Perikanan Peternakan dan Perkebunan

Diposting pada

Perikanan Peternakan dan Perkebunan

Hallo sahabat Murid.Co.ID kali ini kita kan membahas tentang apa itu perikanan, peternakan serta perkebunan. Indonesia merupakan negara agraris dan maritim sehingga perikanan, peternakan, serta perkebunan tidak lepas kaitanya dengan Iindonesia terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian tentang tiga hal tersebut. simak beberapa penjelasannya.

Perikanan

pulau-sedanau-natuna-keramba-budidaya-ikan-napoleon-kerapu-mongabay

Pengertian Perikanan

Perikanan merupakan semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannyya mulai dari prapoduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran yang dilaksankan dalam suatu sistem bisnis perikanan (Perpu No. 45 Tahun 2009). Indonesia merupakan negara maritim dan kepulauan terbesar yang mempunyai garis pantai terpanjang yang menduduki peringkat 4 di dunia. Negara kita memiliki potensi dan peluang pasar hasil produk kelautan dan perikanan yang cukup menjanjikan.

Secara umum menurut Merriam-Webster Dictionary dimana mendefinisikan perikanan sebagai kegiatan, industri atau musim pemanenan ikan dan hewan laut lainnya. Definisi tersebut hampir serupa juga ditemukan di Encyclopedia Brittanica yang mendefinisikan perikanan sebagai pemanenan ikan, kerang-kerangan, dan mamalia laut.

Sementara pengertian yang jauh berbeda yaitu Hampel dan Pauly (2004) mendefinisikan perikanan sebagai kegiatan eksploitasi sumber daya hayati dari laut (Hempel dan Pauly, 2004)

Dalam artian yang lebih luas definisi perikanan tidak diartikan sebagai aktiivitas penangkapan ikan saja termasuk hewan invetrebrata tetapi juga termasuk kegiatan mengumpulkan atau memuat kerang-kerangan, rumput laut dan sumber daya hayati lainnya dalam suatu wilayah geografis perairan tertentu.

Definisi yang lebih luas diberikan oleh Lackey (2005)  yang mengartkan perikanan sebagai suatu sistem yang terdiri dari tiga komponen yakni biota perairan, habitat bioda dan manusia sebagai pengguna sumber daya tersebut.

Intinya adalah perikanan tidak hanya aktivitas tentang menangkap ikan, tetapi pengertian perikanan bisa dilihat dari beberapa aspek seperti pengertian tangkap, pengertian perikanan budidaya, dan pengertian perikanan daerah serta pengertian perikanan lainnya.

Definisi diatas tentu saja hanya sebatas definisi ilmiah yang berlaku secara umum. Dalam konteks legal , Indonesia mengartikan perikanan melalui pengertian yang dituangkan dalam peraturan Undang-Undang No. 31 Tahun 2004 tentang perikanan yang diubah dalam UU No. 45/2009 yang mendefinisikan perikanan sebagai

“Perikanan yaitu semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengelolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan.”

Contoh Perikanan

  • Perikanan Darat

Perikanan darat merupakan usaha pembudidayaan atau penangkapan ikan yang dilakukan di daratan. Pembudidayaan perikanan dapat dilakukan di tambak, keramba, kolam, empang dan media lainnya. Perikanan darat dibedakan menjadi dua yaitu :

Perikanan Air Payau

Perikanan air payau dilakukan di tepi-tepi pantai yang datar dalam bentuk tambak atau empang. Jenis ikan yang diusahakakn adalah udang dan bandeng.

Perikanan Air Tawar.

Perikanan air tawar meliputi perikanan di sawah kolam, danau, sungai, dan keramba. Jenis yang diusahakan adalah ikan mas, lele, gurame, dan lainnya.

  • Perikanan Laut

Usaha pembudidayaan atau penangkapan hewan-hewan laut disebut dengan perikanan laut. Penangkapan hewan-hewan laut biasanya dilakukan oleh penduduk yang tinggal di daerah kawasan pesisir. Nelayan biasanya menangkap hewan-hewan laut dikawasan laut-laut dangkal atau zona nertirik. Secara tradisional, nelayan biasanya menggunakan perahu kecil.

