Jenis dan Contoh Propaganda

Pengertian Propaganda

Propaganda dari bahasa Latin modern (propagare) yang berarti mengembangkan atau memekarkan adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Propaganda tidak menyampaikan informasi secara objektif, tetapi memberikan informasi yang dirancang untuk mempengaruhi pihak yang mendengar atau melihatnya.

Propaganda kadang kala menyampaikan pesan yang benar, namun seringkali menyesatkan dimana umumnya isi propaganda hanya menyampaikan fakta-fakta pilihan yang dapat menghasilkan pengaruh tertentu, atau lebih menghasilkan reaksi emosional daripada reaksi rasional. Fungsi dan Peran Birokrasi Tujuannya adalah untuk mengubah pikiran kognitif narasi subjek dalam kelompok sasaran untuk kepentingan tertentu.

Propaganda Adalah
Propaganda Adalah

Propaganda adalah sebuah upaya disengaja dan sistematis untuk membentuk persepsi, memanipulasi alam pikiran atau kognisi, dan memengaruhi langsung perilaku agar memberikan respon sesuai yang dikehendaki pelaku propaganda.

Sebagai komunikasi yang memiliki satu ke banyak orang (one-to-many), propaganda memisahkan komunikator dari komunikannya. Namun menurut Ellul, komunikator dalam propaganda sebenarnya merupakan wakil dari organisasi yang berusaha melakukan pengontrolan terhadap masyarakat komunikannya.

Sehingga dapat disimpulkan, komunikator dalam propaganda adalah seorang yang ahli dalam teknik penguasaan atau kontrol sosial. Dengan berbagai macam teknis, setiap penguasa negara atau yang bercita-cita menjadi penguasa negara harus mempergunakan propaganda sebagai suatu mekanisme alat kontrol sosial.

Propaganda adalah usaha yang di lakukan dengan sengaja dan sistematis, untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuan untuk mendapatkan reaksi yang diinginkan penyebar propaganda.


Propaganda Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pendapat propaganda menurut para ahli

  1. Everyman’s Encyclopedia

Dalam Everyman’s encyclopedia, propaganda merupakan suatu seni untuk menyebarkan dan meyakinkan suatu kepercayaan pengetahuan, khususnya kepercayaan agama atau politik.

  1. Jacques Ellul

Jacques Ellul, mendefinisikan propaganda sebagai komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi yang ingin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan-tindakan suatu massa yang terdiri atas individu-individu, di persatukan secara psikologis dan tergabungkan di dalam suatu kumpulan atau organisasi.

Fungsi Pancasila Bagi Ellul, propaganda memang erat kaitannya dengan organisasi dan tindakan, yang tanpa propaganda praktis tidak ada.

  1. Leonard W. Dobb

Leonard W. Dobb, sebagai pakar opini publik, menyatakan bahwa propaganda merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh individu-individu yang berkepentingan untuk mengontrol sikap kelompok termasuk dengan cara menggunakan sugesti, sehingga berakibat menjadi kontrol terhadap kegiatan kelompok tersebut.

  1. Jozef Goebbels

Jozef Goebbels, Menteri Propaganda Nazi di zaman Hitler, mengatakan “Sebarkan kebohongan berulang – ulang kepada publik. Kebohongan yang diulang-ulang, akan membuat publik menjadi percaya.”

Tentang kebohongan ini, Goebbels juga mengajarkan bahwa kebohongan yang paling besar ialah kebenaran yang diubah sedikit saja.

  1. R.A Santoso Sastropoetro

Propaganda adalah suatu penyebaran pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan secara seksama untuk mengubah sikap, pandangan, pendapat dan tingkah laku dari penerimaan komunikan sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator.

  1. Onong Uchyana Efendi

Propanganda adalah komunikasi yang dilakukan secara berencana, sistematis dan berulang-ulang untuk mempengaruhi seseorang, khalayak atau bangsa agar melaksanakan kegiatan tertentu denga kesadaran sendiri tanpa paksa atau dipaksa.

  1. R. Roekomy

Propaganda adalah usaha mempengaruhi orang lain berdasarkan factor-faktor psikologis tentang sesuatu yang baru atau belum diakui kebenarannya agar terbuat sesuai dengan yang dirahapkan.

  1. Dr. Mar`at

Propanganda itu adalah suatu tekhnik, cara atau usaha yang sistematis serta sungguh-sungguh dipikirkan secara mendalam dimana teknik atau cara/usaha ini dilakukan baik oleh seseorang maupun sekelompok orang untuk mempengaruhi pendapat atau sikap orang lains atau kelompok lain.

  1. DR.H.C.J. Duyker

Bahwa siapapun yang melakukan propaganda meyebarkan pesan-pesan, mempunyai keinginan untuk mengubah sikap, pendapat, tingkah laku dari sesame manusia sebagai objeknya.

