Ciri Hewan Karnivora

Diposting pada

Pengertian Hewan Karnivora

Karnivora adalah suatu golongan hewan pemakan daging yang merupakan suatu  ordo atau bangsa Mamalia dan bagian dari komponen konsumen ekosistem. Hewan pemakan daging (karnivor) merupakan hewan yang mencari makan dengan cara berburu hewan lain.


Hewan karnivor biasanya memiliki senjata, senjata itu dapat berupa gigi-gigi yang tajam, selain itu hewan karnivor biasanya memiliki cakar yang tajam.  Hewan yang termasuk kedalam jenis karnivor diantaranya yaitu : singa, macan, kucing, anjing, burung gagak, burung hantu, hiu. Jadi sudah jelas bahwa hewan karnivora hanya bisa memakan daging.

Hewan Karnivora
Hewan Karnivora

Atau bias kita sebut juga hewan yang bias memakan hewan lain, seperti sudah di jelaskan diatas. Hewan karnivora sangat suka dengan hewan herbivore karna tanpa herbivore hewan karnivora akan cepat mengalami kepunahan. Hewan karnivora juga sangat di takuti oleh manusia karna karnivora termasuk hewan yang buas.

Artikel Lainnya : Klasifikasi Annelida Secara Lengkap


Ciri Hewan Karnivora

Memiliki gigi taring (canini) yang kuat untuk digunakan mengoyak daging atau ikan, mencakup golongan anjing, kucing, dan harimau. Susunan gigi hewan karnivora terdiri dari gigi taring panjang dan runcing yang berguna untuk memotong makanannya.

Artikel Lainnya : Sistem Pernapasan Manusia


Sistem Pencernaan Hewan Karnivora

Hewan karnivora memiliki tingkat keasaman lambung yang lebih tinggi. Hal ini untuk memungkinkan pencernaan protein hewani lebih cepat.


Dan, keasaman yang tinggi membunuh bakteri penyebab penyakit yang banyak terdapat pada daging bangkai yang membusuk. Hewan karnivora tidak membutuhkan enzim-enzim ini karena mereka langsung menelan makanannya yang selanjutnya dicerna di lambung.


Hewan karnivora memiliki panjang usus kecil yang relatif pendek, rata-rata hanya tiga sampai enam kali panjang tubuhnya. Hal ini mengakibatkan daging yang mereka makan dapat segera dikeluarkan dari usus dalam waktu yang relatif cepat, sehingga daging tidak sempat membusuk di dalam usus.

Artikel Lainnya : Ruang Lingkup Ekologi


Karakteristik Hewan Karnivora

Sama halnya dengan jenis hewan mamalia lain, karnivora memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan yang lain. Diantaranya dapat dilihat dari adaptasi fisik karnivora yang terjadi. Karnivora memiliki beberapa adaptasi fisik yang memungkinkan mereka untuk menjadi pemburu yang efektif dan konsumen.


Karnivora memiliki mata yang khusus dirancang untuk berburu. Mata karnivora yang terletak di bagian depan kepala mereka, yang memungkinkan mereka untuk memiliki memandang jauh. Memandang jauh penting untuk berburu karena memungkinkan karnivora untuk menentukan seberapa jauh mangsanya dan juga seberapa cepat mangsa bergerak (Anonim, 2013).


Adaptasi besar lain yang telah mengembangkan karnivora adalah mulut yang efektif, dengan rahang dan gigi yang kuat yang dirancang dengan baik. Kebanyakan karnivora memiliki rahang yang sangat kuat, yang memungkinkan bagi mereka untuk menggigit dan menahan mangsa yang besar, dan  kuat.

Artikel Lainnya : Jaringan pada Hewan


Adaptasi ini membuat karnivora pemburu lebih berhasil karena mereka lebih cenderung untuk menangkap dan membunuh mangsanya (Anonim, 2013).


Tidak seperti herbivora, juga dikenal sebagai pemakan tumbuhan, yang memiliki gigi yang dirancang untuk tumbuhan, karnivora memiliki gigi yang lebih khusus yang dirancang untuk merobek daging dari mangsanya. Karnivora memiliki gigi gigi seri dan taring yang tajam untuk menggigit dan merobek daging. Gigi premolar dan molar karnivora terutama untuk mengunyah, tetapi juga lebih tajam dari gigi premolar dan molar ditemukan pada herbivora (Anonim, 2013).

Artikel Lainnya : Sifat Karbohidrat


Contoh Hewan karnivora

Karnivora (anjing)

  • Mulut
  • Oesophagus
  • Ventrikulus
  • Intestinum tenue
  • Caecum
  • Intestinum crassum

Demikian materi tentang Hewan Karnivora : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Contoh Gambar Secara Lengkap dan jelas, jangan lupa di share ya sobat Murid.Co.Id