Contoh Karnivora Beserta Penjelasan

Pengertian Hewan Karnivora

Karnivora adalah suatu golongan hewan pemakan daging yang merupakan suatu  ordo atau bangsa Mamalia dan bagian dari komponen konsumen ekosistem. Hewan pemakan daging (karnivor) merupakan hewan yang mencari makan dengan cara berburu hewan lain.

Hewan karnivor biasanya memiliki senjata, senjata itu dapat berupa gigi-gigi yang tajam, selain itu hewan karnivor biasanya memiliki cakar yang tajam.  Hewan yang termasuk kedalam jenis karnivor diantaranya yaitu : singa, macan, kucing, anjing, burung gagak, burung hantu, hiu. Jadi sudah jelas bahwa hewan karnivora hanya bisa memakan daging.

Pengertian Hewan Karnivora
Pengertian Hewan Karnivora

Atau bias kita sebut juga hewan yang bias memakan hewan lain, seperti sudah di jelaskan diatas. Hewan karnivora sangat suka dengan hewan herbivore karna tanpa herbivore hewan karnivora akan cepat mengalami kepunahan. Hewan karnivora juga sangat di takuti oleh manusia karna karnivora termasuk hewan yang buas

Artikel Lainnya : Fungsi dan Struktur Akar


Ciri Ciri Karnivora

Setiap hewan pasti memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan golongan atau kelompok lain. Perbedaan itu terdiri dari setidaknya tiga ciri berbeda, yaitu habitat, makanan, dan kebiasaan. Dari situlah kita bisa memahami masing-masing kelompok hewan.

Untuk jenis hewan karnivora atau pemakan daging, beberapa ciri khusus yang dimilikinya antara lain:

  • Kemampuan berlari cepat
  • Pengelihatan tajam baik di malam atau siang hari
  • Pendengaran peka terhadap gerakan
  • Memiliki taring kuat dan tajam, sehingga mudah mengoyak daging mangsa
  • Kelompok karnivora tergolong sebagai hewan pemangsa atau predator
  • Kemampuannya sangat baik untuk melumpuhkan mangsa
  • Hewan karnivora memiliki tulang belakang

Artikel Lainnya : Struktur Anatomi Angiospermae


Sistem Pencernaan

Hewan karnivora memiliki tingkat keasaman lambung yang lebih tinggi. Hal ini untuk memungkinkan pencernaan protein hewani lebih cepat. Dan, keasaman yang tinggi membunuh bakteri penyebab penyakit yang banyak terdapat pada daging bangkai yang membusuk.

Hewan karnivora tidak membutuhkan enzim-enzim ini karena mereka langsung menelan makanannya yang selanjutnya dicerna di lambung. Hewan karnivora memiliki panjang usus kecil yang relatif pendek, rata-rata hanya tiga sampai enam kali panjang tubuhnya. Hal ini mengakibatkan daging yang mereka makan dapat segera dikeluarkan dari usus dalam waktu yang relatif cepat, sehingga daging tidak sempat membusuk di dalam usus.

Artikel Lainnya : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)


Habitat Hewan Pemakan Daging atau Karnivora

Secara umum, kelompok hewan karnivora tinggal di daratan. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan ada lebih banyak makanan atau mangsa yang bisa dijadikan sebagai makanan untuk bertahan hidup. Kebanyakan dari golongan hewan karnivora hidup di padang savana dan hutan lebat.

Habitat Hewan Pemakan Daging atau Karnivora
Habitat Hewan Pemakan Daging atau Karnivora

Artikel Lainnya : Struktur Umum Anatomi Batang


Contoh Hewan Karnivora

Beberapa contoh hewan karnivora diantaranya sebagai berikut :

  1. Harimau

Harimau adalah binatang karnivora yang menyeramkan. Kemampuan berlarinya mampu mengalahkan cheetah, dengan ukuran tubuh lebih besar dari singa ketika berumur tua. Mengoyak mangsa tentu bukanlah hal sulit bagi harimau.

Artikel Lainnya : Manfaat Zygomycota Beserta Contohnya

  1. Serigala

Tidak jauh berbeda dengan harimau, serigalah merupakan binatang karnivora yang sangat ganas. Serigala bertubuh kecil, mirip anjing. Ia populer dengan aungannya di malam hari. Sayang sekali, serigala tidak bisa ditemukan di Indonesia.

  1. Cheetah

Siapa yang tidak kenal cheetah? Pelari cepat satu ini tentu sudah sangat populer dikalangan masyarakat. Sebagai hewan karnivora, cheetah memakan hewan-hewan yang ada di hutan. Ia berburu mangsa seorang diri atau individu.

  1. Musang

Bagi Anda yang hobi nonton anime naruto, pasti sudah sangat familiar dengan musang. Musang sendiri tergolong unik, berkat kemampuan panjat-memanjat yang sangat baik. Musang bisa hidup dimana saja, seperti pedesaan, perkotaan, bahkan di hutan.

  1. Komodo

Komodo adalah kadal terbesar di dunia dan banyak ditemudi di Pulau Komodo. Kulit hewan karnivora ini sangatlah keras dan tebal, ukurannya mampu mencapai 3 meter sesudah berumur tua. Komodo mengandalkan rahang dan ekor sebagai kekuatan utama, plus air liurnya beracun.

  1. Ular

Ular adalah binatang mematikan yang hidup di sekitar kita dan memiliki banyak spesies. Dari sekian banyak spesies ular, yang paling terkenal mematikan adalah ular king cobra. Racunnya sungguh mematikan mangsa, cukup hitungan menit saja. Racun tersebut akan disemprotkan ke tubuh mangsa atau digigit.

Artikel Lainnya : Ciri – Ciri Herbivora

  1. Anjing

Anggota kelompok hewan karnivora yang terakhir adalah anjing. Berbeda dengan beberapa hewan sebelumnya, anjing banyak yang dijadikan sebagai hewan peliharaan manusia. Dengan penciumannya yang tajam, anjing dipercaya mampu menjaga rumah dengan aman.

Demikian materi dari kami tentang Hewan Karnivora : Pengertian, Ciri, Sistem Pencernaan, Contoh Secara Lengkap, jangan terima kasih sudah berkunjung di Murid.Co.iD Semoga bermanfaat