Organ Sel tumbuhan

Diposting pada

Sebelum Kita Membahas Struktur Sel Tumbuhan yuk kita kupas tuntas dahulu apa itu sel tumbuhan, untuk lebih jelasnya tentang Organ Sel tumbuhan: Dinding Sel, Plastida Dan Pakula  secara lengkap simak artikel kita Murid.Co.ID di bawah ini :

Struktur Sel Tumbuhan
Struktur Sel Tumbuhan

Sel Tumbuhan

Sel merupakan penyusun tubuh makhluk hidup sebagaimana telah dibuktikan melalui pengamatan mikroskopis oleh Mathias Schleiden (seorang ahli anatomi tumbuhan) dan Theodor Schwann (seorang ahli anatomi hewan) yang kemudian merumuskan bahwa : “sel merupakan kesatuan struktural kehidupan“.


Sel Tumbuhan Menurut Para Ahli

Menurut Max Schultze dan Thomas Huxley

Max Schultze dan Thomas Huxley menyatakan bahwa : “sel merupakan satu kesatuan fungsional kehidupan” yang menunjukkan bahwa aktivitas yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup tercermin dalam aktifitas dalam sel.

Menurut Rudolf Virchow (1858)

Rudolf Virchow (1858) mengemukakan bahwa sel berasal dari sel (omnis cellula e cellula) sehingga lahirlah teori : “sel merupakan kesatuan pertumbuhan“. Setelah ditemukan gen dalam kromosom yang ada di dalam nukleus maka lahirlah teori : “sel merupakan kesatuan heriditas dari makhluk hidup“. Walther Flemming (1843-1913) dan Eduard Strasburger (1875) mengamati pembelahan sel pada reproduksi sel sehingga memunculkan teori sel baru yaitu : “sel merupakan kesatuan reproduksi dari makhluk hidup“.

Artikel Lainnya : Morfologi dan Anatomi Lumut Kerak : Reproduksi Beserta Peranan


Struktur Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki organel-organel tertentu yang tidak dimiliki oleh sel hewan, seperti dinding sel dan plastida.
Sel-sel tumbuhan dewasa berbeda satu dengan yang lain dalam ukuran, bentuk, struktur dan fungsinya. Walaupun demikian semua sel tumbuhan memiliki persamaan dalam beberapa segi sehingga dapat dibanyangkan suatu hipotesis sebuah sel yang segi-segi dasarnya ada dalam bentuk yang secara nisbi tidak termodifikasi. , terdiri atas tiga bagian :

  • Membran sel yang dibagian luarnya di selubungi oleh dinding sel
  • Selapis protoplasma yang melapisi dinding itu dan disebut protoplas
  • Rongga yang disebut vakuola sentral yang menempati bagian terbesar ruang di dalam sel, untuk lebih jelasnya materi tersebut simak di bawah ini.

Artikel Lainnya : Tahapan Kultur Jaringan Beserta Pengertian dan Tujuan


Dinding Sel

Selain membran plasma, sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terletak di luar selaput plasma. Dinding sel dibedakan atas dinding sel primer dan dinding sel sekunder. Dinding sel primer tersusun atas selulosa, hemiselulosa, pektin serta beberapa senyawa lainnya. Molekul-molekul selulosa membentuk mikrofibril, yaitu serat-serat panjang dan memiliki daya regang sangat kuat.


Sel-sel muda yang sedang tumbuh hanya memiliki dinding primer. Dinding sel sekunder hanya dimiliki oleh sel-sel dewasa, yang terletak di antara dinding primer dan membran plasma. Dinding ini dihasilkan oleh protoplasma setelah sel tidak bertambah besar lagi. Kandungan selulosanya lebih banyak dan juga mengandung hemiselulosa serta lignin. Bahan-bahan tersebut menyebabkan dinding sel sekunder lebih tebal dan kaku daripada dinding sel primer.

Struktur sel Utama di Luar Dinding Sel
Struktur sel Utama di Luar Dinding Sel

Di antara dinding-dinding sel yang berdekatan, terdapat lamela tengah yang terdiri atas magnesium dan kalsium yang berupa gelatin. Antara dua dinding yang berdekatan (tetangga) terdapat hubungan benang-benang plasma melalui lubang yang sangat kecil (noktah) yang disebut plasmodesmata.

Artikel Lainnya : Ciri Jamur : Morfologi, Fisiologi dan Cara Bereproduksi


Plastida

Plastida merupakan organel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan. Terdiri atas dua lapis membran, di dalamnya mengandung DNA, ribosom, beberapa jenis protein, sejumlah enzim dan pigmen yang ditemukan pada plastida tertentu. Plastida ada bermacam-macam, yaitu:

  1. Leukoplas adalah plastida yang tidak berwarna;
  2. Amiloplas, plastida yang berisi amilum;
  3. Aleuroplas, plastida yang berisi protein;
  4. Elaioplas, plastida yang berisi lemak;
  5. Kromoplas, plastida yang mengandung pigmen selain klorofil, seperti pigmen merah, jingga, dan kuning;
  6. Kloroplas adalah plastida yang mengandung klorofil.

Artikel Lainnya : Struktur Sel Bakteri : Dinding Dalam dan Luar Berserta Jenis


Kloroplas Merupakan

Kloroplas merupakan salah satu jenis plastida, yaitu organel yang terbungkus oleh dua lapis membran. Mengandung pigmen klorofil atau zat hijau daun, karoten yang memberikan warna jingga, dan xantofil untuk warna kuning. Kloroplas berbentuk cakram dengan diameter dan ketebalan 2 – 4 μm. Organel ini terdapat pada sel-sel fotosintesis tumbuhan dan beberapa jenis.


Di sebelah dalam membran terdapat granum, yaitu tumpukan kantung-kantung yang masing-masing berisi pigmen klorofil, karotenoid, protein, dan lemak. Setiap kantung disebut tilakoid dan ada di antaranya kantung pipih, yang menghubungkan grana yang satu dengan grana yang lain. Seluruh grana terbenam di dalam stroma, yaitu matriks dasar yang transparan dan banyak mengandung enzim penyusun karbohidrat, DNA, RNA, dan ribosom.

Artikel Lainnya : Keuntungan dan Kekurangan Kultur Jaringan : Konsep Beserta Teknik


Vakuola

Vakuola pada sel tumbuhan dibatasi oleh selapis membran yang disebut tonoplas, yang berasal dari retikulum endoplasma dan berperan mengatur transportasi zat yang keluar masuk vakuola. Sel dewasa umumnya memiliki satu vakuola yang besar dan terletak di bagian tengah (vakuola sentral), sedangkan pada sel muda terdapat beberapa vakuola kecil. Vakuola tum-buhan berfungsi untuk menyimpan bahan-bahan hasil sintesis ataupun sisa metabolisme, antara lain garam mineral, karbohidrat, asam amino, alkaloid, dan antosianin yang menentukan warna bunga.


Vakuola pada sel hewan lebih kecil dan tidak dilengkapi tonoplas. Pada beberapa protozoa terdapat vakuola makanan yang mengandung enzim-enzim pencerna intraseluler, juga terdapat vakuola kontraktil yang berfungsi sebagai osmoregulator, yaitu mengatur konsentrasi cairan sel.

Demikian Penjelasan dari kami tentang Struktur Organ Sel tumbuhan: Dinding Sel, Plastida Dan Pakula  secara lengkap dan jelas, terima kasih sudah berkungjung di Murid.Co.ID