  1. William Albig

Pada awalnya kegiatan propaganda didasarkan pada kokunikasi dari mulut ke mulut dan media cetak yang mencapai kelompok kecil. Contoh Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)


Unsur-Unsur Propaganda

Dalam propaganda ada beberapa unsur-unsur terbentuknya sebuah komunikasi, diantaranya:

  • Adanya komunikator, penyampaian pesan.
  • Adanya Komunikan atau penerima pesan/ informasi.
  • Kebijaksanaan atau politik propaganda yang menetukan isi dan tujuan yang hendak dicapai.
  • Pesan tertentu yang telah di-“encode” atau dirumuskan sedemikian rupa adar mencapai tujuannya yang aktif.
  • Sarana atau medium (media), yang tepat dan susuai atau serasiu dengan situasi dari komunikan.
  • Teknik yang seefektif mungkin, yang dapat memberikan pengaruh yang secepatnyadan mampu mendorong komunikan melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginan atau pola yang ditentukan oleh komunikator.
  • Kondisi dan situasi yang memungkinkan dilakukannya kegiatan propaganda yang bersangkutan.
  • Tercapainya tujuan kepada aspek kognitif, afektif dan konatif.

Tipologi Propaganda

Propagandis mencoba untuk mengarahkan opini publik untuk mengubah tindakan dan harapan dari target individu. Yang membedakan propaganda dari bentuk-bentuk lain dari rekomendasi adalah kemauan dari propagandis untuk membentuk pengetahuan dari orang-orang dengan cara apapun yang pengalihan atau kebingungan.

  1. Propaganda Adalah

Propaganda adalah senjata yang ampuh untuk merendahkan musuh dan menghasut kebencian terhadap kelompok tertentu, mengendalikan representasi bahwa itu adalah pendapat dimanipulasi. Metode propaganda termasuk kegagalan untuk tuduhan palsu.

  1. Propaganda Menurut Sumber

Propaganda dapat digolongkan menurut sumbernya:

  • Propaganda Putih” berasal dari sumber yang dapat diidentifikasi secara terbuka.
  • Propaganda Hitam” berasal dari sumber yang dianggap ramah akan tetapi sebenar-benarnya bermusuhan.
  • Propaganda Abu-abu” berasal dari sumber yang dianggap netral tapi sebenarnya bermusuhan.
  1. Propaganda Perang Psikologis

Propaganda telah berkembang dalam perang psikologis di mana propaganda menemukan ekstensinya:

  • Propaganda Politik yaitu melibatkan usaha pemerintah, partai atau golongan untuk pencapaian tujuan strategis dan taktis. Syarat Pemungutan Pajak
  • Propaganda Sosiologi yaitu melakukan perembesan budaya kemudian masuk ke dalam lembaga-lembaga ekonomi, sosial dan politik.

Jenis Jenis Propaganda

Berikut ini ada beberapa jenis propaganda diantaranya sebagai berikut ini :

  1. White Propaganda

White propaganda atau bisa disebut propaganda ‘putih’ adalah sejenis propaganda yang dikenal kesahihan serta ketepatan cerita atau berita yang ingin disampaikan.

Propaganda jenis ini kebiasaannya akan melalui saluran yang dimonopoli oleh pihak pemerintah. Setiap maklumat yang disebarkan akan memberi kelebihan dan menonjolkan kebaikan pihak pemerintah.

  1. Black Propaganda

Black Propaganda adalah sejenis propaganda tertutup atau tersembunyi. Propaganda jenis ini memberikan sumber informasi yang salah atau tidak tepat.

Penyebar propaganda ini juga akan menyebarkan informasi palsu dan akan memberi kesan buruk kepada orang atau negara yang dituduh itu.

  1. Grey Propaganda

Grey Propaganda pula atau dengan kata lain sebagai propaganda ‘kelabu atau kabur’ adalah sejenis propaganda yang kurang ketepatan tentang informasi atau berita yang disebarkan. Propaganda jenis ini biasanya tidak diketahui penyebar yang menyebarkan informasi tersebut.

Jenis dan Unsur Propaganda
Jenis dan Unsur Propaganda

Apabila sesuatu informasi disebarkan, kita jarang mengetahui identitas penyebar maklumat tersebut. Propaganda jenis ini juga kebiasaanya akan menolak sesuatu kekejaman yang dilakukan oleh kuasa-kuasa besar.

  1. Ratio Propaganda

Ratio Propaganda adalah sejenis propaganda yang bersifat positif. Propaganda jenis ini lebih menjurus ke arah perpaduan dan mencipta nama yang baik. Selain itu, ia mempromosikan ikatan persahabatan dan meningkatkan moral sesuatu perkara yang disebarkan.


