Kelas Myriapoda : Ciri, Struktur Tubuh, Klasifikasi & Contoh

Kelas Myriapoda : Ciri, Struktur Tubuh, Klasifikasi & Contoh

Hallo sobat Murid.Co.Id kita berjumpa kembali ini dengan kami, dalam kesempatan kali ini sobat murid akan berbagi materi tentang Kelas Myriapoda : Ciri, Struktur Tubuh, Klasifikasi & Contoh secara lengkap dan jelas, untuk lebih jelasnya mari simak artikel kami di bawah ini, semoga bermanfaat.

Kelas Myriapoda (Hewan Berkaki Banyak)
Kelas Myriapoda (Hewan Berkaki Banyak)

Kelas Myriapoda (Hewan Berkaki Banyak)

Arthropoda adalah hewan triploblastik, selomata (tubuh dan kaki beruas-ruas) dan bilateral simetris. Tubuhnya terdiri atas kepala, dada, dan abdomen yang keseluruhannya dibungkus oleh zat kitin dan merupakan kerangka luar (eksoskeleton). Biasanya diantara ruas-ruas terdapat bagian yang tidak berkitin sehingga ruas-ruas tersebut mudah digerakkan.


Ciri – Ciri Myriapoda

Myriapoda (Yunani: myriad = banyak, podos = kaki) yaitu hewan Arthropoda yang mempunyai kaki berjumlah banyak. Contohnya kaki seribu.

Hidup pada habitat yang lembab, misalnya di bawah daun, batu, atau tumpukan kayu. Myriapoda ada yang merupakan hewan karnivora (makanannya berupa binatang kecil) dan herbivora (pemakan daun dari sampah).


Struktur Tubuh Myriapoda

Myriapoda mempunyai bentuk tubuh yang langsing dan panjang dengan segmen-segmen yang serupa. Pada setiap segmen terdapat sepasang atau dua pasang kaki untuk berjalan. Tubuh myriapoda terdiri dari kepala (kaput) dan perut (abdomen), dan tidak mempunyai dada.

Di bagian kepala terdapat sepasang antena, sepasang mata yang terdiri dari oseli, mulut yang dilengkapi rahang (mandibula) dan sepasang rahang atas (maksila). Myriapoda bernapas dengan sistem trakea dan spirakel (lubang di permukaan tubuh untuk bernapas) yang terdapat pada setiap segman tubuhnya.

Alat ekskresi berupa tubulus malpighi. Myriapoda bereproduksi secara seksual, bersifat gonokoris dan fertilisasi internal di tubuh betina.


Klasifikasi Myriapoda

Myriapoda dibedakan menjadi dua kelas yaitu Diplopoda (luwing atau kaki seribu), dan Chilopoda (kelabang atau lipan). Diplopoda dan Chilopoda sering disatukan sebagai kelas Myriapoda.

Diplopoda

Diplopoda atau hewan berkaki seribu atau luwing. Bentuk tubuh silindris panjang bersegmen, yang berjumlah sekitar 25 – 100 segmen. Tubuh terdiri atas sefalotoraks yang pendek dan perut yang panjang. Pada bagian ventral abdomen, setiap segmen terdapat dua pasang kaki, sedangkan pada larva hanya terdapat sepasang kaki di setiap segmen. Dua pasang spirakel terdapat di setiap segmen tubuhnya.

Pada kepala terdapat sepasang antena pendek. Diplopoda bertelur (ovipar), makanannya berupa tumbuhan atau sisa-sisa tumbuhan. Kaki seribu berjalan lambat, apabila terganggu Diplopoda segera menggulungkan tubuhnya, seolah-olah mati. Bernafas dengan trakea.

Contoh:

luwing atau kaki seribu (Trigoniulus corallinus)


Chilopoda

Chilopda lebih dikenal dengan kelabang atau lipan. Tubuhnya berbentuk pipih dorsoventral, dan terdiri atas 15 – 173 segmen, di setiap segmen abdomen terdapat sepasang kaki di bagian lateral kecuali segmen pertama di belakang kepala dan dua segmen terakhir. Kaki pada segmen pertama di belakang kepala termodifikasi menjadi cakar beracun disebut maksiliped, untuk melumpuhkan mangsanya.

Pada kepala terdapat sepasang antena panjang yang terdiri atas 12 segmen. Chilopoda hidup di darat dan bernapas dengan trakea yang bercabang-cabang ke seluruh jaringan tubuhnya. Lubang trakea atau spirakel terdapat pada setiap segmen.

Contoh:

  • Kelabang (Lithobius forficatus)
  • Lipan (Scolopendra morsitans)

Rangkuman

Kelas Arachnoidea (laba-laba), dengan anggota terdiri dari laba-laba, kalajengking, ketonggeng, tungau, caplak dan kutu, hidup bebas sebagai karnivora maupun parasit.

Tubuh terdiri atas kepala dan dada menyatu (sefalotoraks) serta abdomen kecuali tungau. Pada sefalotoraks terdapat empat pasang kaki untuk berjalan, mulut dilengkapi sepasang kelisera (alat sengat) untuk mengeluarkan racun, dan peldipalpus (alat capit), untuk memegang mangsanya. Umumnya bernafas dengan paru-paru buku.

Sistem pencernaan terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus. Sistem peredaran darah terbuka dan sistem saraf tangga tali serta reproduksi secara seksual, bersifat gonokoris.

Arachnoidea Meliputi Tiga Ordo

Arachnoidea meliputi tiga ordo yaitu Scorpionida, Arachnida, dan Acarina.

  • Myriapoda (hewan berkaki banyak), tubuh terdiri dari kepala (kaput) dan perut (abdomen). Di kepala terdapat sepasang antena, sepasang mata, mulut yang dilengkapi sepasang mandibula dan dua pasang maksila.
  • Bernapas dengan sistem trakea dan spirakel. Alat ekskresi berupa tubulus malpighi, reproduksi secara seksual dan fertilisasi internal di tubuh betina.
  • Myriapoda dibedakan menjadi dua kelas yaitu Diplopoda (luwing atau kaki seribu), dan Chilopoda (kelabang atau lipan).

Demikian penjelasan tentang Kelas Myriapoda : Ciri, Struktur Tubuh, Klasifikasi & Contoh secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat sobat Murid.Co.Id, jangan lupa di share, terima kasih

Send this to a friend