Penangkapan besar-besara biasanya menggunakan perahu motor yang besar, jenis peralatan yang digunakan untuk menangkap ikan sangat beragam, misalnya pancing, jala, jaring, dan lainnya. Potensi perikanan laut Indonesia sangat besar karena hampir 60% wilayah Indonesia merupakan perairan laut. Janis ikan yang dihasilkan antara lain, tongkol, cucut, tuna, dan lainnya.

Peternakan

peternakan besar :sapi

Peternakan merupakan kegitan mengembangbiakan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan berupa jasa, tenaga, dan keuntungan finansial dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas hanya pemeliharaan saja, memelihara dan perternakan bedanya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsi-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.

Kegiatan dibidang peternakan dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau, dan kuda sedangkan kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelici, itik, dll.

Undang-undang RI No 18 Tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan mendefinisikan peternakan adalah segala urusan yang berkaitan dengan sumber daya fisik, benih, bibit, dan/atau bakalan, pakan, alat dan mesin peternakan, budi daya ternak, panen, pasca panen, pengolahan, pemasaran, dan pengusahanya.

Menurut Reksohadiprojo (1995) peternakan adalah pengusahaan ternak untuk tujuan memperoleh hasil dari ternak tersebut untuk kepentingan  manusia.

Ahli lain berpendapat bahwa peternakan adalah suatu kegiatan usaha dalam meningkatkan manfaat kekayaan biotik berupa ternak dengan cara produksi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan manusia dengan memperhatikan keseimbangan alam (Atmadilga dan Mustopha, 1979)

Berdasarkan denfinisi tersebut peternakan dapat definisikan sebagai segala urusan kegiatan usaha dengan meningkatakan manfaat kekayaan biotik ternak yaitu sumberdaya fisik, benih, bibit, dan/bakalan, pakan, alat dan mesin, budidaya dan pengembangbiakan, panen, pasca panen, pengolahan dan pemasaran untuk mendapatkan manfaat dan hasil begi kepentingan manusia dengan memperhatikan keseimbangan ekologis dan kelestarian alam.

Perkebunan

perkebunan tembakau

Pengertian Perkebunan

Menurut undang-undang RI No. 18 Tahun 2004, yang dimaksud dengan perkebunan adalah semua kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah dan/atau media tumbuh lainnya alam ekosistem yang sesuai, mengolah dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman tersebut, dengan bantuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, permodalan, serta manajemen untuk mewujudkan usaha perkebunan dan masayarakat.

Tanaman tertentu adalah tanaman semusim dan/atau tanaman tahunan yang karena jenis dan tujuan pengelolaannya ditetapkan sebagai tanaman perkebunan. Perkebunan diselenggaran berdasarkan atas dasar manfaat dan berkelanjutan, keterpaduan, kebersamaan, keterbukaan, seta berkeadilan, sedangkan tujuan pengelolaan perkebunan adalah :

  1. Meningkatkan pendapatan masyarakat
  2. Meningkatkan penerimaan negara
  3. Meningkatkan pererimaan devisa negara
  4. Menyediakan lapangan kerja
  5. Meningkatkan produktivitas, nilai tambah dan daya saing
  6. Memenuhi kebutuhan konsumsi dan bahan baku industri dalam negeri, dan
  7. Mengoptimalakan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan

Contoh Perkebunan

  • Perkebunan Tebu (sugar cane)
  • Perkebunan Teh
  • Perkebunan Karet
  • Perkebunan Kopi
  • Perkebunan Tembakau
  • Perkebunan Kelapa Sawit.

sekian penjelasan dari kami tentang peternakan, perikanan, dan perkebunan. baca juga artikel terkait lainnya :

Pengertian Asas Bipatride, Apatride, dan Multipatride Secara Lengkap

Pengertian Peta, Unsur, Syarat dan Jenisnya

Pengertian Kompetisi dan Predasi Simbiosis Beserta Macam Secara Lengkap

Sifat, Ciri dan Faktor Terbentuknya Pasar Oligopoli

Perikanan Peternakan dan Perkebunan
5 (100%) 8 vote[s]