Ciri – Ciri Herbivora

Pengertian Hewan Herbivora

Herbivora dalam istilah Latin yaitu “Herba” yang berarti “tumbuhan rerumputan” dan “Vorare” yang berarti “memakan”. Herbivora adalah suatu golongan hewan pemakan tumbuhan saja. Jikalau kita lihat pengertian herbivore dari semua buku pasti jawabannya hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Jadi sudah jelas bahwa herbivore termasuk hewan yang hanya bisa memakan tumbuh-tumbuhan saja. Contohnya seperti gajah, kelinci, kuda, sapi, kambing. Kebanyakan hewan herbivore hidup di daerah subur terutama di Indonesia.

Pengertian Hewan Herbivora
Pengertian Hewan Herbivora

Herbivora adalah hewan yang terutama memakan makanan yang berasal dari sumber nabati. Contoh herbivora termasuk vertebrata seperti rusa, koala, dan beberapa jenis burung, serta invertebrata seperti jangkrik dan ulat. Hewan herbivora telah mengembangkan sistem pencernaan yang mampu mencerna sejumlah besar bahan tanaman.

Tanaman yang tinggi serat dan pati, yang menyediakan sumber energi utama dalam makanan herbivora. Karena beberapa bagian dari bahan tanaman, seperti selulosa, sulit untuk dicerna, saluran pencernaan herbivora disesuaikan sehingga makanan dapat dicerna dengan baik. Banyak herbivora besar memiliki bakteri simbiotik dalam usus mereka untuk membantu dengan pemecahan selulosa.

Herbivora memiliki saluran pencernaan yang panjang dan rumit untuk memungkinkan cukup ruang dan waktu untuk fermentasi mikroba terjadi. Herbivora dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi frugivora (pemakan buah), granivora (pemakan biji), nektivora (pengumpan nektar), dan folivora (pemakan daun). Berkaitan dengan system pencernaan herbivora akan di bahas dalam materi selanjutnya.

Artikel Lainya : Fungsi dan Struktur Akar


Ciri-ciri

Hanya memiliki gigi geraham saja sebagai alat mencerna makanan. Dalam suatu ekosistem herbivora dikenal sebagai konsumen pertama, karena ia sebagai pemakan produsen (tumbuhan hijau). Susunan gigi hewan herbivora biasanya terdiri atas gigi seri untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.


Sistem Pencernaan

Pencernaan adalah rangkaian proses perubahan fisik dan kimia yang dialami bahan makanan selama berada di dalam alat pencernaan. Prosespencernaan makanan pada ternak ruminansia relatif lebih kompleks dibandingkan proses pencernaan pada jenis ternak lainnya. Beberapa species hewan adalah pemakan tumbuh-tumbuhan dan untuk makanannya tergantung keseluruhannya dari tumbuh-tumbuhan.

Hewan-hewan tersebut dinamakan herbivora. Tanpa memperhatikan kebiasaan makannya, semua hewan tergantung dari tumbuh-tumbuhan (secara langsung atau tidak langsung) untuk sumber makanannya. Lebih dari pada itu dapatlah kita katakan bahwa semua kehidupan hewan tergantung secara tidak langsung dari matahari dan makanannya, karena melalui pengaruh sinar matahari dan hijau daun tumbuh-tumbuhan mengubah unsur-unsur dari udara dan tanah ke dalam zat-zat makanan yang nantinya dapat digunakan sebagai makanannya. Jadi dengan tidak adanya energi dari matahari tidak akan ada makanan untuk tumbuh-tumbuhan dan manusia.

Artikel Lainya : Struktur Anatomi Angiospermae

Sekumpulan hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang mencerna makanannya dalam dua langkah, pertama dengan menelan bahan mentah, kemudian mengeluarkan makanan yang sudah setengah dicerna dan mengunyahnya lagi. Lambung hewan-hewan ini tidak hanya memiliki satu ruang (monogastrik) tetapi lebih dari satu ruang (poligastrik, harafiah: berperut banyak). Hewan yang memamah biak secara teknis dalam ilmu peternakan serta zoologi dikenal sebagai ruminansia.

Hewan-hewan ini mendapat keuntungan karena pencernaannya menjadi sangat efisien dalam menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan, dengan dibantu mikroorganisme di dalam perut-perut pencernanya. Semua hewan yang termasuk subordo Ruminantia memamah biak,seperti sapi, kerbau, kambing, domba, jerapah, bison, rusa, kancil,. Ruminansia yang bukan tergolong subordo Ruminantia misalnya unta dan lama. Kuda, walaupun bukan poligastrik, memiliki modifikasi pencernaan yang efisien pula.

Artikel Lainya : Pola Kalimat Tunggal

Hewan tidak menggunakan semua zat-zat makanan tumbuh-tumbuhan bagi berbagai proses tumbuh tepat seperti yang diperolehnya dari tumbuh-tumbuhan. Sebagian besar zat-zat makanan kompleks perlu dirombak (dicerna) menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana sebelum zat-zat makanan tersebut dapat diserap dan digunakan. Spesies hewan yang berbeda-beda mempunyai saluran pencernaan yang disesuaikan terhadap penggunaan jenis makanan paling efisien yang mereka makan. Jadi herbivora berbeda dengan karnivora dan omnivora dalam anatomi dan fisiologi sistem pencernaan.


Artikel Lainya : Karnivora : Pengertian, Ciri – Ciri dan Contoh Terlengkap

Contoh Hewan Herbivora

Kumpulan hewan herbivora, apa itu herbivora? Herbivora adalah hewan yang hanya memakan tumbuhan dan tidak memakan daging.

Contoh Hewan Herbivora Adalah
Contoh Hewan Herbivora Adalah

Hewan herbivora banyak tersebar diseluruh dunia, contoh dibawa ini adalah sebagian kecilnya saja dan hanya sebagai contoh. apa saja yang termasuk contoh hewan herbivora? banyak diantaranya yang termasuk kedalam hewan pemakan tumbuhan ini, seperti contoh hewan herbivora :

Kambing

kambing merupakan salahsatu hewan yang termasuk kedalam kelompok hewan pemakan tumbuhan atau herbivora biasanya kambing memakan rumput-rumputan.

Kuda

Kuda juga merupakan salahsatu hewan yang termasuk kedalam kelompok hewan pemakan tumbuhan atau herbivora biasanya kuda memakan rumput-rumputan.

Artikel Lainya : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)

Kerbau

Kerbau juga merupakan salahsatu hewan yang termasuk kedalam kelompok hewan pemakan tumbuhan atau herbivora biasanya kerbau memakan rumput-rumputan.

Sapi

Sapi juga merupakan salahsatu hewan yang termasuk kedalam kelompok hewan pemakan tumbuhan atau herbivora biasanya sapi memakan rumput-rumputan.

Kelinci

Kelinci juga merupakan salahsatu hewan yang termasuk kedalam kelompok hewan pemakan tumbuhan atau herbivora biasanya kelinci memakan rumput-rumputan.

Artikel Lainya : Manfaat Zygomycota Beserta Contohnya

Gajah

Gajah juga merupakan salahsatu hewan yang termasuk kedalam kelompok hewan pemakan tumbuhan atau herbivora biasanya gajah memakanranting-ranting atau daun-daunan.

Demikian Materi dari  kami tentang Herbivora : Pengertian, Ciri – Ciri dan Contoh Terlengkap Semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya sobat Murid.Co.Id