Contoh Jenis Propaganda

  • Contoh White Propaganda

White propaganda contohnya saja yaitu seperti RRI dan TVRI, kedua media ini dari dahulu sampai sekarang, masih sering di gunakan untuk alat komunikasi pemerintah untuk menyampaikan informasi tentang kebijakan pemerintah kepada rakyat indonesia secara luas.

  • Contoh Black Propaganda

contoh black propaganda yang sempat kita dengar yaitu ketika itu ada seorang moderator acara silahturahmi  suatu organisasi,  yang mengatakan bahwa pembicara yang mereka undang tidak bisa datang karena telah di culik oleh BIN (badan intelegen negara)  akan tetapi tuduhan tersebut tidak terbukti.

  • Contoh Grey Propaganda

Contoh grey propaganda yang pernah kita liat di televisi yaitu propaganda yang di lakukan oleh partai politik, yaitu partai NASDEM mengatakan bahwasannya MENDAGRI, Gamawan Fauzi harus mundur daru jabatannya, karaena beliau tidak mampu menyelesaikan program E-KTP yang akibatnya berujung pada masalah DTP yang masi belum dapat terselesaikan hingga saat ini.

Konsep, Faktor dan Contoh Gotong Royong Tapi MENDAGRI membantah, dan menatakan bahwa program E-KTP tidak ada hubunganya dengan DPT.

  • Contoh Ratio Propaganda

Contoh  yang sangat hangat di ingtan kita, kemarin pada tanggal 28 oktober  kita memperingati hari sumpah pemuda, sebagai contoh yaitu, isi sumpah pemuda di gunakan untuk mengingatkan dan menyatukan para pemuda di seluruh indonesia untuk tetap bersatu demi kejayaan bangsa.


Komponen Propaganda

  • Pihak yang menyebarkan pesan, berupa komunikator, atau orang yang dilembagakan/lembaga yang menyampaikan pesan dengan isi dan tujuan tertentu.
  • Komunikan atau target penerima pesan yang diharapkan menerima pesan dan kemudian melakukan sesuatu sesuai pola yang ditentukan oleh komunikator.
  • Pesan tertentu yang telah dirumuskan sedemikian rupa agar mencapai tujuannya dengan efektif.
  • Sarana atau medium yang tepat dan sesuai atau serasi dengan situasi dari komunikan.
  • Kebijaksanaan atau politik propaganda yang menentukan isi dan tujuan yang hendak dicapai.
  • Dilakukan secara terus menerus.
  • Terdapat proses penyampaian gagasan, ide/kepercayaan, atau doktrin.
  • Mempunyai tujuan untuk mengubah opini, sikap, dan perilaku individu/kelompok, dengan teknik-teknik memengaruhi. Sejarah dan Macam Hak Asasi Manusia
  • Kondisi dan situasi yang memungkinkan dilakukannya kegiatan propaganda yang bersangkutan.
  • Menggunakan cara sistematis prosedural dan perencanaan.
  • Dirancang sebagai sebuah program dengan tujuan yang kongkrit untuk memengaruhi dan mendorong komunikan melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginan atau pola yang ditentukan oleh komunikato.

Teknik Propaganda dan Contohnya

  1. Penjulukan (Name Calling)

Teknik ini merupakan teknik propaganda dengan cara memberikan sebuah ide atau label yang buruk kepada orang, gagasan, objek agar orang menolak sesuatu tanpa menguji kenyataannya. Pemberian label buruk tersebut bertujuan untuk menjatuhkan atau menurunkan kewibawaan seseorang atau kelompok tertentu.

  • Contohnya

Ketika Joko Widodo resmi menjadi presiden Indonesia. Jokowi disebut lawan politiknya sebagai “Presiden Boneka” yang dikendalikan oleh Megawati dan antek asing. Ideologi Menurut Para Ahli Contoh lainnya: menuduh saingan atau lawan pemilihan sebagai ‘penjahat’. Teknik name calling amat sering dijumpai di kehidupan sehari-hari.

  1. Iming – Iming (Glittering Generalities)

Teknik propaganda ini menggunakan ‘kata yang baik’ untuk melukiskan sesuatu agar mendapat dukungan, tanpa menyelidiki ketepatan asosiasi itu. Teknik propaganda ini digunakan untuk menonjolkan propagandis dengan mengidentifikasi dirinya dengan segala apa yang serba luhur dan agung.

  • Contoh

Di saat Amerika Serikat merencanakan serangan militer ke Irak, Amerika Serikat menyebutnya sebagai suatu misi kemanusiaan untuk membebaskan manusia dari teror senjata pemusnah massal.

