Pencemaran Tanah | Pengertian, Penyebab, Dampak Solusi dan Contohnya

Diposting pada
5.0
55

Halo sahabat Murid.Co.ID, di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pencemaran tanah. Adapun pokok bahasan adalah pengertian, apa yang menyebabkan, dampak yang ditimbulkan serta solusi yang cocok untuk mengurangi pencemaran tanah. Mari simak penjelasannya :

Pengertian

 

 

Pencemaran tanah merupakan keadaan dimana bahan kimia buatan manusia merubah lingkungan tanah yang alami. Hal ini disebabkan oleh kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas yang sifatnya komersial, penggunaan pestisida, masuknya air ke permukaan tanah yang tercemar , kecelakaan kendaraan pengangkut minyak, bahan kimia atau limbah.

Sedangkan menurut Peraturan Pemerintah RI No. 150 tahun 200 tentang pengendalian kerusakan tanah untuk bio masa didefinisikan “tanah merupakan salah satu komponen lahan berupa lapisan teratas kerak bumi yang terdiri dari bahan mineral dan bahan organik serta mempunyai sifat fisik, kimia serta memiliki kemampuan menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya”.

Ketika suatu zat berbahaya atau beracun telah mencemari permukaan tanah, hal itu akan menguap, tersapu air hujan kemudian masuk kedalam tanah. Pencemaran yang masuk kedalam tanah kemudian terendap yang berperan sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung terhadap manusia.

 

Penyebab

 

Pencemaran tanah dapat digolongkan kedalam beberapa golongan yang menjadi pemicunya, antara lain adalah limbah domestik, limbah industri serta limbah pertanian, berikut penjelasannya:

 

Limbah Domestik

 

Limbah domestik adalah limbah yang berasal dari daerah pemukiman masyarakat diantaranya dapat dihasilkan dari aktivitas perdagangan, pasar tempat usaha perhotelan dan lainnya. Adapun bisa berasal dari kelembagaan misalnya dari kantor-kantor yang sifatnya negeri maupun swasta serta pariwisata. Limbah yang dihasilkan bisa dalam wujud padat maupun cair.

  1. Limbah padat berupa sampah anorganik. Jenis sampah ini merupakan sampah yang tidak bisa diurai oleh mikroorganisme. Contoh dari limbah anorganik ini adalah kantong plastik, kaleng bekas, botol plastik dan lainnya.
  2. Limbah cair bisa berupa deterjen, oli, tinja, cat, apabila meresap kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah yang bahkan dapat membunuh mikroorganisme yang ada didalam tanah.

 

Limbah Industri

 

Limbah industri merupakan sisa buangan dari hasil kegiatan produksi. Maksud produksi disini adalah bisa dalam skala domestik atau rumah tangga maupun dalam skala yang lebih besar. Limbah industri dapat diartikan juga sebagai sisa buangan yang dihasilkan dari proses produksi pada suatu industri. Limbah industri dapat digolongkan menjadi beberapa golongan diantaranya padat, cair dan gas serta ada yang berbentuk partikel.

 

Limbah Pertanian

 

Limbah pertanian dapat diartikan sebagai bahan yang dibuang di sektor pertanian. Misalnya sabut dan tempurung kelapa, jerami, dedak padi, kulit tulang pada ternak. Secara garis besar limbah pertanian dibagi kedalam beberapa kelompok diantaranya limbah pra panen, saat panen dan pasca panen.

 

Dampak

Berikut ini dampak yang dapat ditimbulkan akibat pencemaran tanah:

 

  1. Bagi Kesehatan

Pencemaran tanah dapat mempengaruhi kesehatan, adapun masalah yang ditimbulkan akibat adanya pencemaran tanah:

Kanker: sebagian besar polutan tanah mengandung zat karsiogenik yang dapat menyebabkan penyakit kanker, hal ini terkandung dalam logam berat.

Kerusakan organ, tak hanya kanker kerusakan organ bisa terjadi hal ini dikarenakan oleh zat polutan tanah yang berbahaya. Contohnya adalah kerusakan ginjal yang disebabkan oleh merkuri.

Biokumulasi: biokumulasi bisa terjadi apabila manusia memakan daging ataupun sayur yang terpapar polutan tanah. Hal ini perlu kita waspada karena ini dapat berujung pada penyakit kronis lainnya secara tidak sadar.

  1. Lingkungan

Pencemaran tanah tentunya bisa merusak lingkungan yang dapat menyebabkan kerusakan pada ekosistem, berikut beberapa penyebabnya:

Hilangnya keragaman hayat: hal ini disebabkan karena paparan polutan yang berbahaya dapat mematikan jenis tanaman atau hewan yang bisa menyebabkan kelangkaan spesies.

Menurunkan kesuburan tanah:  hal ini disebabkan karena mikroflora tanah dapat menyebabkan tanah menjadi tidak subur seperti sedia kala. Hal ini bisa diakibatkan karena ketidakakseimbangan Ph tanah.

Perubahan Struktur Tanah: hal ini juga berdampak pada berubahan struktur tanah apabila ada polutan yang dapat membunuh komponen pentung untuk tanah.

Contoh

Berikut beberapa contoh pencemaran tanah yang sering terjadi, diantaranya adalah;

  • Pembuangan sampah plastik
  • Penggunaan pupuk kimia yang berbahaya
  • Pembuangan limbah detergen
  • Penggunaan pestisida yang bersisa
  • Adanya pecahan logam di tanah
  • Terdapat besi yang tertimbun dalam tanah
  • Pengikisan yang disebabkan oleh air
  • Adanya hujan asam

Sekian penjelasan dari kami, semoga materi ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar maupun sumber referensi untuk sahabat semua. Jangan lupa baca artikel terkait lainnya;

Pengertian Administrasi, Ciri, Fungsi dan Jenis Administrasi

Pengertian Tumbuhan Angiospermae Beserta Ciri dan Contohnya

Pengertian Bakteri Secara Lengkap | Struktur, Ciri, Bentuk dan Jenisnya

Pengertian Demokrasi Pancasila, Ciri dan Asasnya (Lengkap)