tentang Pengertian Omnivora, Herbivora, Karnivora, Ciri Berserta Contohnya secara lengkap dari sobat Murid.Co.ID

Baca Juga Artike Lainnya :