Contoh Chlorophyta (Ganggang Hijau)

Diposting pada

Chlorophyta Adalah

Chlorophyta adalah ganggang yang mengandung klorofil dan karotin berwarna kuning sehingga warnanya menjadi hijau kekuningan. Biasanya, ganggang ini hidup di air tawar, seperti air kolam, air danau, ataupun air sungai. Air kolam, sungai, atau danau akan berwarna hijau karena adanya jenis ganggang hijau di dalamnya.

Artikel Lainnya : Cara Hidup dan Habitat Alga


Chlorophyta (Ganggang Hijau) Merupakan

Chlorophyta (ganggang hijau) merupakan plankton yang hidup melayang-layang di air tawar atau laut. Ganggang hijau dapat berbentuk benang, filamen, ataupun berkoloni. Contoh ganggang hijau, antara lain,Volvox sp., Spirogyra sp., dan Ulothrix sp. Dengan bantuan cahaya matahari, Chlorophyta dapat melakukan fotosintesis.


Plankton ini merupakan sumber makanan utama bagihewan-hewan yang hidup di dalamnya. Plankton disebut sebagai produsen. Bagaimana kalian tahu jika Chlorophyta sedang melakukan fotosintesis? Amati dan perhatikan kolam ikan air tawar pada siang hari.


Jika kalian perhatikan dengan baik, ganggang yang terkena cahaya matahari akan mengeluarkan gas berupa gelembung-gelembung kecil yang menempel pada pinggir-pinggir kolam, gas itu adalah oksigen. Oksigen adalah gas yang dihasilkan dalam proses fotosintesis.

Artikel Lainnya : Klasifikasi Alga


Ciri – Ciri Chlorophyta

Ganggang hijau (Chlorophyta) mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tubuhnya mengandung klorofil dan berwarna hijau. Sel mengandung kloroplas yang berisi klorofil a.b. karoten dan xantofil,
  2. Hidup melayang-layang di air tawar atau air laut,
  3. Merupakan makhluk hidup bersel satu yang berbentuk benang, lembaran, dan berkoloni,
  4. Telah memiliki dinding sel, dan
  5. Cadangan makanan disimpan di suatu rongga yang berbentuk bulat. Rongga ini terletak di dekat kloroplas yang disebut pirenoid.

Cara Mendapatkan Makanan

Ganggang hijau mengandung klorofil dan dapat melakukan fotosintesis untuk mendapatkan makanannya. Ganggang hijau berperan sebagai pemasok bahan makanan utama bagi hewan-hewan yang ada di perairan tersebut. Di perairan tersebut, ganggang hijau disebut sebagai produsen.

Artikel Lainnya : Perkembangbiakan Secara Vegetatif


Cara Chlorophyta Bereproduksi

Reproduksi Chlorophyta dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara seksual dan secara aseksual. Reproduksi seksual dilakukan dengan cara peleburan sel kelamin jantan dan betina serta ada juga yang secara konjugasi.


Reproduksi secara aseksual dilakukan tanpa adanya peleburan sel jantan dan betina, tetapi dilakukan dengan pembelahan biner (ganggang bersel satu), fragmentasi (ganggang berbentuk benang dan berkoloni), serta pembentukan zoospora (spora kembara).

Cara Chlorophyta Bereproduksi
Cara Chlorophyta Bereproduksi

Bentuk Ganggang Hijau

  • Bersel tunggal : Clamydomonas, Chlorococcum, dan Chlorella
  • Berbentuk koloni : Hydrodictyon, Volvox, dan Scenedesmus
  • Berbentuk lembaran : Ulva, Chara, dan Halimeda
  • Berbentuk berkas : Spyrogyra, Derbesia, dan Ulothrix

Contoh Ganggang Hijau

Terdapat beberapa jenis ganga hijau di antaranya sebagai berikut :


Chlamydomonas

Chlamydomonas. Chlamydomonas merupakan ganggang hijau uniseluler yang berflagela. Sering ditemukan di air tawar yang tergenang.


Chlamydomonas memiliki sel berbentuk lonjong dan dinding sel berbahan selulosa sobat! Dan juga memiliki sepasang flagela yang terdapat di depan sel. Chlamydomonas juga memiliki bintik mata yang mengandung pigmen berwarna kemerahan terletak di pangkal flagela yang biasa disebut dengan stigma.

Artikel Lainnya : Ciri – Ciri Alga


Chlamydomonas hidup secara Autotrof dengan kloroplas tunggal. Chlamydomonas juga memiliki vakuola kontraktil dan pirenoid. Kelebihan fotosintesis pada Chlamydomonas akan disimpan sebagai pati di sekitar pirenoid Vakuola kontraktil pada Chlamydomonas berfungsi mengeluarkan kelebihan air guna menjaga kestabilan osmotis sel.

Chlamydomonas bereproduksi secara aseksual dengan fragmentasi dan secara seksual dengan isogami.


Volvox

Volvox merupakan ganggang hijau yang berkoloni yang sering ditemukan di danau atau telaga. Koloninya berbentuk bola yang besar sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. Sel-sel koloni volvox berjumlah antara 500 sampai 20.000 sel.


Setiap sel terhubung berdampingan di sekelilingnya melalui untaian sitoplasma. Setiap sel Volvox dalam keadaan bebas (individual) sangatlah mirih dengan Chlamydomonas.


Cara Reproduksi

Volvox dapat berkembang biak secara seksual maupun aseksual. Reproduksi aseksual dengan membentuk beberapa koloni kecil di dalam bola, dan koloni tersebut akan berkembang dengan pembelahan sel yang bergerak bebas dalam koloni induk. Koloni baru akan melepaskan diri bersamaan dengan hancurnya koloni induk.

Artikel Lainnya : Reproduksi Alga


Reproduksi Seksual Volvox bersifat Oogami

Reproduksi seksual Volvox bersifat oogami. Beberapa sel dalam koloni membesar dan menghasilkan sel-sel telur yang diam. Beberapa sel lainnya menghasilkan sperma motil yang nantinya akan membuahi sel telur.


Setelah terjadi pembuahan, zigot akan membesar membentuk dinding. Zigot lalu keluar bersamaan dengan hancurnya koloni. Lalu kemudian zigot akan membelah berulang-ulang membentuk koloni baru.

Artikel Lainnya : Pengertian Kompetisi dan Predasi Simbiosis


Spirogyra

Spirogyra merupakan ganggang berfilamen yang berukuran besar dan mempunyai daerah penyebaran yang luas. Spirogyra dapat dijumpai pada permukaan sungai maupun kolam.


Sel Spirogyra Tumbuh dalam Filamen

Sel-sel Spirogyra tumbuh dalam filamen atau benang-benang yang tidak bercabang, setiap sel mengandung satu atau lebih kloroplas yang berpilin. Di dalam kloroplas terdapat pirenoid yang letaknya beraturan biasanya dikelilingi oleh butiran-butiran padi.


Spirogyra dapat berkembang biak secara aseksual maupun seksual. Aseksual dengan cara fragmentasi benang, sehingga memungkinkan potongan benang menjadi organisme baru. Dan reproduksi seksual dengan konjugasi.

Demikian kami dari Murid.Co.Id telah membahas tentang Contoh Chlorophyta (Ganggang Hijau) secara lengkap dan jelas jangan lupa di share ya sobat semoga bermanfaat, terima kasih.