Manfaat Minyak Almond untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diposting pada

Manfaat Minyak Almond Bagi Kesehatan
Manfaat Minyak Almond Bagi Kesehatan

Halo sahabat Murid.Co.Id , kali ini kita akan membahas manfaat dari minyak almond. Almond atau yang kerap disebut Badam dan amandel ini merupakan subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Kata badam sendiri dalam bahasa Indonesia merujuk pada pohon yang biji buahnya dapat dibuat minyak.

Minyak almond telah digunakan secara luas untuk kepentingan kesehatan serta kecantikan jauh sebelum ilmu pengetahuan berhasil mengetahui kebaikan biji ini. Minyak almond sangat kaya dengan vitamin E, Asam lemak  tak jenuh, protein, kalium, dan zinc.

Untuk Mengobati Ruam Kulit

Ruam kulit sering dijumpai pada anak-anak bayi yang menggunkan popok, tak hanya itu ruam pada kulit bisa terjadi pada dewasa yang menggunakan celana dalam yang ketat. Gesekan ini dapat menyebabkan kulit menjadi lecet. Jenis dermatis ini dapat menyebabkan rasa sakit dan sensasi seperti terbakar.

Minyak Almond menjadi alternatif untuk pengobatan pada ruam kulit. Pengaplikasian minyak almond pun cukup sederhana. Celupkan tiga jari kita ke dalam miyak dan oleskan dengan lembut pada bagian yag sakit. Diamkan beberapa saat hingga minyak meresap pada kulit. Minyak almond ini juga dapat digunakan pada bayi sengan catatan tidak memiliki alergi spesifik terhadap minyak ini.

 

  • Untuk Nyeri Otot dan Kelelahan

Mengurangi rasa sakit dan nyeri otot adalah salah satu keegunaan dari minyak almond. Cukup dengan oleskan minyak almond ada otot yang lelah, atau menggunakannya sebagai aromaterapi untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Untuk hasil yang terbaik juga bisa dicoba dengan cara memanaskan terlebih dahulu. Oleskan minyak hangat ini ke otot yang sakit dan pijat. Basahi haduk tebal dengan air panas, peras, kemudian gunakan sebagai penutup area yang telah dipijat menggunakan minyak almond panas. Diamkan beberapa saat, perawatan jenis ini dapat mengurangi kelelahan otot.

 

  • Mengontrol Kerontokan Rambut

Setiap hari  kita kehilangan setiadaknya seratus helai rambut, tetapi itu tidak mempengaruhi total volume rambut kita karena pertumbuhan rambut baru yang menggantikan yang lama. Tetapi jika rambut kita lebih rontok lebih parah dari biasanya, kulit kepala kita akan menunjukan tanda-tanda penipisan yang bisa sangat mengganggu. Hal ini disebabkan oleh polusi, kurangnya asupan gizi, ketidakseimbangan hormon dan stres. Kekurangan kalsium dan magnesium mengakibatkan pertumbuhan rambut yang buruk. Zinc adalah mineral paling penting untuk rambut sehat. Diketahui bahwa kekurangangan zinc dapat menyebabkan alopecia, yang ditandai dengan penipisan rambut.

Solusinya adalah menggunakan minyak almond secara teratur untuk mengendalikan kerontokan. Cara yang paling efektif adalah hangatkan terlebih dahulu, kemudikan oleskan pada kulit kepala setiap malam sehabis mandi, pijat dengan lembut hingga minyak tereserap.

 

  • Untuk Menyehatkan Kuku

Jika sahabat memiliki kuku yang tipis dan mudah patah, hal tersebut mengindikasi bahwa sahabat kekurangan mineral dalam tubuh. Yang perlu dilakukan adalah perawatan dengan menggunkaan minyak almond. Selain zinc, minyak ini juga menggandung vitamin B-kompleks dan zat besi dalam jumlah yang cukup banyak yang juga membantu menngkatkan kesehatan kuku. Cukup oleskan setetes minyak hangat pada kuku. Lakukna setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  • Untuk Kesehatan Jantung

Almond sangat mendukung kesehatan jantung. Sebuah teori menunjukan kacang-kacangan memiiki zat yang sangat bermanfaat untuk jantung. Orang yang memiliki masalah dengan jantung sering disarankan untuk mengkonsumsi segenggam almond mentah setiap hari.  Minyak almond kaya akan asam lemak tak jenuh yang disebut dengan asam oleat yang dianggap baik untuk jantung.

Tak hanya untuk kesehatan lho sahabat, minyak almond juga bisa membuat wajah menjadi lebih terawat, berikut manfaat minyak almond untuk kecantikan.

 

  • Kulit Halus dan Sempurna

Minyak almond adalah miyak hipoalegenik ringan yang dapat digunakan dengan aman bahkan untuk kulit bayi. Minyak ini merupakan minyak pijat yang terbaik untuk bayi. Ketika digosokan dengan lembut kekulit, ia akan sepenuhnya terserap, sehingga cocok digunakan setelah mandi untuk mendapatkan kulit yang halus. Untuk meningkatkan penyerapan, hangatkakan terlebih dahulu minyak sesuai dengan suhu tubuh.

 

  • Membersihkan Kulit secara Mendalam

Minyak almond memiliki tekstur yang ringan, dan dapat diserap mudah menembus jauh kedalam kulit, melembutkan dan menghilangkan kotoran yang tersumbat didalam pori-pori kulit. Hal ini dapat mencegah komedo dan jerawat. Berkat kandungan vitamin A dalam minyak tersebut, minyak ini dapat membantu mengurangi jerawat. Minyak almond dapat digunakan dengan aman sekalipun di kulit sensitif. Dan sangat bagus juga digunakan sebagaii make-up remover.

 

  • Untuk Menghilangkan Mata Panda

Jika sahabat memiliki lingkaran hitam dibawah mata, minyak almond bisa membantu untuk menghilangkannya. Caranya cukup mudah hanya oleskan pada bagian bawah mata yang mengitam sebelum tidur dan bilas ketika bangun tidur. Hasil yang nyata akan tampak setelah dua minggu.

 

  • Mengurangi Garis-Garis Halus dan Tanda Penuaan Lainnya

Kulit halus dan kenyal merupakan keremajaan kulit. Kolagen dapat membentuk lapisan yang rata dibawah kulit dan berperan sebagai bantalan yang baik untuk menjaga kulit tetap kencang, namun kenyal. Kerutan halus muncul seiring dengan bertambahnya usia karena penipisan kulit dan ketidakrataan pada lapisan kolagen dibawahnya. Minyak almon ini kaya akan protein dan dapat menyediakan asam amino yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen.

Itulah beberapa manfaat dari minyak almond untuk kesehatan serta kecantikan, Demikian penjelasan dari kami tentang  manfaat minyak almond untuk kesehatan dan kecantikan bagi manusia.

Baca juga arikel lain di sini :