Pengertian Ekosistem : Macam dan Komponennya

Diposting pada

Hallo sobat Murid.Co.Id  mungkin kalian sudah mengetahui apa itu ekosistem ? apakah kalian ingin mengetahui lebih jelas tentang apa itu ekosistem ? mungkin di website kami kali ini akan membahas tentang pengertian ekosistem, macam macam ekosistem dan komponen apa saja yang ada dalam ekosistem, untuk lebih jelas mari simak artikel dari kami yang ada di bawah ini mari cekidot.

 

Pengertian Ekosistem

Ekosistem merupakan suatu proses yang terbentuk adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan, jadi kita dapat mengetahui ada komponen Biotik (Hidup) dan juga Komponen Abiotik yang (Tidak Hidup) yang terlibat di dalam suatu ekosistem, dari kedua komponen ini tentunya saling mempengaruhi  contohnya hubungan hewan dengan air

 

Apa Itu Ekosistem adalah

Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan hubungan interaksi timbal balik  antara organisme dengan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber yang utama dari semua energi yang ada di muka bumi ini. Istilah ekosistem pertamakali di kemukakan oleh Tansley pada tahun 1935. Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan faktor lingkungan alam yang saling berhubungan, sebenarnya membentuk suatu sistem yang tidak dapat di pisahkan dari makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

 

Macam Macam Pada Ekosistem

Pada setiap ekosistem mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ekosistem secara garis besar dapat dibagi menjadi beberapa ekosistem diantaranya ekosistem darat dan ekosistem akuatik. Selain itu, juga terdapat ekosistem buatan yang diciptakan oleh  manusia itu sendiri.

 

Ekosistem Darat

Ekosistem memilki tipe vegetasi paling dominan disebut  bioma. Bioma merupakan ekosistem darat ciri khas yang ada pada wilayah tertentu dan dicirikan oleh jenis vegetasi yang dominan pada wilayah tersebut ialah sebagai berikut.

Pengertian Ekosistem : Macam Macam dan Komponen Komponennya
Pengertian Ekosistem : Macam Macam dan Komponen Komponennya

 

  1. Hutan Hujan tropis memiliki ciri ketinggian yang lebih rendah dari permukaan laut, ciri lingkngannya intensitas cahaya matahari yang tinggi, lama waktu siang kurang lebih sama dengan malam hari
  2. Padang Rumput (stepa/prairie). Memiliki ciri intensitas curah hujan sedang antara (50—76 cm/tahun), Vegetasi pada padang rumput antara lain rumput rumputan dan semak semak, padang rumput umumnya sangat subur untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.
  3. Gurun Merupakan bioma yang kering dan memiliki intensitas curah hujan yang sangat rendah dari (15cm/tahun). Ciri ciri dari vegetasi gurun ialah yang dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat saat air tersedia. Contoh kaktus.

 

Ekosistem Akuatik

Kedalaman arus air pada ekosistem akuatik dapat memberikan peran yang sangat penting dalam keberagaman ekosistem akuatik, Organisme dalam akuatik yang hidup di perairan deras akan berbeda dengan perairan yang tenang, Secara garis besar ekosistem akuatik dapat dibedakan beberapa diantaranya sebagai berikut.

 

Ekosistem Air tawar

  • Danau Struktur danau pada umumnya hampir mirip dengan struktur air  laut. Bagian dasar pada danau disebut Litoral, sedangkan bagian danau yang terbuka biasa disebut sebagai zona Limnetik.
  • Lahan Basah Lahan basah biasa disebut juga sebagai Wet Land. Adalah suatu yang digenangi oleh air sehingga kondisi (keadaan) menyongkong untuk kehidupan dari berbagai jenis organisme akuatik. Lahan basah juga bisa dibedakan dalam 3 hal di antaranya sebagai berikut, menjadi rawah basah (Marsh), rasa lumpur (Swamp)  dan tanah gambut (bog)
  • Sungai Sungai merupakan badan air yang bergerak terus menurus yang tiada henti  menuju satu arah. Air sungai di bagian hilir terasa lebih hangat di bandingkan dengan hulu sungai. Organisme Foto sintetik jarang ditemukakn pada sungai di bagian hulu sungai. Walaupun kandungan organik lebih rendah, kadar oksigen di hulu sungai lebih tinggi.

