Pengertian Reboisasi Beserta Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

Diposting pada

Haii Sobat Murid.Co.Id dalam artikel kita kali ini yang akan kita bahasa adalah reboisasi. untuk lebih jelasnya tentang apa saja yang di bahas dalam artikel kita kali ini mari simak untuk lebih jelasnya

 

Pengertian Reboisasi

Reboisasi adalah tindakan penanaman kembali hutan yang gundul atau hutan yang ditebangi oleh tangan tangan yang tidak bertanggung jawab, atau akibat bencana alam, reboisasi memiliki tujuan yang sangat baik dan mulanya untuk peningkatan kualitas hidup manusia melalui kualitas sumber daya alam.

Dengan kembalinya fungsi hutan dari polusi udara, kembali ekosistem hutan, penyerapan karbon dioksida yang optimal dan hasil hutan yang dapat dimanfaat oleh manusia. Reboisasi sangat erat kaitannya dengan penghijauan dikawasan hutan atau areal yang akan dijadikan kawasan hutan, areal tersbut bisa berupa hutan yang telah rusak atau area non hutan yang akan dijadikan hutan.

 

Reboisasi Merupakan

Reboisasi merupakan salah satu cara untuk meregenerasi kawasan hutan yang telah rusak, kadang kala hutan yang telah rusak bisa memulihkan dirinya sendiri dengan melibatkan benih hutan secara alami yang tidak sebanding dengan laju kerusakan hutan atau deforestasi. Bahkan pada tingkatan kerusakan yang parah dan alam tidak bisa memulihkan dirinya dengan sendiri.

Bandingkan bila pegunungan tandus, pinggir jalan tanpa kerindangan pepohonan, tentu lingkungan tidak lagi sejuk lagi, air tanah untuk kebutuhan pertanian tidak terbatas, turunnya curah hujan dan rusaknya ekosistem hutan yang dihuni oleh beraneka ragam satwa dan fauna, Berikut adalah tujuan dan manfaat dari reboisasi, Untuk Lebih jelasnya silakan lihat artikel kami selanjutnya.

Pengertian Reboisasi Beserta Tujuan, Manfaat dan Fungsinya
Pengertian Reboisasi Beserta Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

Tujuan, Manfaat dan Fungsi Reboisasi

Tujuan  Reboisasi

Tujuan dari reboisasi adalah agar hutan kembali subur dan mencegah dari banjir, mengurangi polusi udara atau biasa kita sebut Global Warning, dan yang paling pasti tidak merusak habitat hewan hewan yang ada di hutan, beberapa kriteria dari Tujuan Reboisasi :
Melindungi Bumi dari global warning (Pemanasan Global)
Mencegah banjir dan tanah longsor.
Udara akan lebih sejuk karena pepohonan menghasilkan oksigen yang dapat menyejukkan udara di sekeliling kamu.

 

Manfaat Reboisasi

Dengan anda melakukan reboisasi anda dapat memperoleh banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut :
1. Udara disekitar jadi semakin sejuk dan nyaman, pulusi udara menjadi lebih sedikit
2. Untuk menjaga keseimbangan alam karena lama membutuhkan penyeimbang supara manusia hidup jadi lebih baik dan juga reboisasi memiliki manfaat dalam pencegahan terjadinya banjir, dan menahan supaya tidak turun kebawa dan menjadikan banjir.

 

Fungsi Reboisasi

Fungsi dari reboisasi atau penanaman kembali hutan kembali yaitu sebagai berikut, dianataranya :
1. Melestarikan Sumber Daya Alam
Bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya , yang bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup
2. Mengurangi Pencemaran Lingkungan
Meningkatnya pengguna kendaraan bermotor dan kegiatan industri seperti pabrik pabrik dan pertambangan telah banyak mengganggu ekosistem yagng masih hiduo
3. Melestarikan hutan dan mencegah adanya banjir, longsor dan bencana alam lainnya.

oisasi berkaitan dengan proses penghijauan, dengan menjalankan penggalakan penghijauan sehingga lingkungan sekelilingnya akan lebih sejuk untuk dijadikan tempat tinggal, membuat air tersedia dan terjamin serta dapat meningkatkan kesuburan tanah. Dan juga kegiatan reboisasi bisa menurunkan pemanasan global (global warming).

Artikel Pada website ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Reboisasi Serta Tujuan Manfaat dan Fungsinya semoga bermanfaat.

Pengertian Reboisasi Beserta Tujuan, Manfaat dan Fungsinya
5 (100%) 5 vote[s]