Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Hai Sahabat Murid.Co.ID, di pembahasan kali ini kami akan membahas tentang macam ideologi berserta pengertiannya. Ideologi merupakan suatu ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “sains” tentang ide. Jadi bisa dikatakan ideologi merupakan sebuah visi yang komprehensif sebagai cara kita memandang sesuatu.


Definisi Ideologi Menurut Para Ahli

Padelford dan Lincoln

Ideologi adalah sekumpulan gagasan mengenai nilai dan tujuan ekonomi, sosial dan politik yang menempatkan program tindakan untuk mencapai tujuan.

Richard Snyder dan Hubert Wilson

Ideologi adalah sekelompok ide tentang kehidupan, masyarakat atau pemerintah dalam banyak kasus, secara sadar, mengadvokasi slogan-slogan sosial, politik atau agama, seruan akan perang dan yang melalui penggunaan berkelanjutan dan maksud secara bertahap yang menjadi karakteristik kepercayaan atau dogma dari kelompok, partai, atau kebangsaan tertentu.

Charles P. Scheicher

Ideologi adalah sistem ide abstrak yang dipegang oleh individu atau kelompok yang dimaksudkan untuk menjelaskan realitas, mengekspresikan tujuan nilai, dan berisi program aksi untuk penolakan atau pencapaian jenis tatanan sosial dimana para pendukungnya percaya bahwa tujuan dapat direalisasikan.

Richard W. Sterling

Ideologi adalah sekumpulan ide yang dimaksudkan untuk memberi makna pada masa lalu untuk menjelaskan masa kini dan memproklamirkan masa depan.

Muhammad Ismail

 

Ideoli (Mabda’) adalah al-Fikrul al-sasial-ladi hubna Qablahu Fikrun Akhar, pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun atau disandarkan di atas pemikiran pemikiran yang lain. Pemikiran mendasar ini merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa dan mau kemana alam, manusia, dan kehidupan ini yang digabungkan dengan asal muasal penciptanya dan kehidupan setelahnya.

Dr. Hafidh Saleh

Ideologi adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide berupa konsepsi rasional (aqidah,aqiyah) yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh problem kehidupan manusia. Pemikiran tersebut haru memiliki metode yang meliputi metode untuk mengaktualisasikan ide dan solusi tersebut, metode mempertahakannya, serta metode menyebarkan ke seluruh dunia.

C.S.T Kansil

Ideologi merupakan kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas berpendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup, cara berfikir seseorang, atau suatu golongan.

Karl Mark

Ideologi merupakan hasil pemikiran tertentu yang diciptakan oleh para pemikir yang berisi pengandaian-pengandaian spekulatif untuk melindungi kepentingan kelas penguasa yang umumnya memaksakan ide itu kepada masyarakat.

Frans Magnis Suseno

Ideologi merupakan keseluruhan sistem fikir dan sikap dasar rohaniah sebuah gerakan, kelompok sosial dan individu. Ideologi dapat dimengerti sebagai sistem penjelasan tentang eksistensi kelompok sosial, sejarahnya dan proyeksi ke masa depan serta merasionalkan suatu bentuk hubungan kekuasaan. Ideologi ini memiliki fungsi memolakan mengkondisikan dan menciptakan arti dalam tindakan masyarakat.

Antonio Gramsci

Menurut beliau ideologi lebih dari sekedar sistem ide, baginya ideologi secara historis memiliki keabashan yang bersifat psikologis. Artinya ideologi mengatur manusia dan memberikan tempat bagi manusia untuk bergerak mendapatkan kesadaran akan posisi mereka, perjuangan mereka dan sebagainya

Francis Bacon

ideologi merupakan sintesa ( panduan sebagian pengertian agar semuanya menjadi selaras, cara mencari hukum yang umum dari hukum-hukum yang khusus) pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.

Padmo Wijayano

Dalam bukunya yang berjudul “Bunga Rampai Sejarah- Sosial- Ekonomi (2005), beliau berpendapat bahwa ideologi adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari ide-ide dasar.

M. Sastrapratedja

Dalam tulisannya yang berjudul “Ide-Ide Menerobos (2003) beliau memaknai tentang ideologi adalah seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi sistem yang teratur.

Soerjanto Poespowardojo

Dalam bukunya yang berjudul “Filsafat Ilmu Pengetahuan ” (2000) disebutkan bahwa ideologi adalah konsep pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

Dr. Alfian

Dalam bukunya yang berjudul “Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia” (1980), beliau mengungkapkan bahwa ideologi adalah pandangan atau sistem bilateral yang menyeluruh dan mendalam mengenai cara yang sebaliknya yaitu secara moral dianggap benar dan adil seta mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

Dengan kata lain, ideologi adalah serangkaian ide atau prinsip yang berusaha menjelaskan sesuatu fenomena dengan cara tertentu serta mendukung atau menolak tatanan sosial-ekonomi-politik-kultural tertentu.

itulah beberapa pengertian dari Ideologi menurut para ahli, semoga artikel ini dapat menjadi referensi sahabat Murid.Co.ID. Simak juga artikel terkait lainnya:

Pengertian Hikayat, Unsur, Ciri, Contoh dan Karakteristiknya

Pengertian Ekonomi Syariah, Prinsip-prinsip, Manfaat, Tujuan, Ciri-ciri Ekonomi Syariah

Prinsip Geografi Beserta Contohnya Dalam Kehidupan

Pengertian Hidrolisis, Manfaat dan Mekanisme

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
5 (100%) 15 vote[s]