 

Ekosistem Air Laut

Dalam ekosistem laut ini dapat di bagi beberapa Zona Interdal (zona pasang surut), Zona Neritik (Zona Laut dangkal), dan Zona Pelagik (zona laut terbuka) untuk lebih jelasnya mari simak artike kami ini.

  • Zona Intertidal Area pasang surut air laut sepanjang garis pantai, pada saat pasang zona interdal ini akan tertutupi air laut. Sedangkan pada saat surut , zona ini akan terlihat kering dan terpapar oleh udara
  • Zona Neritik Pada zona neritik ini berada di antara zona interdal dan zona pelagik. Kedalaman  pada zona neritik ini rata rata zona laut yang sangat dangkal sekitar 200m. Pada umumnya suhu dan salinitas air laut di zona neritik ini relatif stabil, proses fotosintesis ini dapat  berlangsung karena cahaya matahari dapat menembus ke dasar laut
  • Zona Pelagik Pada zona pelagik ini rata rata kedalaman 4.000m, sekitar 75% air laut pada zona ini, pada zona pelagik ini merupakan zona yang paling tidak produktif. Kandungan nutrisi pada zona pelagik ini juga rendah dikarenakan tidak dapat di tembus oleh cahaya matahari serta tidak adanya proses fotosintesis yang menyediakan energi banyak organisme.

 

Ekosistem Buatan

Pada ekosistem buatan ini merupakan ekosistem yang dapat di ciptakan oleh manusia digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Ekosistem kali ini tidak terbentuk secara alami, tetapi di buat oleh manusia untuk di ambil manfaatnya.

 

Komponen Dalam Ekosistem

Ekosistem merupakan hubungan antara Unit biosistem makhluk hidup dan lingkungannya, Komponen tersebut dapat berupa komponen Abiotik dan Biotik berikut adalah penjelasannya.

  1. Komponen Abiotik merupakan komponen ekosistem yang terdiri dari makhluk yang tidak hidup atau benda mati, meliputi Tanah, Air, Udara dan cahaya matahari.
  2. Komponen Biotik merupakan komponen ekosistem yang terdiri dari makhluk yang hidup dari mulai tumbuhan, hewan dan manusia, berdasarkan peranannya komponen biotik di dalam ekosistem dapat di bedakan menjadi 3 yaitu
  • Produsen
  • Konsumen
  • Pengurai
Pengertian Ekosistem : Macam Macam dan Komponen Komponennya
Pengertian Ekosistem : Macam Macam dan Komponen Komponennya

 

Pola Makanan Dalam Ekosistem

Organisme Autotrof Ialah semua organisme yang dapat membuat atau mensintesis makanannya sendiri, dapat berupa bahan organik dan bahan bahan anorganik dengan bantuan sinar matahari melalui fotosintesis. Pada semua oranisme autotrof  di bagi menjadi 2 diantaranya sebagai berikut.

  1. Fotoautotrof yang merupakan organisme dalam pemanfaatan energi cahaya untuk mengubah bahan anorganik menjadi ke bahan organik.
  2. Kemoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat dala energi dari reaksi kimia untuk membuat bahan makanan sendiri, contohnya ialah bakteri besi dalam proses ini mereka sangat membutuhkan oksigen.

Gimana ini apa kalian sudah baca tentang pengertian ekosistem secara lengkap dan  Sudahkah anda memahami ? Jangan lupa catat point-point penting agar kalian bisa mengidentifikasi secara lengkap. Jangan pernah berhenti belajar, mari cintai lingkungan dan ekosistem di bumi pertiwi kita, terima kasih telah berkunjung di website kami semoga bermanfaat.

Posting pada IPA