  1. Teknik Transfer

Teknik propaganda ini mencakup kekuasaan, sanksi dan pengaruh sesuatu yang lebih dihormati serta dipuja dari hal lain agar membuat “sesuatu” lebih dapat diterima.

Teknik propaganda transfer bisa digunakan dengan memanfaatkan pengaruh seseorang atau tokoh yang paling dikagumi dan berkharisma dalam lingkungan tertentu dengan mengidentifikasi suatu maksud menggunakan lambang autoritas, misalnya “Pilih Kembali Mega di Pilpres 2020”.

  1. Merakyat (Plain Folk)

Merupakan salah satu teknik propaganda yang menggunakan pendekatan oleh seseorang untuk menunjukkan dirinya rendah hati dan empati, imbauan yang mengatakan bahwa pembicara berpihak kepada khalayak dalam usaha bersama yang kolaboratif. Pengertian Geopolitik

  • Contoh

Contoh: “saya salah seorang dari anda, hanya rakyat biasa.

  1. Kesaksian (Testimonials)

Testimonial berupa ucapan-ucapan orang yang dihormati atau dibenci untuk mempromosikan atau meremehkan suatu maksud. Kita mengenalnya dalam dukungan politik.

  • Contohnya

Dalam masa-masa kampanye pilpres yang lalu, Anies Baswedan dan Quraish Shihab memberikan dukungan mereka saat itu untuk calon Presiden Indonesia, Joko Widodo dengan memberikan pernyataan kesaksian.

Dukungan yang disertai alasan dan argumen pribadi dari kedua tokoh-tokoh yang dihormati tersebut merupakan teknik testimonial dan sedikit banyak mempengaruhi calon pemilih untuk memantapkan pilihannya untuk memilih Jokowi.

  1. Menumpuk Kartu (Card Stacking)

Teknik ini dilakukan dengan memilih pernyataan yang akurat dan tidak akurat, logis dan tak logis dan menonjolkan salah satu aspek saja.

Card Staking merupakan teknik propaganda dengan menonjolkan satu sisi saja, entah baik atau buruk, sehingga publik hanya melihat satu sisi saja.

Card staking meliputi seleksi dan penggunaan fakta atau kebohongan untuk memberikan kemungkinan terburuk atau terbaik dari suatu gagasan.

  • Contoh Penggunaan Teknik Propaganda

Contoh penggunaan teknik propaganda ini ketika munculnya tabloid Obor Rakyat pada masa pilpres. Tabloid yang muncul di pesantren-pesantren itu berisi black campaign terhadap Joko Widodo.

Tabloid itu hanya menonjolkan sisi negatif dari profil Joko Widodo dengan menyeleksi fakta-fakta yang ada, sehingga hanya hal-hal buruk saja yang terlihat. Jenis Jenis Desentralisasi

Contoh lainnya dengan adanya statement atau nya kata-kata “pembunuhan terhadap pemimpin kita, benar-benar menunjukan penghinaan terhadap partai kita”.

  1. Gerobak Musik (Bandwagon Technique)

Propaganda dengan teknik ini dilakukan dengan tujuan meyakinkan khalayak akan kepopuleran dan kebenaran tujuan. Teknik propaganda ini diterapkan untuk meyakinkan orang bahwa semua anggota suatu kelompok (di mana orang tersebut masuk dalam kelompok tersebut) telah menerima suatu ide atau gagasan.

Teknik bandwagon ini memposisikan sasaran sebagai minoritas. Tidak jarang kita menemui kata-kata seperti “teman-temanmu yang sudah pasti pilih A, masa kamu aja yang pilih B?” atau “semua orang sudah pakai C”.

Dengan menempatkan sasaran propaganda sebagai minoritas, propagandis secara tidak langsung melakukan intimidasi secara mental. Kelebihan dan Kekurangan Desentralisasi Sehingga, jika sasaran menolak ide atau gagasan dari propagandis, sasaran akan terancam dikucilkan dari suatu kelompok.

  • Contoh lainnya

Contoh lainnya, di jaman orde baru, seluruh Pegawai Negeri Sipil diwajibkan memilih Golkar dalam Pemilu. Apabila ketahuan tidak memilih Golkar, maka akan mendapatkan sanksi.

Untuk lebih memahaminya, di bidang ekonomi, teknik propaganda bandwagon ini digunakan untuk menarik minat konsumen akan suatu produk tertentu yang laku keras di pasaran.

Contoh: suatu perusahaan minuman ringan dengan semboyan “Inilah Generasi Coca-Cola”, memberi kesan bahwa seluruh generasi meminum produk tersebut.

Demikian materi dari kami tentang Propaganda Adalah sebagai berikut ini, Jangan lupa di share sobat Murid.Co.iD