Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan

Diposting pada

Hallo sobat Murid.Co.Id kali ini kita berjumpa kembali dengan kami, dalam kali ini kami akan membahas secara lengkap dan jelas tentang Dampak Pencemaran Beserta Sumber dan Macamnya, untuk lebih jelasnya mari simak artikel kami di bawah ini semoga bermanfaat terima kasih

Dampak Pencemaran Beserta Sumber dan Macamnya
Dampak Pencemaran Beserta Sumber dan Macamnya

Sumber – Sumber Pencemaran

Berdasarkan sifat zat pencemar, pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.


Pencemaran Fisik

Pencemaran fisik merupakan pencemaran yang disebabkan oleh zat cair, padat, atau gas. Zat cair yang dapat menyebabkan pencemaran misalnya limbah rumah tangga, keluarga, dan limbah pabrik, sedangkan zat padat atau gas yang menyebabkan pencemaran misalnya asap pabrik, asap rokok, dan asap kendaraan bermotor.


Pencemaran Kimiawi

Pencemaran kimiawi merupakan pencemaran yang disebabkan oleh zat- zat kimia, misalnya logam berat dan limbah pabrik seperti raksa, timbal.


Pencemaran Biologis

Pencemaran biologis disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme penyebab penyakit.

Artikel Lainnya :  Klasifikasi Angiospermae : Reproduksi, Ciri, Pengertian dan Contoh


Macam – Macam Pencemaran

Di bumi yang kita huni ini terdapat wilayah daratan, perairan, dan udara. Pencemaran lingkungan bisa terjadi pada ketiga wilayah tersebut, sehingga dapat terjadi pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara.


Pencemaran Udara

Tahukah Anda pencemaran udara terjadi karena masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke udara oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas udara turun sampai sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Artikel Lainnya : Dampak Positif dan Negatif Pestisida : Jenis, Pengertian, Kandungan Zat


Pencemaran Air

Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke dalam air atau berubahnya tatanan air oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.


Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah merupakan peristiwa masuknya zat atau komponen lain ke dalam suatu areal tanah. Pencemaran tanah disebabkan oleh bahan pencemar tanah yang berasal dari bahan organik, biasanya bahan ini dibuang ke tempat yang jauh dari pemukiman manusia. Jika tempat pembuangan sampah berada dekat dengan pemukiman penduduk yang dibiarkan menumpuk (menggunung) dan tidak segera diproses akan menimbulkan pemandangan yang kotor, bau busuk, dan menjadi sumber penyakit. Contoh penyakit diare timbul akibat sanitasi lingkungan yang buruk karena buruknya pengolahan sampah di lingkungan tersebut.


Pencemaran Suara (Kebisingan)

Pencemaran suara (kebisingan) disebab- kan oleh masuknya suara (bunyi) gaduh di atas 50 desibel disingkat Db (ting- kat kebisingan). Bunyi-bunyian yang menyebabkan terjadinya pencemaran suara (kebisingan), biasanya ditimbulkan dari mesin, seperti sepeda motor, mobil, kereta api, kapal, pesawat terbang, pesawat luar angkasa, dan mesin- mesin industri. Pencemaran suara (kebisingan) itu dapat menyebabkan gangguan pada manusia seperti sulit tidur, tuli, gangguan kejiwaan, penyakit jantung bahkan sampai meninggal dunia.

Artikel Lainnya :  Klasifikasi Angiospermae : Reproduksi, Ciri, Pengertian dan Contoh


Dampak Pencemaran

Dampak negatif pencemaran itu mengakibatkan terjadinya suatu gangguan, antara lain keracunan dan penyakit, punahnya species, gangguan keseimbangan lingkungan, pemekatan hayati, dan terbentuknya lubang ozon dan rumah kaca.


Keracunan dan Penyakit

Bahan pangan seperti padi, jagung, sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging yang sudah tercemar, apabila dikonsumsi manusia maka orang yang memakannya dapat mengalami gangguan yaitu keracunan makanan dan bahkan kematian. Jika orang yang mengkonsumsi bahan makanan yang tercemar memiliki daya tahan tubuh tinggi, orang tersebut hanya mengalami gangguan keracunan dan dapat disembuhkan.


Punah dan Tak Terkendalinya Perkembangan Species

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, bahwa dampak dari pen- cemaran dapat mengakibatkan gangguan keracunan bahkan sampai kematian dan penyebab timbulnya penyakit pada makhluk hidup. Setiap jenis makhluk hidup memiliki daya tahan atau kekebalan yang berbeda- beda terhadap pencernaan, ada yang peka dan ada yang tahan.


Gangguan Keseimbangan Lingkungan

Contoh kasus punahnya burung hantu karena telur-telurnya mengalami deformasi merupakan akibat dari gangguan pencemaran. Apabila pada suatu ekosistem salah satu komponennya rusak, maka akan menggangu fungsi komponen yang lain dan mengakibatkan keseimbangan ekosistem terganggu. Padahal setiap jenis makhluk hidup di dalam ekosistem mem- punyai fungsi masing-masing, ada yang bertindak sebagai produsen, konsumen I, konsumen II.

Artikel Lainnya : Siklus Hidup  Gymnospermae : Pengertian, Ciri, Klasfikasi, Reproduksi dan Habitat


Pemekatan Hayati

Coba Anda pikirkan apabila suatu perairan tercemar oleh bahan beracun. Bahan beracun itu dapat meresap ke dalam tubuh, alga, atau mikro- organisme lainnya. Selanjutnya, ikan-ikan akan memakan alga itu dan ikan besar akan memakan ikan yang kecil.
Apabila ikan-ikan tersebut ditangkap oleh manusia dan dimakan, maka bahan beracun tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia.


Terbentuknya Lubang Ozon dan Efek Rumah Kaca

Saat ini permasalahan lubang ozon dan terjadinya efek rumah kaca di bumi sangat kita rasakan. Ozon sangat bermanfaat bagi kehidupan, baik tumbuhan, hewan, maupun manusia karena ozon bersifat melindungi makhluk hidup dari sinar ultraviolet yang mematikan.

Ozon terbentuk dari oksigen dengan bantuan sinar ultraviolet. Bagai- mana jika lubang ozon semakin lama semakin bertambah besar yang diakibatkan oleh meningkatnya bahan pencemar?

Artikel Lainnya : Pengertian  Demokrasi Pancasila, Ciri dan Asasnya (Lengkap)

Demikian pembahasan tentang Dampak Pencemaran Beserta Sumber dan Macamnya secara lengkap dan jelas, Terima Kasih sudah berkunjung di website kami, jangan lupa di share dan di bagikan ke teman semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka : Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya SMA/MA 2006

Sri Iswanti Mutmainah

Santi Ariandi